Paper.id galang pendanaan Seri B

JAKARTA (IndoTelko) - Paper.id, platform bisnis dan invoice, mencatat pencapaian yang luar biasa pada tahun 2023, yaitu peningkatan TPV (Transaction Processed Value) tahunan lebih dari 30 kali lipat dibandingkan tahun 2021.

Melihat pertumbuhan yang menjanjikan itu, Paper.id mengumumkan selesainya penggalangan dana Seri B yang dipimpin oleh Square Peg dengan partisipasi SMBC Asia Rising Fund dan Argor yang telah menjadi investor di putaran sebelumnya.

Berdiri sejak 2017, Paper.id berfokus membantu bisnis-bisnis di Indonesia mengelola piutang dan utang lewat platform invoicing dan pembayarannya.

Platform ini mempermudah proses pembuatan invoice, rekonsiliasi otomatis, dan pencocokan dokumen yang akurat. Paper.id juga memfasilitasi berbagai metode pembayaran, termasuk pembayaran bisnis dengan kartu kredit yang memungkinkan perpanjangan tempo. Hingga hari ini, Paper.id telah membantu lebih dari 600.000 UMKM di berbagai sektor di Indonesia.

Berfokus pada lebih dari 60 juta bisnis UKM di Indonesia yang bertumbuh pesat dan berkontribusi besar terhadap PDB negara, Paper.id siap menjadi pemain terkemuka dalam sektor invoicing, pembayaran, dan solusi arus kas bisnis di kancah regional.

Dengan putaran penggalangan dana terbaru ini, Paper.id berencana untuk meningkatkan dan memperluas layanannya, memposisikan diri sebagai platform utama bagi pemilik bisnis untuk mengelola dan memproses transaksi dengan efisien.

"Bagi pemilik bisnis, mengembangkan bisnis adalah perjalanan yang penuh tantangan dengan proses kelola pembayaran sebagai salah satu tantangan yang paling sulit," jelas CEO dan Co-Founder Paper.id Yosia Sugialam.

Diungkapkannya, saat ini perseroan mengintegrasikan automasi dalam bentuk machine learning ataupun artificial intelligence (AI) ke dalam sistem pembayaran B2B untuk meningkatkan efisiensinya lebih baik lagi.(ak)