NetApp majukan masa depan AI lewat infrastruktur data cerdas

JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan infrastruktur kecerdasan data, NetApp mengumumkan perkembangan baru dalam kolaborasinya dengan pemimpin industri untuk mempercepat inovasi AI. Dengan menyediakan infrastruktur data cerdas yang dibutuhkan untuk mengoperasikan GenAI, NetApp membantu organisasi merambah pada salah satu perkembangan terpenting bagi bisnis dan TI selama dekade terakhir.

GenAI mendukung kasus penggunaan yang praktis dan yang memanfaatkan visual untuk inovasi bisnis seperti menghasilkan konten, meringkas informasi dalam jumlah besar, dan menjawab pertanyaan.

Peneliti dari Gartner memprediksi bahwa pengeluaran untuk perangkat lunak AI akan tumbuh hingga $297,9 miliar pada tahun 2027 dan dari jumlah tersebut, GenAI akan menyumbang lebih dari sepertiganya. Kunci sukses di era AI kini adalah penguasaan akan data yang dapat diatur, terpercaya, dan dapat dilacak.

Acara bertajuk NetApp INSIGHT 2024 ini dibuka langsung oleh CEO NetApp, George Kurian yang sekaligus menyampaikan sebuah visi mengenai era kecerdasan data. Sebagian besar tantangan AI adalah tantangan data, dan Kurian memaparkan bahwa visi tentang bagaimana infrastruktur data cerdas dapat memastikan data yang relevan menjadi aman, terkelola, dan selalu diperbarui, untuk memaknai tumpukan GenAI yang terpadu dan terintegrasi.

Di NetApp INSIGHT, NetApp juga mengungkap inovasi lebih lanjutnya dalam infrastruktur data cerdas, termasuk visi transformatif untuk AI dijalankan di NetApp ONTAP®, sistem operasi storage terpadu terkemuka.

Berikut visi NetApp secara spesifik :

1. Sertifikasi Storage NVIDIA DGX SuperPOD untuk NetApp ONTAP

NetApp telah memulai proses sertifikasi NVIDIA untuk storage NetApp ONTAP di platform AFF A90 dengan infrastruktur AI NVIDIA DGX SuperPOD, yang akan memungkinkan organisasi memanfaatkan kemampuan manajemen data terdepan untuk proyek AI terbesar mereka. Sertifikasi ini akan melengkapi dan mengembangkan sertifikasi NetApp ONTAP yang sudah ada dengan NVIDIA DGX BasePOD. NetApp ONTAP mengatasi tantangan manajemen data untuk large language model (LLM), menghilangkan kebutuhan untuk menyepakati manajemen data dalam beban kerja pelatihan AI.

2. Pembuatan namespace metadata global

Bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengelola data secara aman dan sesuai dengan aturan di seluruh lingkungan hybrid multi-cloud pelanggan, memungkinkan ekstraksi fitur dan klasifikasi data untuk AI. Secara terpisah, NetApp juga mengumumkan integrasi baru dengan perangkat lunak AI NVIDIA yang dapat memanfaatkan namespace metadata global dengan ONTAP untuk mendukung retrieval augmented generation (RAG) pada tingkat perusahaan untuk agen AI.

3. Pipeline data AI yang terintegrasi langsung

Hal ini memungkinkan ONTAP untuk mempersiapkan data tidak terstruktur siap digunakan oleh AI secara otomatis dan berulang dengan menangkap perubahan inkremental pada kumpulan data pelanggan, melakukan klasifikasi dan anonimisasi data berdasarkan kebijakan, menghasilkan penyematan vektor yang sangat terkompresi dan menyimpannya dalam DB vektor yang terintegrasi dengan model data ONTAP, yang siap untuk pencarian semantik berskala besar, latensi rendah serta retrieval augmented generation (RAG).

4. Arsitektur storage disaggregated

Memungkinkan pembagian backend storage secara menyeluruh, yang memaksimalkan pemanfaatan kecepatan jaringan dan flash serta menurunkan biaya infrastruktur, meningkatkan kinerja secara signifikan sekaligus menghemat ruang rak dan daya untuk beban kerja AI intensif komputasi berskala sangat tinggi seperti pelatihan LLM. Arsitektur ini akan menjadi bagian integral dari NetApp ONTAP, sehingga akan mendapatkan keuntungan dari arsitektur storage disaggregated, namun tetap mempertahankan fitur ketahanan, manajemen data, keamanan dan tata kelola ONTAP yang telah terbukti.

5. Kemampuan baru pada layanan native cloud untuk mendorong inovasi AI pada cloud.

Di seluruh layanan native cloud, NetApp berupaya menyediakan platform data yang terintegrasi dan terpusat untuk mencerna, menemukan, dan membuat katalog data. NetApp juga mengintegrasikan layanan cloud dengan gudang data dan mengembangkan layanan pemrosesan data untuk memvisualisasikan, menyiapkan, dan mentransformasikan data. Kumpulan data yang telah disiapkan kemudian dapat dibagikan dan digunakan dengan aman dengan layanan AI dan pembelajaran mesin penyedia cloud, termasuk solusi pihak ketiga. NetApp pun akan mengumumkan integrasi terencana yang memungkinkan pelanggan menggunakan Google Cloud NetApp Volumes sebagai storage data untuk BigQuery dan Vertex AI.

