Dell Technologies luncurkan laptop komersial dan mobile workstation AI

Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Dell Technologies resmi meluncurkan berbagai pilihan laptop komersial dan mobile workstation AI di Indonesia. Semua portofolio baru ini dirancang untuk membantu meningkatkan produktivitas organisasi dan karyawan di Indonesia memasuki era AI.

Menurut Country Manager Indonesia Dell Technologies, Leonny Kosasih, semua perusahaan di Indonesia yang ingin tetap kompetitif harus bisa menemukan cara menerapkan teknologi AI dan PC AI akan menjadi alat bantu penting untuk bisa mewujudkannya.

"Mulai dari menjalankan beban kerja AI yang kompleks di workstation hingga menjalankan aplikasi berbasis AI sehari-hari di laptop, PC AI akan menjadi investasi penting untuk meningkatkan produktivitas dan membuka jalan untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerdas dan lebih efisien. Dell unggul karena kami sejak awal kami bisa menawarkan lebih banyak pilihan PC AI di seluruh portofolio komersial, dengan demikian pelanggan bisa mempersiapkan diri untuk era AI mulai dari sekarang," katanya.

PC AI yang dilengkapi neural processing unit (NPU) akan bertambah dari sekitar 50 juta unit pada tahun 2024 menjadi lebih dari 167 juta unit pada tahun 2027 atau hampir 60% dari semua pengiriman PC ke seluruh dunia. NPU akan menambahkan mesin akselerasi AI yang dapat melakukan lebih banyak tugas khusus AI, dengan demikian membebaskan CPU dan GPU untuk melakukan tugas-tugas lainnya. Pembagian tugas ini menghadirkan pengalaman komputasi yang lebih responsif dan meningkatkan kinerja, keamanan, daya tahan baterai dan produktivitas.

Dell menghadirkan jajaran PC komersial teraman dan paling mudah dikelola di dunia. Dengan lini laptop Latitude dan mobile workstation Precision baru, Dell memiliki portofolio laptop komersial dan mobile workstation AI dengan pilihan terbanyak, mulai dari level pemula hingga ultra-premium.

Dilengkapi prosesor Intel Core Ultra dengan Intel vPro®, jajaran PC komersial Dell bisa menjalankan beban kerja AI dan membuka tingkat produktivitas dan efisiensi baru. Misalnya, karyawan kini bisa melakukan berbagai hal, antara lain:

1. Berkolaborasi lebih efektif

Menggabungkan manfaat NPU untuk memindahkan sejumlah kemampuan seperti pembingkaian wajah otomatis (auto framing), pemburaman (blur) latar belakang, dan pelacakan mata (eye-tracking) dengan efisiensi daya dari prosesor Intel Core Ultra, memungkinkan karyawan untuk menikmati daya tahan baterai PC lebih lama, hingga 38%, dan waktu kerja yang berharga di satu hari yang padat dengan pertemuan virtual via Zoom.

2. Membuat konten lebih cepat

Dengan mendistribusikan pemrosesan AI ke CPU, GPU dan sekarang NPU, pengguna bisa membuat gambar AI generative lima kali lebih cepat dengan Stable Diffusion, yaitu sebuah model text-to-image.

3. Bekerja lebih aman dalam lingkungan kerja hybrid

Semakin banyak ISV yang akan menciptakan aplikasi untuk AI PC. Misalnya, Dell bekerja sama dengan CrowdStrike dan Intel untuk memindahkan fungsi-fungsi keamanan ke perangkat menggunakan NPU. Kemampuan ini memungkinkan pelanggan untuk dengan cepat mendeteksi ancaman secara menyeluruh dan situs-situs berbahaya, serta kerentanan keamanan dengan latensi yang lebih rendah dibandingkan dengan Solusi-solusi berbasis cloud.

4. Alur kerja yang konsisten

Portofolio baru ini telah dilengkapi dengan Windows 11 dan tombol Copilot untuk semakin mempermudah penyelesaian pekerjaan dan alur kerja tetap konsisten. Hanya dengan menekan satu tombol, pengguna dapat mengakses "teman" AI sehari-hari mereka dengan lebih cepat.

Dibangun dari kepemimpinan di industri dalam melakukan otomatisasi proaktif dan prediktif, serta memberikan saran langsung dari ahlinya, kemampuan Layanan Dell yang baru dapat membantu pelanggan melakukan hal sebagai berikut:

1. Memaksimalkan waktu aktif PC dan meningkatkan produktivitas dengan kemampuan perbaikan mandiri baru melalui ProSupport Suite untuk PC. Pelanggan yang terhubung ke teknologi SupportAssist Dell dapat memanfaatkan telemetri dan AI untuk memperbaiki masalah PC tanpa campur tangan manusia. Kemampuan ini memungkinkan tim TI mengaktifkan kode-kode program Dell untuk memperbaiki isu-isu PC secara mandiri, seperti masalah blue screen, termal, dan lainnya di seluruh armada PC mereka.

2. Mengadopsi dan memaksimalkan investasi GenAI dengan Layanan Pengalaman Karyawan Digital untuk GenAI. Layanan ini membekali karyawan dengan alat dan teknologi yang disesuaikan dengan peran mereka masing-masing.

Selain itu, Dell juga melakukan pembaruan di seluruh portofolio Latitude seri 5000, 7000, dan 9000, termasuk Latitude7350/7450 Ultralight, yaitu laptop komersial premium 13,3 "dan 14" paling ringan di dunia.

Dell Precision workstation mobile dan fixed baru mampu memenuhi kebutuhan kinerja yang dibutuhkan poweruser, pengembang, dan persona pengguna lainnya untuk menjalankan beban kerja AI yang kompleks di PC dengan aman dan hemat biaya. Dell Precisionworkstation mobile baru dilengkapi dengan GPU laptop NVIDIA RTXâ„¢ 500 dan 1000 Generasi Ada terintegrasi yang mendukung kemampuan AI dan keandalan tingkat enterprise untuk bekerja dari mana saja, sementara Precision 3280 Compact Form Factor (CFF) adalah formfactor baru hemat tempat yang didesain untuk menjalankan aplikasi pengembangan AI dan kreatif ringan.

Tak hanya itu, di portofolio headset yang paling cerdas di kelasnya, Dell meluncurkan lima headset baru. Model premium Dell Premier Wireless ANC Headset (WL7024) dilengkapi fitur mikrofon dengan peredam suara berbasis AI yang dapat membedakan sinyal suara manusia dari suara latar belakang dari pengguna dan lawan bicara mereka, dan menyesuaikan tingkat peredaman suara berdasarkan lingkungan si pengguna. Sensor pintar canggih di headset ini dengan cerdas melakukan aktivitas seperti mute/unmute dan pause/play ketika salah satu earcupdiangkat, sementara kontrol sentuh intuitif menyesuaikan level audio yang didengar pengguna.

Sebagai pemimpin di desain sirkuler, Dell terus berupaya untuk berinovasi di seluruh siklus hidup PC mulai dari meningkatkan penggunaan material dan mineral daur ulang dalam produk-produknya, hingga membuat perangkat Dell lebih mudah diperbaiki dan didaur ulang secara lebih bertanggung jawab. (mas)