Feedlop AI adopsi platform watsonx AI dan data dari IBM

05:30:34 | 02 Aug 2024
Feedlop AI adopsi platform watsonx AI dan data dari IBM
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Penyedia teknologi Generative AI (Gen AI) terkemuka di Indonesia, Feedloop AI, hari ini mengumumkan telah mengadopsi platform watsonx AI dan data dari IBM (NYSE: IBM) guna memberikan akses perangkat AI dengan tata kelola dan kepatuhan yang kuat kepada klien mereka di sektor publik dan swasta. Platform watsonx akan membantu pelanggan Feedloop dalam mengotomatisasi identifikasi kewajiban regulasi dalam kerangka tata kelola risiko mereka, serta memastikan kepatuhan terhadap standar bisnis dan persyaratan yang berlaku.

FL1 AI Large Language Model (LLM) Feedloop adalah salah satu LLM berbahasa Indonesia pertama yang dapat digunakan oleh organisasi pemerintah dan bisnis lokal. Dengan mengintegrasikan LLM Feedloop ke watsonx, pelanggan bisa mengarahkan, mengelola, memantau, dan mengatur AI mereka sesuai dengan regulasi yang ada dan yang akan datang.

Diungkapkan Co-Founder dan CEO Feedloop, Ahmad Rizqi Meydiarso, teknologi AI Feedloop yang mutakhir dapat memberikan organisasi di Indonesia kemampuan untuk mengoptimalkan operasi mereka sehingga memperoleh keunggulan kompetitif. Selain itu, keandalan platform AI sendiri merupakan kunci untuk menjadikan Feedloop mitra yang terpercaya bagi para perusahaan.

“Dengan pendekatan kepercayaan, kepatuhan, dan tata kelola watsonx, Feedloop saat ini dapat memberdayakan organisasi di Indonesia untuk menavigasi berbagai regulasi dengan mulus,” katanya.

Meskipun Indonesia memimpin kawasan Asia Tenggara dengan kontribusi AI yang diproyeksikan sebesar $366 miliar terhadap PDB nasional1, menurut studi terbaruKolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA), salah satu tantangan utama yang menghambat kemajuan AI di Indonesia adalah kurangnya tata kelola data internal, yang mencakup 40% dari masalah yang ada. Hal ini menunjukkan pentingnya tata kelola sebagai kunci sukses untuk adopsi AI yang bertanggung jawab.

Sementara, Direktur, PT Synnex Metrodata Indonesia, IBM Business Partner, Lie Heng mengatakan, pihaknya bangga dapat bekerja dan mempromosikan solusi teknologi Indonesia seperti Feedloop untuk naik ke tingkat berikutnya. "AI untuk enterprise relatif baru, tetapi perusahaan harus bergerak cepat untuk memaksimalkan manfaatnya bagi bisnis mereka. Kami siap membantu," ujarnya.

Sedangkan Presiden Direktur IBM Indonesia, , Roy Kosasih menjelaskan, seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang perlu membangun AI yang terpercaya, mereka juga harus memastikan bahwa AI tersebut dapat dioptimalkan untuk memberikan dampak yang bermanfaat serta mengurangi risiko dan hasil yang merugikan bagi semua pemangku kepentingan.

“AI yang bertanggung jawab harus menjadi prioritas dari awal. Kami senang dapat membawa watsonx membantu mengevaluasi dan memantau kesehatan, akurasi, bias, dan kualitas dari LLM Feedloop, sambil membantu platform tersebut memenuhi persyaratan regulasi dan tata kelola,” katanya.

“Pendekatan platform yang terbuka dari IBM, di mana pelanggan dapat membawa model mereka sendiri ke cloud, on premise, atau keduanya, juga akan memungkinkan Feedloop untuk mengembangkan dan memaksimalkan manfaat Gen AI bagi pelanggan mereka. Kami pun menantikan kesempatan untuk dapat membantu organisasi-organisasi di Indonesia mencapai tahap evolusi berikutnya dengan Gen AI yang terpercaya,” jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait