BASF Indonesia hadirkan Kids' Lab dan aplikasi ProtAct17

JAKARTA (IndoTelko) - BASF, kembali menghadirkan program edukasi sains yang seru untuk anak-anak melalui Kids’ Lab. Tahun ini acara berlangsung selama dua hari pada 13 14 September 2024 serta turut mengundang siswa-siswi dari MI Fatahillah dan SDN 1 Cisalak Pasar (Cimanggis) dan MI Thariqul Khair (Cengkareng) untuk melakukan eksperimen kimia yang menarik.

Sebagai inovasi baru, BASF juga menyelenggarakan sesi daring yang mengundang masyarakat luas untuk pertama kalinya secara virtual untuk turut menyaksikan pertunjukan musikal interaktif sehingga membuat berbagai eksperimen yang dilakukan semakin mudah dimengerti oleh anak-anak.

Dengan tema “Water Wonderland: A Chemistry Adventure”, peserta diajak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan air melalui tiga eksperimen menarik dari kategori “Water Loves Chemistry”. Dalam percobaan “Lava Lamp”, anak-anak belajar perbedaan massa jenis antara minyak dan air yang tidak bisa menyatu serta reaksi kimia dari soda kue yang menghasilkan gas karbon dioksida sehingga tercipta gelembung-gelembung gas seperti efek lava yang menakjubkan. Percobaan kedua adalah “Activated Charcoal” yang mengajak anak-anak memurnikan air secara sederhana dengan bubuk arang dan kertas filter yang dapat menyerap kotoran pada air kotor sehingga air menjadi bersih. Percobaan terakhir adalah “Salt Water Density Rainbow Tower” di mana anak-anak belajar membuat pelangi dari air yang memiliki takaran garam yang berbeda. Ketiga percobaan ini dirancang untuk mengajarkan konsep kimia dasar sederhana yang menyenangkan dan mudah dicerna.

Dikatakan Presiden Direktur BASF Indonesia, Dr. Christofer Arisandy, Kids’ Lab merupakan salah satu wujud nyata komitmen BASF dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan melalui dukungan terhadap pendidikan sains di Indonesia. "Melalui program tahunan ini, kami ingin menumbuhkan minat anak-anak terhadap dunia kimia sejak dini dan menunjukkan bahwa sains itu menyenangkan,” ujarnya.

Selain Kids‘ Lab, BASF juga memperkenalkan aplikasi ProtAct17, sebuah platform edukasi interaktif untuk anak-anak melakukan eksperimen kimia secara virtual yang dapat diakses melalui aplikasi pada ponsel pintar. Aplikasi ini telah diluncurkan oleh BASF sejak bulan Mei 2023 yang lalu dan telah diunduh 8.000 kali dalam 7 bulan pertama. Aplikasi ini memiliki 8 subtopik mengenai keberlanjutan yaitu udara (air), makanan (food), air (water), keanekaragaman hayati (biodiversity), belanja (shopping), limbah (waste), transportasi (transport), dan energi (energy).

Aplikasi ini sejalan dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dari PBB serta diharapkan dapat menjadi pelengkap kegiatan belajar mengajar baik di rumah maupun di sekolah. Aplikasi ProtAct17 dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store. Ditambahkannya, dengan menggabungkan kegiatan offline dan online, ia berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi anak-anak di seluruh Indonesia dan menginspirasi mereka untuk menjadi generasi penerus yang inovatif di masa depan.

Program Kids’ Lab telah berlangsung sejak tahun 1997 di 48 lokasi yang tersebar di berbagai negara di seluruh dunia dan masuk ke Indonesia pada tahun 2005 silam. Sudah lebih dari 1,3 juta anak yang telah bergabung dalam program ini. (mas)