Arm Total Design dan MediaTek siap bentuk masa depan komputasi AI

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Mediatek mengumumkan perusahaannya telah bergabung dengan Arm Total Design, sebuah ekosistem yang sedang berkembang pesat yang bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan pengembangan produk berbasis Arm® Neoverse™ Compute Subsystems (CSS). Arm Neoverse CSS dirancang untuk memenuhi kebutuhan terkait kinerja dan efisiensi aplikasi AI di pusat data, sistem infrastruktur, telekomunikasi, dan lainnya.

Menurut Corporate Vice President di MediaTek, Vince Hu, bersama dengan Arm, kami memungkinkan desain pelanggan kami memenuhi beban kerja paling menantang untuk aplikasi AI sehingga memaksimalkan kinerja per watt.

“Kami akan bekerja sama dengan Arm saat kami memperluas jangkauan kami ke pusat data, menggunakan keahlian kami dalam komputasi hybrid, AI, SerDes dan ciplet, serta memajukan teknologi pengemasan untuk mempercepat inovasi AI dari perangkat hingga cloud,” katanya.

Dengan memanfaatkan Neoverse CSS, sebuah subsistem yang sudah terbukti, tervalidasi, serta memiliki kinerja optimal, kemampuan desain integrasi SoC MediaTek yang terdepan dalam industri ini dapat memberikan solusi yang berbeda dan mempercepat waktu pemasaran. MediaTek dapat memanfaatkan teknologi Neoverse CSS untuk menghadirkan SoC yang dioptimalkan untuk kebutuhan aplikasi spesifik, memenuhi kebutuhan komputasi AI yang kompleks.

Sedangkan Senior Vice President dan General Manager, Infrastructure Line of Business, Arm, Mohamed Awad mengungkapkan, teknologi AI mendorong kebutuhan yang tak terpuaskan akan komputasi dan efisiensi daya yang lebih besar.

“Dengan bergabung bersama Arm Total Design, MediaTek membangun kemitraan jangka panjang, yang telah menghasilkan miliaran perangkat berkinerja tinggi dan hemat energi, serta akan menghadirkan keahlian kelas dunia tersebut ke dalam infrastruktur seiring dengan kami menghadirkan pusat data cloud yang berkelanjutan dan didukung AI dengan cepat di Arm Neoverse CSS,” katanya.

Di seri Dimensity selular, MediaTek menerapkan desain arsitektur berdaya rendah terbaik di kelasnya pada CPU Arm untuk mendorong kinerja komputasi, grafis, dan AI andalan ke tingkat berikutnya, sekaligus menawarkan efisiensi terdepan di industri. Selain itu, MediaTek adalah pemasok Wi-Fi No. 1 di industri untukbroadband, router ritel, perangkat elektronik konsumen, dan game. Kemitraan ini meluas ke aplikasi perangkat lainnya termasuk otomotif, Chromebook, dan perangkat IoT yang digunakan di rumah pintar, perusahaan, dan lingkungan industri. (mas)