Transcosmos Indonesia raih penghargaan ajang TBCCI 2024

JAKARTA (IndoTelko) - transcosmos Indonesia (TCID) berhasil meraih dua penghargaan di The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA). TBCCI adalah sebuah penghargaan bergengsi yang memberikan pengakuan atas dedikasi perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan yang unggul dan inovasi dalam dunia contact center. TCID berhasil mendapatkan platinum untuk kategori Contact Center Operations dan silver untuk kategori Employee Engagement.

The Best Contact Center Indonesia merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan dan individu yang mampu menunjukkan keunggulan dalam layanan pelanggan. Tahun ini, sebanyak 68 perusahaan mengikuti kompetisi, termasuk BUMN dan kementerian, dengan total peserta mencapai 1.114 orang.

Menurut Vice President Director TCID, Ardi Sudarto, kedua penghargaan ini memperkuat komitmen visi misi perusahaan yang berfokus pada dua hal, yakni people and technology. "Fokus TCID pada strategi yang berpusat pengembangan karyawan yang berkelanjutan dan upaya selalu meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengembangan teknologi merupakan faktor kunci dalam mendapatkan penghargaan ini,” katanya.

Di sisi Contact Center Operations, TCID sukses mengedepankan studi kasus pengimplementasian AI dan automation di salah satu partner bisnis mereka. Teknologi tersebut sukses mengoptimalkan sumber daya manusia dengan mengurangi jumlah traffic ke agent hingga 41,5%, meningkatkan efisiensi workload supervisor agent hingga 22,6%, dan mengurangi biaya operasional hingga 30%. Hal ini juga berdampak dari sisi konsumen, di mana jumlah detractor pada kategori speed of service di NPS berkurang hingga lebih dari 5%.

Sedangkan untuk kategori Employee Engagement, TCID menyoroti pendekatan strategis dalam membangun budaya perusahaan yang berfokus pada pengembangan karyawan. Inisiatif seperti program pelatihan, keterlibatan karyawan melalui berbagai inisiatif, dan peningkatan komunikasi internal menjadi elemen kunci yang diakui oleh para juri. Dengan mempertahankan nilai-nilai inti perusahaan, TCID berhasil menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan dan produktivitas karyawan.

Dikatakan Ketua ICCA, Andi Anugrah, TCID berhasil mendapatkan penghargaan platinum untuk kategori Contact Center Operations karena mereka berhasil memadukan keunggulan operasional dengan penerapan teknologi terkini yang relevan dan memberikan dampak signifikan terhadap operasional. "Sementara di sisi Employee Engagement, TCID juga berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung keterlibatan aktif karyawan, dan memastikan bahwa karyawan merasa dihargai dalam mencapai tujuan perusahaan,” jelasnya.

“Kedua penghargaan ini mencerminkan dedikasi kami untuk selalu memberikan yang terbaik, baik bagi karyawan maupun mitra bisnis kami. Kami berharap pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh tim untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan,” tambahnya.

Melalui penghargaan ini, TCID semakin bertekad untuk mengintegrasikan inovasi teknologi dan pengembangan sumber daya manusia dalam setiap aspek operasional, sejalan dengan visi dan misi perusahaan yang berfokus pada people dan technology. TCID berkomitmen untuk tidak hanya mempertahankan standar layanan pelanggan yang unggul, tetapi juga terus mendorong peningkatan kualitas operasional yang berdampak positif bagi mitra bisnis, karyawan, serta seluruh pemangku kepentingan di masa depan.

Transcosmos Indonesia merupakan penyedia layanan customer experience dan digital bisnis yang merupakan anak perusahaan dari transcosmos Inc., perusahaan yang berpusat di Jepang dan berdiri sejak tahun 1966. transcosmos Indonesia menghadirkan layanan terpadu untuk mendukung berbagai aspek bisnis klien, termasuk teknologi CX. (mas)