Menurut Senior Vice President, Platform di NetApp, Krish Vitaldevara, organisasi dari berbagai skala bereksperimen dengan GenAI untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat inovasi.

"NetApp memberdayakan organisasi untuk memanfaatkan potensi penuh GenAI untuk mendorong inovasi dan menciptakan nilai dalam pengaplikasian di berbagai industri. Dengan menyediakan infrastruktur kecerdasan data yang aman, terukur, dan berkinerja tinggi yang terintegrasi dengan platform industri terkemuka lainnya, NetApp membantu pelanggan mengatasi hambatan dalam penerapan GenAI. Dengan menggunakan solusi ini, bisnis akan dapat menerapkan data mereka ke aplikasi GenAI dengan lebih cepat dan efisien serta unggul di antara para pesaing," paparnya.

Sedangkan, Country Manager Indonesia NetApp, Michael Thiotrisno mengungkapkan, pasar Indonesia yang sangat luas dan literasi digital yang terus meningkat, mendorong permintaan akan solusi AI dan GenAI. Seiring Indonesia mengembangkan ekosistem AI-nya, kolaborasi merupakan kunci untuk menghadirkan semua bagian yang diperlukan untuk mendorong inovasi dengan kecepatan penuh.

"Dengan penawaran terbaru kami dan integrasi dengan platform terkemuka lainnya, saya yakin NetApp akan mampu membantu organisasi mengatasi tantangan data dan memanfaatkan AI dan GenAI dengan lebih baik untuk menciptakan nilai tambah," jelasnya.

Selanjutnya, Netapp terus berinovasi dengan berbagai ekosistem AI, antara lain :

1. Domino Data Labs memilih Amazon FSx untuk NetApp ONTAP

Untuk meningkatkan kondisi machine learning operations (MLOps), NetApp telah bermitra dengan Domino Data Labs, yang menggarisbawahi pentingnya integrasi yang lancar dalam alur kerja AI. Efektif saat ini, Domino menggunakan Amazon FSx untuk NetApp ONTAP sebagai storage dasar untuk Domino Datasets yang beroperasi di platform Domino Cloud untuk memberikan kinerja hemat biaya, skalabilitas, dan kemampuan untuk mempercepat pengembangan model. Selain Domino yang menggunakan FSx untuk NetApp ONTAP, Domino dan NetApp juga telah memulai pengembangan bersama untuk mengintegrasikan platform MLOps Domino langsung ke NetApp ONTAP guna mempermudah pengelolaan data untuk beban kerja AI.

2. Ketersediaan AIPod dengan Lenovo untuk NVIDIA OVX

Diumumkan pada bulan Mei 2024, NetApp AIPod dengan server Lenovo ThinkSystem untuk solusi infrastruktur terkonvergensi NVIDIA OVX kini telah tersedia. Solusi infrastruktur ini dirancang untuk perusahaan yang ingin memanfaatkan kemampuan AI dan RAG yang generatif untuk meningkatkan produktivitas, merampingkan operasi, dan membuka peluang pendapatan baru.

3. Kemampuan Baru untuk FlexPod AI

NetApp merilis fitur-fitur baru untuk solusi FlexPod AI, sebuah infrastruktur hybrid dan platform operasi yang mempercepat pengantaran beban kerja modern. FlexPod AI yang menjalankan RAG menyederhanakan, mengotomatisasi, dan mengamankan aplikasi AI, sehingga memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan potensi penuh dari data mereka. Dengan komputasi Cisco, jaringan Cisco, dan storage NetApp, pelanggan merasakan biaya yang lebih rendah, penskalaan yang efisien, waktu yang lebih cepat, dan risiko yang lebih rendah.

Sedangkan, Practice Director, Data Analytics & AI, Enterprise Strategy Group, bagian dari TechTarget, Mike Leone menambahkan, menerapkan AI membutuhkan kumpulan infrastruktur teknologi yang disesuaikan dengan baik agar bisa bekerja sama dengan sempurna.

"NetApp menghadirkan kemampuan storage dan manajemen data yang tangguh untuk membantu pelanggan menjalankan dan mendukung jalur data AI mereka. Namun, storage hanyalah salah satu bagian dari teka-teki. Melalui kolaborasi bersama vendor-vendor bidang infrastruktur AI terkemuka di industri ini, para pelanggan NetApp dapat teryakinkan bahwa solusi komputasi, jaringan, storage, dan software AI mereka akan terintegrasi secara mulus untuk mendorong inovasi AI," ujarnya. (mas)