Confluent perbarui fitur developer Apache Flink

JAKARTA (IndoTelko) - Confluent, Inc, pionir dalam data streaming, memperkenalkan kemampuan baru pada Confluent Cloud untuk membuat pemrosesan streaming dan data streaming menjadi lebih mudah diakses dan aman.

Dukungan baru Confluent untuk Table API membuat Apache Flink tersedia untuk pengembang Java dan Python; Private Networking Confluent untuk Flink memberikan perlindungan tingkat perusahaan untuk kasus penggunaan dengan data sensitif; Confluent Extension untuk Visual Studio Code mempercepat pengembangan kasus penggunaan real-time; dan Enkripsi Client-Side Field Level mengenkripsi data sensitif untuk keamanan dan privasi yang lebih kuat.

“Kekuatan sebenarnya dari penggunaan Apache Flink untuk pemrosesan streaming memberdayakan para developer untuk membuat aplikasi yang secara instan menganalisis dan merespons data real-time, secara signifikan meningkatkan daya tanggap dan pengalaman pengguna. Solusi Apache Flink yang terkelola dengan baik dapat menghilangkan kerumitan manajemen infrastruktur sekaligus menghemat waktu dan sumber daya. Bisnis harus mencari solusi Flink yang terintegrasi secara mulus dengan alat, bahasa pemrograman dan format data yang telah mereka gunakan untuk memudahkan implementasi ke dalam alur kerja bisnis,” jelas Research Vice President IDC Stewart Bond.

Semakin banyak bisnis yang mengandalkan pemrosesan stream untuk membangun aplikasi dan pipeline real-time untuk berbagai kasus penggunaan yang mencakup machine learning, pemeliharaan prediktif, rekomendasi yang dipersonalisasi serta fraud detection. Pemrosesan stream memungkinkan organisasi memadukan dan memperkaya data mereka dengan informasi di seluruh bisnis mereka. Apache Flink adalah standar de facto untuk pemrosesan streaming. Namun, banyak tim yang menemui kendala dengan Flink karena secara operasional rumit, sulit untuk diamankan dan memiliki biaya infrastruktur dan manajemen yang mahal.

Chief Product Officer Confluent Shaun Clowes mengungkapkan ribuan tim di seluruh dunia menggunakan Apache Flink sebagai solusi pemrosesan streaming tepercaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan merampingkan operasional dengan mengalihkan pemrosesan lebih dekat ke sumbernya, di mana datanya masih baru dan bersih.

“Inovasi terbaru kami menawarkan fitur-fitur lebih jauh lagi, sehingga memudahkan para pengembang dari semua tingkat keahlian untuk memanfaatkan teknologi canggih ini untuk kasus-kasus penggunaan yang lebih kritis dan kompleks,” katanya.

Confluent Cloud untuk Apache Flink menawarkan SQL API, sebuah fitur yang kuat dan mudah digunakan untuk memproses aliran data. Meskipun Flink SQL efektif untuk menulis dan mengeksekusi query dengan cepat, beberapa tim lebih menyukai bahasa pemrograman seperti Java atau Python yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas aplikasi dan data mereka. Hal ini dapat menjadi sangat penting ketika mengembangkan logika bisnis yang kompleks atau pengerjaan proses khusus.

Menambahkan dukungan untuk Table API ke Confluent Cloud untuk Apache Flink memungkinkan developer Java atau Python untuk dengan mudah membuat aplikasi streaming menggunakan alat bantu yang sudah dikenal. Dengan mendukung Flink SQL dan Table API, Confluent Cloud untuk Apache Flink memungkinkan developer memilih bahasa terbaik untuk kasus penggunaan mereka.(wn)