LLV dan Pemerintah New South Wales gelar program International Landing Pad

JAKARTA (IndoTelko) - Living Lab Ventures (LLV), corporate venture capital Sinar Mas Land, mengumumkan inisiatif strategisnya untuk paruh kedua tahun 2024, menekankan komitmennya dalam mendorong kemitraan global dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dengan fokus pada perluasan jaringan, kemitraan strategis, dan dukungan inovasi, LLV terus memperkuat posisinya sebagai gerbang masuk bagi perusahaan global yang akan melakukan penetrasi pasar Indonesia bagi perusahaan global dan menjadi katalisator bagi penciptaan ekonomi digital.

Guna menarik investasi global dan mendukung startup Indonesia, LLV berkolaborasi dengan Pemerintah New South Wales (NSW) melalui program International Landing Pad. Aliansi strategis ini tidak hanya menawarkan pijakan bagi perusahaan portofolio LLV di Sydney, NSW, Australia, tetapi juga memberikan mereka sumber daya penting, wawasan pasar lokal, dan peluang jaringan. Di sisi lain LLV mendukung perusahaan-perusahaan dari NSW yang ingin masuk ke pasar Indonesia, hal ini semakin memperkuat pengaruh LLV di kedua wilayah.

Menurut Menteri Perindustrian dan Perdagangan NSW, The Hon. Anoulack Chanthivong, NSW adalah pusat startup dan inovasi di Australia. Program International Landing Pads kami merupakan bagian dari serangkaian inisiatif yang diterapkan oleh Pemerintah NSW untuk mendorong inovasi, memperbanyak investasi, dan meningkatkan ekspor.

"Kemitraan kami dengan LLV akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan NSW, menyediakan dukungan bagi perusahaan Indonesia yang ingin berekspansi ke pasar kami, sekaligus memungkinkan bisnis NSW untuk berkembang dan berekspansi di tingkat internasional," ujarnya.

Sedangkan, Partner of Living Lab Ventures, Bayu Seto, mengungkapkan, strateginya berakar pada perpaduan keahlian lokal dengan jangkauan global. Posisi unik ini memungkinkan pihaknya untuk menonjol di pasar yang kompetitif dan menawarkan peluang pertumbuhan , baik bagi perusahaan global yang masuk ke Indonesia maupun bagi Indonesia yang ingin mencetak jejak mereka di tingkat internasional.

"Seiring dengan ekspansi kami ke pasar Australia, kemitraan strategis kami dengan Pemerintah NSW merupakan bukti komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan lintas batas dengan menciptakan peluang ekonomi baru yang menguntungkan kedua wilayah," katanya.

Pada paruh kedua tahun 2024, LLV melanjutkan fokusnya untuk memaksimalkan potensi ekonomi di BSD City sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dengan menghadirkan ekosistem bisnis yang terbuka bagi startup untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide baru yang berfokus pada sektor medis, pendidikan, dan digital.

Sementara, Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani menyoroti pentingnya strategi LLV dalam visi Sinar Mas Land. Menurutnya, LLV selaras dengan strategi jangka panjangnya untuk mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan berkelanjutan di seluruh Indonesia. Dengan menyelaraskan visinya, LLV membantu pihaknya untuk mengidentifikasi dan mengembangkan startup serta teknologi terobosan yang berkontribusi pada pembangunan smart city, dengan BSD City sebagai contoh dalam perannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Pendirian LLV, memungkinkan kami tidak hanya mendorong inovasi di dalam negeri, tetapi juga memperkuat kemitraan global kami, menciptakan ekosistem dinamis di mana perusahaan Indonesia dapat berkembang di tingkat internasional. Langkah ini pun menegaskan komitmen Sinar Mas Land untuk memajukan perekonomian Indonesia, sekaligus menjadi pemimpin dalam pengembangan kota yang berkelanjutan dan siap dalam menghadapi tantangan masa depan," jelasnya.

LLV berdedikasi untuk memberikan dukungan yang ditargetkan kepada perusahaan portofolionya, membantu mereka dalam meningkatkan operasi dan berekspansi ke pasar baru. Untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari startup dan menarik investor global, LLV terus meningkatkan layanan investasi dan penasehat strategisnya. Sebelumnya, LLV telah meluncurkan Biomedical Fund yang berfokus pada startup di bidang biomedis, pusat penelitian, biobank, teknologi kesehatan, dan bidang terkait.

Hingga kini, LLV telah memberdayakan startup di tiga sektor teknologi utama, yakni Smart Technologies, Digital Life, dan Mobility. Portofolionya mencakup berbagai perusahaan terkenal seperti Traveloka, GoTo, Dana, Sirclo, GoWork, Jendela360.com, OneSmile, Flokq, Ideal, Waste4Change, Urban Gateway Fund, Pashouses, Lingkup, Twospaces, Bamms, Jumpstart, DOOgether, Paper.id, Amoda, BRIK, Imajin, Social Bread, Artotel Group, DCT Agency, Tebengan, dan DCG, perusahaan induk Lamudi. (mas)