telkomsel halo

BOTI bantu paket Lazada terkirim tepat waktu dan aman

07:17:00 | 16 Aug 2024
BOTI bantu paket Lazada terkirim tepat waktu dan aman
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia (222,5 juta) masih didominasi para pengguna dari Pulau Jawa (57,82%), namun jumlah pengguna internet dan pembelanja online di daerah lainnya juga terus bertumbuh, tak terkecuali di area Sumatra (20,69%) dan sekitarnya.

Untuk mengakomodir pertumbuhan pembelanja online, khususnya di area Sumatra, Lazada Indonesia (Lazada) terus mengembangkan kemitraan dengan perusahaan logistik lokal di Sumatra, termasuk di antaranya dengan PT Berkah Orang Tua Indonesia (BOTI) yang terkenal atas kapasitas pengiriman barang yang mampu mengatasi tantangan lanskap area yang tersulit sekalipun di Sumatra.

Meski masih berjalan seumur jagung, kemitraan Lazada dan BOTI yang telah terjalin sejak September 2023 kini terus berkembang.

Menurut Vice President Logistics Lazada Indonesia, Jason Ryandi Assana, di samping pengembangan teknologi dan kapabilitasnya, kemitraan lokal berperan penting dalam mendorong pertumbuhan Lazada dalam ekosistem perdagangan online di Indonesia. Lonjakan pelanggan dari berbagai daerah tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat Lazada tergugah untuk memastikan layanan operasional yang mulus dengan berbagai kolaborasi dan inovasi, sekaligus memberdayakan para warga lokal.

"Untuk pengiriman paket pesanan misalnya, keberadaan mitra logistik lokal yang memahami lanskap area dan karakteristik masyarakat sekitar akan memudahkan kami dalam memastikan layanan pengiriman yang aman dan tepat waktu,” ujarnya.

Dengan volume pesanan di Lazada yang terus meningkat, termasuk pesanan yang dikirimkan dari penjual di Sumatra ataupun pesanan dari pelanggan di Sumatra, Lazada membutuhkan dukungan dari banyak mitra strategis untuk tetap memastikan layanan yang mumpuni, termasuk saat pengiriman barang. Dengan rekam jejak BOTI yang baik di area Sumatra serta kesamaan semangat melayani pelanggan, kerja sama Lazada dan BOTI memberikan nilai tambah bagi layanan Lazada di area Sumatra.

Sementara, Direktur Utama BOTI, Ghifari mengungkapkan rasa bangganya bisa berkolaborasi dengan Lazada untuk melayani pelanggan Lazada agar bisa menerima paket pesanannya dengan tepat waktu. "Dengan semangat ‘Delivery with Smile’ yang selalu kami dorong kepada para kurir kami, kami berkeinginan agar proses pengiriman paket ini bisa dilaksanakan dengan penuh semangat oleh tim kurir kami dan bisa membawa kebahagiaan bagi konsumen penerima paket,” katanya.

Pengalaman dan pengetahuan BOTI akan struktur dan akses area serta kedekatan dengan penduduk area jangkauan BOTI khususnya di Sumatra Selatan, Kota Jambi, dan Lampung, menjadikan proses pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan aman.

Ghifari mengakui, terkadang konsumen kaget karena paketnya datang lebih cepat, padahal saat itu konsumen belum menyiapkan uang untuk pembayaran paket COD (cash-on-delivery)-nya. “Karena cepatnya kedatangan paket Lazada, konsumen di area kami puas dan menyiapkan uang tunai lebih cepat bagi yang memilih pembayaran COD," katanya.

Kinerja BOTI yang baik dan mampu melayani pelanggan Lazada sepenuh hati, mendorong Lazada memperluas kerja sama dengan BOTI. Tidak hanya area domisili pelanggan Lazada yang didukung layanan BOTI meluas, namun juga sebaliknya, Lazada juga terus berbagi pengalaman dan keahliannya di eCommerce selama 12 tahun ini untuk memperkuat tim BOTI.

Ditambahkannya, tak dipungkiri kerja sama dengan Lazada juga mendorong pertumbuhan bisnis BOTI. Komitmen Lazada untuk terus memberikan pembekalan dan edukasi kepada para kurir BOTI, khususnya terkait dengan proses belanja online di platform Lazada, akan menjadi bekal kurir BOTI bisa melayani pelanggan dengan lebih baik setiap harinya. "Sistem dan teknologi canggih yang ada di Lazada pun juga akan mendukung operasional kami menjadi lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Sejak berkolaborasi dengan Lazada, BOTI mengalami pertumbuhan bisnis hingga 80%. “Kami yakin akan terus bertumbuh bersama dengan para kurir kami untuk memastikan kualitas layanan yang mumpuni. Kami percaya bahwa pengiriman paket yang cepat dan aman bisa membawa kebahagiaan untuk para konsumen,” tambahnya.

Jason menjelaskan, sejak hadir di Indonesia, Lazada memang bertujuan untuk mempercepat kemajuan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi. “Lazada berkomitmen untuk menjadi katalis dalam memajukan ekonomi digital Indonesia yang inklusif. Kami percaya bahwa komitmen ini hanya dapat terwujud melalui kerja sama strategis dan dukungan penuh dari para mitra kami di seluruh Indonesia termasuk wilayah Sumatra dan sekitarnya," tambahnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year