Career Connect 2024 buka peluang kerja bagi talenta digital

JAKARTA (IndoTelko) — Microsoft bekerja sama dengan mitra nonprofit Biji-Biji Initiative, Infra Digital, dan UNDP memprakarsai acara Career Connect 2024 di Nareswara Ballroom, SMESCO Indonesia, Jakarta.

Dalam acara yang terdiri dari diskusi panel dan career networking ini, sebanyak 277 individu yang telah memiliki sertifikasi Microsoft di bidang kecerdasan buatan, data, dan keamanan siber, dipertemukan dengan 10 perusahaan lintas industri yang menjadi hiring partner. Selain digelar secara luring, peserta juga bisa merasakan pengalaman mendaftar kerja daring melalui Virtual Career Connect yang mempertemukan mereka dengan 14 perusahaan dan lebih dari 116 peluang kerja.

Sebagian besar peserta merupakan anggota dan mitra SATU Talenta, sebuah komunitas LinkedIn yang mempertemukan talenta-talenta digital Indonesia yang memiliki sertifikasi Microsoft, dengan pelaku industri. Dalam waktu kurang dari satu setengah tahun sejak komunitas ini diinisiasi pada akhir tahun 2022, SATU Talenta telah memiliki hampir 1.500 anggota hingga akhir Mei 2024.

Direktur Teknologi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Samsu Sempena menyampaikan bahwa digitalisasi dengan cepat mengubah cara kerja dan membuat beberapa keterampilan tradisional menjadi kurang relevan. Samsu menekankan perlunya pembelajaran berkelanjutan.

"Kemampuan untuk mengintegrasikan AI secara efektif ke dalam pekerjaan kita sangatlah penting. Begitu juga keterampilan berpikir kritis untuk tidak hanya menghafal informasi, namun juga memahami cara memanfaatkan kemampuan AI untuk pekerjaan tertentu," kata Samsu.

Kartu Prakerja merupakan progam pemerintah berupa beasiswa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, baik bagi pencari kerja maupun pekerja yang ingin mengembangkan skills. Kartu Prakerja juga adalah salah satu mitra utama program-program keterampilan digital yang dijalankan oleh para pemrakarsa acara Career Connect 2024.

Komitmen Prakerja terhadap pembelajaran sepanjang hayat dan pencetakan talenta digital tercermin dalam kolaborasi Prakerja dengan Microsoft melalui program Talenta AI Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2023. Program ini menawarkan peluang pembelajaran fleksibel di bidang AI, Data Science, dan Keamanan Siber kepada lebih dari 100.000 peserta di seluruh Indonesia. Dalam waktu hanya sembilan bulan, sebanyak 269 peserta telah berhasil mendapatkan sertifikasi Microsoft.

Tidak hanya peluang pekerjaan, Career Connect 2024 juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti berbagai program keterampilan digital yang ditawarkan oleh sejumlah mitra kolaborasi. Ada Kementerian KOMINFO dengan program Digital Talent Scholarship dan Diploy, Pusat Pasar Kerja dengan program TalentHub, dan UNDP dengan program Skill Our Future. Masing-masing mitra kolaborasi membukakan peserta akses terhadap program dan platform pelatihan mereka, guna membentuk ekosistem talenta digital yang lebih kuat di Indonesia.

Chief Financial Officer dan Diversity and Inclusion Lead Microsoft Indonesia Krishna Worotikan mengatakan sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia yang didominasi oleh kelompok usia kerja produktif, Indonesia memiliki begitu banyak peluang untuk merealisasikan potensi nilai ekonomi digital Indonesia yang sangat besar.

"Saya percaya, kreativitas, daya juang, dan semangat generasi muda Indonesia perlu difasilitasi dengan baik oleh pelaku industri, agar dapat membuahkan dampak ekonomi dan sosial yang positif. Melalui Career Connect 2024 yang terwujud berkat kolaborasi sektor pemerintahan, swasta, dan nonprofit, saya berharap talenta digital tanah air dapat semakin terampil dan berdaya saing," katanya.

Kepala Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Muhammad Yusuf mengatakan dalam era perubahan dan perkembangan dunia digital yang semakin pesat, penting untuk terus memperbarui dan meningkatkan keterampilan agar tetap relevan dan produktif.

"Pelatihan dan sertifikasi menjadi penting untuk membantu memperoleh pengetahuan baru dan mengakui kompetensi yang ada untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan ekonomi. Apresiasi kami bagi Microsoft dan mitra untuk penyelenggaraan acara Career Connect 2024 ini," katanya.(wn)