Ini tips Unity raih sponsor dengan mudah

Kegiatan Unity (ilustrasi)

JAKARTA (IndoTelko) - UniPin Community (UNITY)menutup Juli dengan webinar bulanan yang baru dan segar. Kali ini gelaran webinar mengangkat tema "Collab Mastery: Genuine Partnership, Winning Sponsorship" yang dilakukan secara daring melalui telekonferensi ZOOM serta disiarkan langsung dikanal YouTube UniPin Gaming beberapa waktu lalu.

Sejak 2023, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya kolaborasi dalam berbagai bidang untuk menciptakan inovasi baru dan tumbuh menjadi negara yang lebih maju. Sadar akan pentingnya penguatan kolaborasi ini, UniPin selaku penyedia layanan digital terkemuka ingin memberikan edukasi bagi mahasiswa terkait pentingnya membangun hubungan dan menciptakan kolaborasi.

Acara ini merupakan wadah edukasi bagi para mahasiswa untuk melihat kesempatan demi memastikan diri tetap relevan dan siap menghadapi masa depan; sebagai sebuah komitmen lainnya dari UniPin untuk mengedukasi komunitas dan memajukan industri. Membahas topik ini, hadir sebagai pembicara adalah Rayyan Adn selaku Head of Business Strategy and Activation dari Battle of Guardians. Kehadiran narasumber dipandu oleh Kevin Yulius selaku Community Specialist UniPin.

Menurut Rayyan, hal pertama yang dilakukan dalam mencari partnership adalah dengan menentukan besar-kecilnya skala dari kegiatan yang akan dilakukan dan membuat perencanaan dari situ.

"Kalau soal partnership, kita mulai dulu dari scale kecil aja, kita pilah-pilah skalanya. Dari situ kita bisa lihat ke depannya apa yang akan kita lakukan dan strategi apa yang akan kita gunakan dengan partner itu. Itu fundamentalnya," ujarnya.

Disebutkannya, hal penting lainnya terkait kolaborasi dan partnership adalah dengan mencari rekan yang memiliki visi dan tujuan yang sama.

"Cara kita build partnership, sebenarnya, dari acara apapun yang kita jalankan, pertama-tama harus cari tahu apakah kitapunya interest yang sama dengan calon partner ini, apakah targetnya sama. Kalau misalnya tujuannya sudah berbeda, audience-nya udah beda, kan enggak mungkin akan kita tawarkan. Jadi carilah dulu kecocokan interest sama partner ini," tambahnya.

Menutup diskusi, Rayyan berpesan untuk menjaga kepercayaan dan membangun hubungan yang lebih dari sekadar untuk kebutuhan sponsorship.

"Pada akhirnya, gimana caranya kalian bisa membuat hubungan nggak sebatas sponsorship aja dengan mereka, tetapi gimana kalian bisa mengenal lebih jauh orang tersebut. Mengenal lebih jauh itu lebih ke gimana kalian bisa bahas soal the whole industry sama mereka, dan menjadi sosok yang dibutuhkan oleh mereka," jelasnya.

UNITY secara aktif menggelar webinar dan menyediakan wadah edukasi terkait industri gaming dan esports. Seluruh webinar UNITY yang terselenggara rutin setiap bulannya dapat disaksikan kembali di kanal YouTube UniPin Gaming. (mas)