Qualcomm perkenalkan "The PC Reborn" di Computex 2024

Qualcomm, The PC Reborn (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Pada acara Computex 2024, Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, hadir bersama para pemimpin dari ekosistem PC global untuk merayakan dan mengungkapkan apa yang dapat diharapkan oleh konsumen dan perusahaan dalam hal produktivitas, kreativitas, dan hiburan dari kategori PC baru, yaitu Copilot+ PCs, yang saat ini hanya didukung oleh Platform Snapdragon® X Elite dan Snapdragon® X Plus.

Menurut Amon, Copilot+ PC yang didukung Snapdragon X Elite adalah PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat berkat AI yang terintegrasi ke seluruh sistem, dan dapat memberikan daya tahan baterai sampai berhari-hari.

“Terima kasih untuk para mitra yang bergabung dengan saya di atas panggung hari ini untuk menandai pergeseran industri untuk menempatkan PC Windows Copilot+ yang didukung Snapdragon di garis terdepan inovasi teknologi. Bersama-sama, kami ingin mendefinisikan ulang pengalaman komputasi personal dan memungkinkan para developer untuk menciptakan aplikasi secara efisien untuk generasi baru ini,” ujarnya.

Ia membahas mengenai NPU dalam Snapdragon X Seriessebagai pembeda utama dan alasan mengapa kinerja performa PC yang didukung Snapdragon X Series lebih unggul dan membuat pengalaman Copilot+ menjadi kenyataan. Dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, kinerja dapat meningkat secara signifikan dan menghasilkan penghematan daya yang sangat besar.

Menurutnya, Qualcomm Technologies mampu mengembalikan performa terunggul ke ekosistem PC Windows dengan NPU terdepan kami yang memberikan kinerja NPU tertinggi per watt untuk laptop, hingga 2,6x dibandingkan M3 dan hingga 5,4x dibandingkan Core Ultra 7. Berkat CPU Qualcomm Oryon™ terdepan kami, Snapdragon X Elite juga menjadi pemimpin performa terbaru untuk Windows dengan kemampuan CPU hingga 51% lebih cepat pada daya ISO dan mampu menyamai performa puncak dari CPU PC pesaing dengan daya 65% lebih rendah.

Amon menambahkan, melampaui perangkat keras untuk menunjukkan alat pengembangan terdepan dari Qualcomm Technologies untuk pembuatan aplikasi AI generasi berikutnya. Qualcomm® AI Hub memungkinkan para developer menerapkan model AI hanya dalam waktu 5 menit pada perangkat yang didukung oleh platform Snapdragon, baik itu model AI milik mereka sendiri maupun koleksi model AI yang sudah dioptimalkan dan siap pakai dari Qualcomm Technologies yang terus berkembang. Snapdragon® Dev Kit for Windows terbaru menyediakan platform hardware yang ideal bagi para developer dengan kecepatan chipset Snapdragon X Elite yang ditingkatkan serta form factor populer yang dapat ditumpuk.

Menurut Chairman and CEO, Acer, Jason Chen, ia sangat bersemangat untuk meningkatkan hubungannya bersama Qualcomm Technologies untuk Copilot+ PC, merancang laptop Acer Swift 14 AI terbarunya dengan platform Snapdragon X yang paling anyar. “Kami menantikan pengalaman AI baru yang akan dihadirkan oleh PC baru ini, membuka jalan bagi era teknologi komputasi berikutnya,” katanya.

Sedangkan, Co-CEO, ASUS, S.Y. HSU mengungkapkan, kita sedang memasuki era PC AI, maka itu ASUSdengan senang hati berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk menghadirkan inovasi terobosan bagi para pengguna. Peluncuran ASUS Vivobook S 15 yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite pun menjadi tonggak penting dalam komputasi personali.

"Copilot+ PC yang didukung AI ini dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna dengan fitur-fitur canggihnya. Bermitra dengan Qualcomm Technologies memperkuat komitmen kami untuk mendobrak batas dalam mengembangkan teknologi. Kami akan terus bekerja sama untuk memperkenalkan lebih banyak lagi PC AI yang inovatif, memberdayakan pengguna dengan teknologi mutakhir,” ujarnya.

Sementara, President ClientSolutions Group Dell Technologies, Sam Burd menjelaskan, tak perlu diragukan lagi, revolusi PC AI telah hadir dengan menawarkan produktivitas dan efisiensi baru yang lebih baik dari sebelumnya.

“Dell sepenuhnya mendukung era PC AI ini, terbukti dari portofolio PC AI kami yang lengkap, mencakup perangkat-perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X Series. Pengguna bisa mendapatkan manfaat dari kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa serta pengalaman AI yang baru untuk memaksimalkan waktu mereka dalam sehari dan fokus pada pekerjaan yang paling penting," katanya.

Pun President and CEO HP, Enrique Lores mengatakan hal senada. Menurutnya, pengenalan pada PC AI memberi peluang besar bagi industri dan HP sangat antusias dapat bermitra dengan Qualcomm Technologies dalam penciptaan kategori ini. "Peluncuran Elitebook Ultra dan OmniBook X mewakili komitmen bersama kami untuk menata ulang apa yang mungkin terjadi di era AI. Dengan Snapdragon X Series, kami memberikan pengalaman terbaik di kelasnya yang aman dan berkinerja tinggi bagi pelanggan kami," terangnya.

Pabrikan Lenovo juga menyatakan hal yang sama. Presidentof Intelligent Devices Group Lenovo, Luca Rossi mengungkapkan, di Lenovo, pihaknya tidak pernah berhenti berinovasi untuk menawarkan pengalaman, desain, dan rancangan terbaik dalam komputasi untuk menciptakan masa depan teknologi dan AI yang lebih cerdas untuk semua.

“Kami telah berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk mewujudkan visi ini. Berkat platform Snapdragon X Elite, Lenovo ThinkPad T14s Gen 6 dan Yoga Slim 7x Copilot+ PCskeduanya menawarkan performa yang mengesankan, efisiensi daya yang luar biasa, dan kemampuan AI yang inovatif bagi bisnis dan konsumen," jelas Rossi.

Menurut Chairman dan CEO, Microsoft, Satya Nadella, PC sedang dilahirkan kembali, dan ini akan mengubah ekspektasi konsumen dari perangkat mereka, baik dari segi produktivitas, kreativitas, komunikasi, maupun hiburan.

“Bulan lalu, kami mengumumkan Copilot+ PC, PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat. PC ini menjadi titik balik bagi seluruh industri. Ini pun hanya mungkin terjadi berkat kolaborasi dengan Qualcomm Technologies," ujarnya.

Pabrikan asal Korea Selatan pun tak ketinggalan ikut berkomentar. Executive Vice President andHead of R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics, Won-joon Choi mengatakan, selama beberapa dekade, Samsung dan Qualcomm Technologies, Inc. telah bekerja sama menghadirkan pengalaman mobile premium terbaik di ekosistem Galaxy.

"Kini, melalui Galaxy Book4 Edge yang didukung Snapdragon X Elite, kami mendefinisikan ulang kategori PC AI sekaligus menunjukkan kemampuan PC AI generasi berikutnya. Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana pengguna GalaxyBook4 Edge memaksimalkan produktivitas dan menuangkan kreativitas untuk kehidupan yang lebih baik berkat pengalaman Galaxy AI yang terkoneksi dan Snapdragon X Elite yang tangguh,” jelasnya. (mas)