Platform Antarez Easy hadirkan solusi inovatif analitik video berbasis AI

JAKARTA (IndoTelko) - Pemanfaatan perangkat cerdas (smart device) kian masif digunakan sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan yang terus berkembang. Adaptasi serupa juga dilakukan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yang diimplementasikan lewat penyematan teknologi Artificial Intelligence(AI) pada berbagai produk dan layanan digitalnya. Salah satunya melalui platform Antares Eazy yang menghadirkan solusi inovatif berupa layanan analitik video berbasis AI.

Sebagai salah satu produk unggulan dari Leap Telkom Digital, Antares Eazy menyematkan AI pada analitik videonya untuk memberikan manfaat lebih kepada pelanggan, seperti meningkatkan fungsi keamanan dan mengefisiensikan operasional di berbagai sektor. Pengguna dapat mendeteksi dan menganalisis berbagai aspek dari pelanggannya, seperti usia, jenis kelamin, jumlah pengunjung, hingga jumlah dan jenis kendaraan yang datang. Tak hanya itu, analitik video berbasis AI dari Antares Eazy juga dapat mengoptimalkan keamanan dengan mendeteksi gerakan mencurigakan, guna mencegah tindakan kejahatan maupun insiden yang tidak diinginkan.

Diungkapkan EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa, dunia terus berubah dengan cepat, begitu pula dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karenanya, Telkom terus mendorong batas-batas inovasi dengan menghadirkan Antares Eazy yang didukung oleh AI.

"Penyematan AI pada layanan analitik video dari Antares Eazy merupakan salah satu inovasi kami yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor usaha maupun instansi, agar dapat memberikan solusi dari berbagai macam tantangan operasional semisal dalam hal ini keamanan,” katanya.

Selain sektor bisnis, analitik video berbasis AI ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor lainnya, seperti sekolah, rumah sakit, dan sektor publik lainnya sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal sesuai kebutuhan pelanggannya.

Layanan analitik video Antares Eazy telah diimplementasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada sistem Visitor Management System (VMS) meningkatkan keamanan dan efisiensikan operasional nelayan di Indonesia, lewat informasi akurat mengenai posisi dan pergerakan kapal. Kemudian di Kota Madiun, layanan ini digunakan sebagai vehicle counting guna mengendalikan lalu lintas dengan cara mendeteksi jumlah kendaraan.

Selain itu, Antares Eazy juga menyediakan layanan tambahan seperti cloud recording yang dapat diimplementasikan dengan produk EazyCam. Cloud Recording sendiri merupakan layanan penyimpanan video dalam sistem penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan menyimpan konten langsung ke server pribadi jarak jauh yang dikelola oleh Telkom tanpa perlu lagi menggunakan memori penyimpanan eksternal berbentuk fisik seperti SD Card.

Platform Antares Eazy juga terintegrasi dengan berbagai smart device seperti IP Camera, smart plug, smart lamp, smart door sensor, dan lainnya, yang dapat dikendalikan cukup dalam satu aplikasi.

Antares Eazy telah menjadi aplikasi yang cukup populer di App Store maupun Play Store, serta mendapatkan banyak respon positif dari para penggunanya. Tidak hanya Antares Eazy, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital Telkom lainnya. (mas)