Hyundai gelar Hyundai Academy Course generasi kedua

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menggelar Hyundai Academy Course (HAC) Generasi Kedua. Rangkaian program unggulan yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Seremoni pembukaan program HAC yang digelar 31 Agustus ini dibuka langsung oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ir. Afriansyah Noor, M.Si,

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Bong Kyu Lee menyampaikan bahwa program ini merupakan bentuk nyata komitmen Hyundai untuk tumbuh dan berkembang bersama Indonesia dengan mendukung dunia pendidikan secara berkelanjutan.

"Hyundai Academy Course dirancang untuk membekali siswa-siswi dengan keterampilan praktis dan pengetahuan yang relevan dengan industri otomotif. Kami berharap dapat melanjutkan kontribusi positif kami dalam mencetak tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di pasar otomotif global," ujarnya di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (31/7).

Turut hadir meresmikan pembukaan program ini adalah Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, IPU, Dirjen Pembinaan dan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementrian Ketenagakerjaan RI, Agung Nur Rohmad, M.M., Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Mochamad Ade Afrianti M.T., Pj. Bupati Bekasi Dr. Dani Ramdan, Komisioner BNSP, Gilang Bayu Erlanga, S.E., M.M., perwakilan sekolah, guru dan siswa SMK.

Sementara, Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, IPU, mengapresiasi program Hyundai Academy Course. Program ini menurutnya merupakan program yang bersifat win-win, di mana pihak penyelenggara pendidikan dan pelatihan vokasi mendapatkan donasi berupa sarana dan prasarana pelatihan serta keterlibatan Hyundai dalam mendidik siswanya, pihak Hyundai juga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerjanya yang sesuai dengan standar Hyundai.

"Kami rasa program ini dapat dijadikan contoh, atau success story bagi perusahaan-perusahaan lain untuk lebih terlibat dapat pendidikan dan pelatihan vokasi. Masih banyak perusahaan yang merasa bahwa keterlibatan dalam pendidikan dan pelatihan vokasi merupakan pemborosan dan merepotkan, akan tetapi dari testimoni yang saya dengar dari perusahaan-perusahaan yang telah terlibat dalam pendidikan dan pelatihan vokasi, hal ini merupakan investasi yang pada akhirnya menguntungkan bagi perusahaan di masa mendatang," jelasnya dalam sambutannya.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan program ini. Kolaborasi bersama ini menunjukkan bahwa dengan semangat ‘Hyundai Ada untuk Indonesia,’ kami akan terus bergerak bersama Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tanah air," tambah Bong Kyu Lee.

Program Hyundai Academy Course Generasi Kedua dirancang dengan dengan cakupan peserta lebih luas dengan program yang tidak hanya melibatkan siswa-siswi, tetapi juga para guru untuk memastikan transfer pengetahuan yang efektif dan berkelanjutan.

Proses pembelajaran akan dipusatkan di lingkungan pabrik ramah lingkungan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Para peserta akan dikenalkan dengan sistem produksi canggih yang diterapkan untuk menjaga efisiensi dan meningkatkan produktivitas. Juga tentunya mengenal secara langsung sistem produksi kendaraan listrik di mana Hyundai merupakan pelopor dan yang terdepan dalam industri EV Indonesia.

Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, sebagai bagian dari rantai pasokan nilai EV terlengkap di Indonesia, membangun pabrik sel baterai, pabrik perakitan baterai, hingga pembuatan kendaraan listrik secara komprehensif di Indonesia. Para peserta Hyundai Academy Course Generasi Kedua akan menjadi bagian penting dari ekosistem EV yang sedang berkembang di Indonesia. Lee Bong Kyu berharap bahwa para siswa dapat mengambil nilai penting dari program ini dan menginspirasi siswa serta pelaku industri lainnya untuk terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Di kesempatan ini, HMMI juga mendonasikan pada sekolah-sekolah; 1 unit mobil Hyundai SANTA FE dan tiga buah mesin Hyundai Stargazer X yang semuanya akan dimanfaatkan sebagai objek praktikum. Donasi ini diserahkan pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk kemudian didistribusikan ke sekolah yang dituju.

Hyundai Academy Course Generasi Kedua merupakan realisasi dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) HMMI di sektor pendidikan. Berlandaskan visi "Progress for Humanity," Hyundai Motor Manufacturing Indonesia menjalankan program-program untuk menjaga keberlanjutan masa depan dengan inisiatif creating shared value (CSV) global bertajuk "CONTINUE," yang berfokus pada tiga aspek, Earth (lingkungan), Hope (Pendidikan) dan Local Citizen (Engagement).(mas)