Western Digital luncurkan UltraSMR HDD berkapasitas terbesar di dunia

JAKARTA (IndoTelko) - Kehadiran HDD Western Digital bukan hanya berfungsi sebagai sekedar penyimpanan. HDD berperan vital dalam mendukung pelaku bisnis untuk mengoptimalkan infrastruktur mereka, menurunkan TCO, dan memperkuat strategi penyimpanan data jangka Panjang.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia yang terus meningkat, Western Digital baru-baru ini mengumumkan peluncuran UltraSMR HDD berkapasitas terbesar di dunia (hingga 32TB1), yang memanfaatkan teknologi energy-assisted perpendicular magnetic recording (ePMR). Solusi ini telah teruji, andal, dan dirancang khusus untuk hyperscaler, CSP, dan perusahaan yang ingin mengoptimalkan infrastruktur mereka untuk penyimpanan data dalam skala besar dengan total biaya kepemilikan (TCO) terendah.

Bagi yang membutuhkan HDD siap pakai untuk beban kerja data intensif, Western Digital juga merilis CMR HDD ePMR berkapasitas terbesar di dunia hingga 26TB untuk kebutuhan enterprise. Dengan desain 11-disk pertama yang tersedia secara komersial, hard drive ini memperkuat komitmen Western Digital untuk menghadirkan teknologi HDD yang mampu mengukuhkan standar baru dalam hal kapasitas, keandalan, dan inovasi.

Diklus Data AI telah menjadi salah satu pendorong utama di industri penyimpanan. Seiring dengan semakin canggihnya sistem AI, semakin besar pula data yang dihasilkan dan harus disimpan secara efisien. HDD memiliki peran penting dalam ekosistem ini, baik dalam sisi input, di mana data dikumpulkan, diambil, dan disimpan, maupun di sisi output, di mana konten AI dihasilkan dan diarsipkan.

Peran ganda ini menjadikan HDD sebagai elemen kunci dalam Siklus Data AI, terutama untuk memastikan bahwa data yang penting selalu tersedia saat diperlukan dan disimpan dengan TCO terendah. Dengan dorongan dari AI, pengiriman exabyte HDD diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 30% dari 2023-20272, menurut analisis Western Digital.

Conventional Magnetic Recording (CMR) HDD 26TB terbaru dari Western Digital dan drive UltraSMR 32TB memanfaatkan teknologi ePMR dan memaksimalkan berbagai inovasi teknologi untuk memungkinkan pusat data memaksimalkan efisiensi penyimpanan mereka. Selain adanya OptiNAND™, ArmorCache™, dan triple-stage actuator (TSA), drive ini menawarkan solusi 11-disk pertama yang tersedia secara komersial di dunia bersama dengan peningkatan desain lainnya.

32TB Ultrastar® DC HC690 SMR HDD

Western Digital terus memimpin proses pengadopsian Shingled magnetic recording (SMR) dengan menghadirkan kapasitas penyimpanan yang unggul sambil menurunkan TCO. Ultrastar DC HC690 UltraSMR HDD dari Western Digital dengan kapasitas hingga 32TB memudahkan pelanggan untuk menyimpan konten dalam skala besar secara lebih hemat biaya. HDD baru ini memiliki performa sequential hingga 257 MiB/s dan menggunakan daya hanya 5,5W saat idle, sehingga ideal untuk penyimpanan data jangka pendek maupun jangka panjang.

26TB Ultrastar DC HC590 CMR HDD

HDD CMR terbaru dari Western Digital adalah generasi baru yang siap digunakan untuk terus meningkatkan kapasitas dengan fondasi teknologi yang andal dan terbukti di lapangan. Drive ini menghadirkan kapasitas CMR terbaik, kualifikasi tanpa hambatan, integrasi mudah, dan adopsi cepat sambil mempertahankan keandalan dan daya tahan yang unggul. Ultrastar DC HC590 26TB CMR HDD memiliki kecepatan transfer konsisten sebesar 288 MiB/s dan menggunakan daya hanya 5,6W saat idle.

Ultrastar Data60, Data102 Hybrid Storage Platforms

HDD Ultrastar terbaru juga dikualifikasi dan diintegrasikan ke dalam platform penyimpanan hybrid JBOD Ultrastar Data60 dan Data102, yang merupakan solusi penyimpanan high-density berskala tinggi yang ideal untuk pusat data modern, cloud privat, dan analisa big data. Platform ini menyediakan konfigurasi fleksibel, menampung hingga 60 atau 102 HDD, dan dapat memberikan kapasitas mentah hingga 3,26PB. Teknologi penting seperti IsoVibe™ untuk mengurangi getaran, serta ArcticFlow™ untuk memastikan pendinginan yang optimal, menghasilkan performa dan keandalan yang lebih baik. Platform ini akan tersedia di akhir tahun.

26TB WD Gold® SATA HDDs

Dirancang khusus untuk integrator sistem dan reseller, WD Gold HDD 26TB baru kini tersedia di channel penjualan WD. Memanfaatkan inovasi dari platform teknologi Ultrastar, WD Gold 26TB HDD menyediakan solusi penyimpanan yang menggabungkan inovasi terbaru WD untuk menangani beban kerja baca-tulis yang berat dan terus-menerus dalam lingkungan sistem perusahaan dan komersial yang paling intens. Dengan garansi terbatas lima tahun2 yang mendukung hingga 2,5 juta jam3 MTBF4 (perkiraan), WD Gold memberikan performa penyimpanan terbaik, keandalan, daya tahan, dan kapasitas fleksibel bagi bisnis kecil dan menengah, serta pekerja desain yang sangat memprioritaskan data serta penyimpanan karya kreatif mereka.

Menurut SVP of Product Management, HDD Business Unit, Western Digital, Ravi Pendekanti, dengan meningkatnya AI, komputasi edge, dan pusat data berskala besar, HDD memainkan peran penting dalam menyediakan kapasitas besar, performa, dan konsumsi daya rendah. HDD menjadi bagian tak tergantikan bagi perusahaan yang menginginkan kepadatan penyimpanan tertinggi dengan TCO terendah.

"Dengan penambahan platform 11-disk baru, Western Digital berada di posisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan yang berkembang dari pelanggan di berbagai segmen, agar mereka dapat mengakses kapasitas dan TCO rendah untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat di era data intensif seperti saat ini," jelasnya.

Sementara, EVP dan GM Unit Bisnis HDD Western Digital, Ashley Gorakhpurwalla mengungkapkan, teknologi CMR dan UltraSMRnya tidak hanya memecahkan rekor baru—tetapi juga memberikan efisiensi dan manfaat TCO yang ditunggu-tunggu oleh para pelanggan. "Dan kami tidak akan berhenti di situ. Dengan menghadirkan kapasitas ePMR tertinggi di dunia, kami memastikan bahwa pelanggan WDC memiliki efisiensi penyimpanan, skalabilitas, dan keandalan agar mereka selalu bisa menjadi yang terdepan,” katanya. (mas)