XL AlwaysOn 2
XL Always On 2
Telkomsel KartuHalo Fit My Plan

Siapkan US$ 1 juta, XL Optimistis Gudang Aplikasi akan Berseri

10:00:55 | 23 May 2014
Siapkan US$ 1 juta, XL Optimistis Gudang Aplikasi akan Berseri
Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) tak main-main menggarap toko aplikasi yang baru saja diluncurkan dua bulan lalu, Gudang Aplikasi.

Anak usaha Axiata ini menyiapkan investasi sekitar US$ 1 juta untuk mengembangkan toko tersebut dengan dukungan Huawei sebagai pengembang platform.

“Toko ini bukan untuk main-main walau yang dijual kebanyakan konten hiburan dan game. Kita serius membangunnya dan menyerap aspirasi pelanggan sebelum melepas secara resmi ke pasar,” ungkap GM Content & Application XL Axiata Revie Sylviana Andriani kepada IndoTelko, kemarin.

Dijelaskannya, alasan XL membangun toko aplikasi ini karena melihat ada potensi pasar seiring terus tumbuhnya pengguna smartphone.

“Ternyata tidak semua pengguna smartphone itu terbiasa dengan aplikasi. Singkatnya, perangkat keren, tetapi hanya untuk SMS dan Suara. Kita mau jembatani itu, inilah alasannya Gudang Aplikasi itu WAP based dan untuk pengguna Android,” katanya.

Pasalnya, XL memiliki sekitar tujuh juta pengguna Android tetapi sekitar 30% hingga 40% tak menggunakan paket data.”Ini artinya potensi besar,” tuturnya.

Diungkapkannya, sejak dibentuk pada April lalu, layanan tersebut sudah berhasil menyediakan sekitar 10.000 aplikasi yang biasa diakses para pengguna telepon pintar. Dari keseluruhan aplikasi yang ada 5% diantaranya merupakan buatan anak negeri.

Sejauh ini sudah ada 150 ribu unique visitor sejak dua bulan live dengan dukungan 96 pengembang. Adapun aplikasi favorit yang banyak diakses misalnya permainan bakso, balap karung dan supir angkot.

“Kebanyakan yang diunduh konten game dan lagu. Kita ingin meningkatkan jumlah aplikasi lokal mencapai 20%. Kita tawarkan revenue sharing 70:30 dimana yang dominan si pengembang. Bisa dilihat jumlah pengembang kita dengan toko sebelah, mana yang banyak lokalnya,” klaimnya.  

Sekadar diketahui, pada tahun ini XL dan Telkomsel diprediksi banyak kalangan akan bersaing keras di bisnis digital. Telkomsel pun sebenarnya memiliki toko aplikasi layaknya Gudang Aplikasi XL yang bermain untuk pengguna feature phone atau smartphone pemula.

Entah siapa yang akan menjadi pemenang di segmen ini. Kita lihat saja nanti.(id)

notfikasi_isat.jpg
smartfren promo ramadhan
Baca Juga:
only on telkom useetv
Telkom Solution Digital Inclusion
Indosat Batikology
More Stories
telkom sigma
indosat haji