5 hal tentang WhatsApp channel yang perlu diketahui

JAKARTA (IndoTelko) - Sudah setahun sejak WhatsApp meluncurkan fitur Channel (Saluran) secara global, termasuk di Indonesia. Selama setahun terakhir ini, Saluran jadi salah satu cara yang mudah, andal dan privat untuk mendapatkan update terbaru dari orang-orang dan organisasi, langsung di WhatsApp. Semua pembaruan dari Saluran muncul di tab yang terpisah dari chat pribadi, jadi kamu bisa tetap tahu update terkini dari Saluran yang kamu ikuti, tanpa merasa terganggu dengan notifikasi yang kamu terima.

Berikut 5 hal tentang WhatsApp channel :

1. Dari Gaya Hidup dan Olahraga, hingga Bisnis dan Hiburan, temukan Saluran yang cocok dengan minat kamu

Jelajahi Saluran yang sesuai dengan apa yang kamu suka dan dapatkan update terbaru yang disesuaikan buat kamu. Pada awal bulan ini, WhatsApp memperkenalkan fitur yang membuat kamu bisa memilih tujuh kategori dengan mudah di Saluran, seperti: Orang-Orang, Organisasi, Gaya Hidup, Olahraga, Hiburan, Bisnis, dan Berita & Informasi. Di tab 'Pembaruan', cukup pilih 'Jelajahi' untuk melihat semua kategori dan Saluran yang tersedia.

2. Jelajahi Saluran Baru

Sebelum membuat Saluran kamu sendiri, luangkan waktu untuk menjelajahi dan mengikuti Saluran yang menarik perhatianmu. Kamu bahkan bisa menyesuaikan pencarian kamu berdasarkan Saluran yang paling aktif, baru dan populer. Tahukah kamu kalau sekarang kamu sudah bisa mencari yang kamu inginkan berdasarkan yang paling aktif, baru dan populer? Dari Timnas Indonesia dan Ganta, hingga Free Fire Community dan makanteruss, temukan dan ikuti Saluran yang sesuai dengan minatmu. Kamu juga bisa temukan saluran dari negara lain. Untuk membagikan pembaruan dari saluran yang mungkin menarik untuk temanmu, sekarang kamu dapat meneruskannya atau bahkan membagikannya ke status agar lebih banyak kontak yang dapat melihatnya.

3. Atur Notifikasi Sesuai Preferensi

Pilih kapan dan bagaimana kamu mau terima update dari Saluran WhatsApp yang kamu ikuti. Pastikan kamu mengatur notifikasi sesuai selera. Tahukah kamu kalau secara default, notifikasi untuk Saluran ini dimatikan, jadi kamu tidak akan diganggu dengan hal-hal yang tidak kamu butuhkan. Dan kamu hanya akan menerima notifikasi jika kamu mengaktifkannya.

4. Melindungi Privasi di Saluran WhatsApp

Nikmati komunikasi yang aman di Saluran WhatsApp dengan perlindungan privasi yang kuat untuk semua orang—pengikut, penonton, dan admin. Ketika kamu mengikuti Saluran, informasi kontak kamu tidak terlihat oleh pengikut lain bahkan oleh admin Saluran, kecuali kamu dan admin berbagi kontak. Selain itu, orang-orang yang ada di daftar kontak kamu tidak bisa melihat Saluran yang kamu ikuti. Dengan fitur-fitur ini, privasi kamu akan selalu terjaga di Saluran WhatsApp.

5. Cara memulai Saluran WhatsApp kamu sendiri

Siap buat bagikan update ke audiens kamu? Buat Saluran WhatsApp itu cepat dan gampang. Cukup buka WhatsApp, pilih 'Pembaruan', lalu 'Buat Saluran', kemudian pilih topik dan deskripsi yang sesuai dengan Saluran kamu. Itu saja--sekarang kamu siap untuk mulai berbagi konten. (mas)