telkomsel halo

Bank DBS Indonesia sabet penghargaan 'Best Bank for ESG'

06:47:00 | 13 Aug 2024
Bank DBS Indonesia sabet penghargaan 'Best Bank for ESG'
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan yang positif, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk memajukan agenda keberlanjutan, terutama di ranah pembiayaan berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2023, sekitar Rp6,1 trilun pembiayaan berkelanjutan telah disalurkan kepada berbagai proyek strategis berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk mendorong industri bertransisi menuju ekonomi hijau.

Pencapaian ini tercermin dari beberapa penghargaan yang diraih baik dari skala domestik maupun internasional. Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia menerima penghargaan dari Euromoney Awards for Excellence 2024 dengan kategori Indonesia’s Best Bank for ESG. Selain itu, Bank DBS Indonesia juga meraih 2024 Katadata Green Initiatives Awards dengan kategori Finance selama tiga tahun berturut-turut.

Menurut Head of Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Kunardy Lie, pihaknya merasa terhormat dan bangga menerima penghargaan ini, yang menunjukkan komitmen Bank DBS Indonesia untuk memberikan layanan perbankan yang menyenangkan dan menyeluruh bagi nasabah.

"Beralih ke operasi yang lebih ramah lingkungan membutuhkan komitmen, dana, dan mitra yang dapat diandalkan. Di sinilah Bank DBS Indonesia berfungsi sebagai mitra yang dipercaya untuk pembiayaan yang berkelanjutan bagi bisnis yang membutuhkan dukungan, pendampingan, dan pemahaman tentang pasar dan peraturan,” katanya.

Melalui unit Institutional Banking Group (IBG), Bank DBS Indonesia membangun kepercayaan nasabah sebagai trusted advisor untuk pendanaan berkelanjutan bagi perusahaan yang ingin bertransisi ke energi hijau dengan berbagai solusi finansial seperti sustainable loan, sustainability-linked bond, hingga transition financing pada beberapa sektor pertumbuhan seperti real estate, ekosistem kendaraan listrik (EV), infrastruktur, serta energi terbarukan.

Beberapa pembiayaan berkelanjutan yang diberikan oleh Bank DBS Indonesia pada tahun 2023, di antaranya adalah kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan di Indonesia, PT Indomobil Sukses Internasional untuk mendukung percepatan pembelian kendaraan listrik yang lebih rendah karbon untuk mendukung realisasi ekonomi hijau, dan kepada PT TBS Energi Utama Tbk untuk pembiayaan akuisisi Asia Medical Enviro Services, sebuah perusahaan rintisan dan terbesar yang berfokus pada layanan limbah medis di Singapura.

Selain itu, beberapa fasilitas pembiayaan berkelanjutan yang diberikan oleh Bank DBS Indonesia selama semester pertama tahun 2024 antara lain :

1. PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM)

Dengan pembiayaan sebesar 1 triliun rupiah untuk program MEKAAR (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Melalui pembiayaan ini, Bank DBS Indonesia mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya kalangan wanita.

2. PT Indo-Rama Synthetics Tbk

Dengan pembiayaan sebesar USD 10 juta untuk mendorong agenda keberlanjutan Indorama. Pendanaan dari Bank DBS Indonesia ini akan digunakan untuk membiayai pengembangan infrastruktur yang akan menghubungkan kompleks pabrik dengan jaringan listrik nasional dalam rangka transisi energi dan efisiensi energi.

3. PT Kaer Investments Indonesia

Di mana Bank DBS Indonesia memberikan dukungan untuk pertumbuhan bisnis Cooling as a Service, sebuah model bisnis yang digunakan untuk mempercepat peralihan kepada pendinginan rendah karbon yang ditawarkan oleh Kaer.

Bank DBS Indonesia terus berupaya untuk memberikan layanan yang menyenangkan bagi pelanggannya sesuai dengan prinsip "Live more, Bank less" dan membangun kepercayaan pelanggan dengan mengoptimalkan berbagai digitalisasi layanan. Ini termasuk aplikasi digibank DBS, yang memungkinkan pelanggan bertransaksi kapan pun mereka mau, dan didukung oleh fasilitas berbasis AI, seperti fitur Live Chat yang membantu layanan pelanggan.

Inovasi teknologi yang dikembangkan oleh Bank DBS Indonesia menerima beberapa penghargaan dalam Infobank Digital Brand Recognition 2024 yang meliputi beberapa kategori, seperti The Best Bank Dengan Layanan Digital KBMI 2, The 2nd Best Bank Umum Konvensional 2024 KBMI 2, dan lima kategori lainnya.

Bank DBS Indonesia juga dinobatkan sebagai The 1st Best Chatbot, The 1st Best Live Chat, The 2ndBest Call Center, The 2nd Best Overall Layanan Digital Terbaik dalam Pelayanan Prima, dan dua kategori lainnya dalam penghargaan Infobank Best Bank in Service Excellence 2024.

Layanan digitalisasi internal juga dioptimalkan untuk membuat pengalaman kerja yang menyenangkan bagi karyawan. Ini termasuk membangun pelatihan karyawan berbasis teknologi yang memungkinkan mereka berpartisipasi kapan saja dan di mana saja.

Beberapa waktu lalu Bank DBS Indonesia memperoleh penghargaan bergengsi tingkat internasional dari HR Asia Awards 2024 sebagai Best Companies to Work for in Asia dan juga penghargaan dari SWA HR Excellence Awards2024 dalam kategori Learning & Development (L&D) and Knowledge Management dengan predikat ‘Very Good’, HR Digitization & People Analytics dengan predikat ‘Excellent’, dan Wellbeing Management dengan predikat ‘Excellent’. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year