telkomsel halo

Gagal kelola PDNS 2, Dirjen Aptika mundur

06:29:00 | 05 Jul 2024
Gagal kelola PDNS 2, Dirjen Aptika mundur
Semuel Abrijani Pangerapan
JAKARTA (IndoTelko) - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan pengunduran diri secara resmi sebagai Pejabat Tinggi Madya Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pengunduran diri ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban moral, sebagai Dirjen pengampu dalam proses secara teknis, atas terjadinya serangan siber pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan, dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo," tutur Pria yang akrab disapa Semmy itu, di Jakarta, Kamis (4/7).

Semmy menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pengembangan ekosistem digital Indonesia.

Semmy diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk memimpin Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika selama hampir 8 tahun, sejak 7 Oktober 2016.

Artinya, sebenarnya masa bakti Semmy juga akan berakhir tak lama lagi.

Semmy ketika masa awal menjabat mendapat banyak dukungan dari komunitas Teknologi Informasi (TI) mengingat sosok ini pernah menjadi Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII).

Sayangnya, seiring waktu berjalan terjadi perbedaan pandangan dengan komunitas TI terutama ketika Pemerintah akhirnya merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PP PSTE) dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2019.

Salah satu isi dari PP tersebut yang banyak dikritik adalah tidak adanya kewajiban menempatkan pusat data di wilayah Indonesia bagi penyelenggara layanan elektronik. Padahal, kewajiban penempatan data di dalam negeri adalah wujud dari kedaulatan negara.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year