telkomsel halo

Go Digital, Krom Bank manfaatkan AWS Cloud

06:17:00 | 07 Sep 2024
Go Digital, Krom Bank manfaatkan AWS Cloud
JAKARTA (IndoTelko) - Amazon Web Services (AWS), sebuah perusahaan Amazon.com, hari ini mengumumkan bahwa PT Krom Bank Indonesia Tbk ("Krom Bank"), bagian dari Grup Kredivo, dibangun di atas layanan AWS sejak peluncuran layanan perbankan digital Krom.

Di Indonesia, 74% penduduk masih belum memiliki akses atau memiliki akses terbatas ke layanan perbankan tradisional. Kesenjangan inklusi keuangan yang signifikan ini, yang disebabkan oleh berbagai hambatan sosial-ekonomi seperti lokasi geografis yang terpencil dan tingkat literasi keuangan yang rendah, menghadirkan peluang bagi inovasi fintech seperti uang elektronik dan layanan perbankan digital. Visi Krom Bank adalah untuk melayani masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan ini dengan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu melalui aplikasi mereka.

Krom juga ingin membantu generasi muda untuk mencapai kemandirian finansial melalui kebiasaan menabung yang bertanggung jawab dan perencanaan keuangan yang cerdas. Bank ini menawarkan suku bunga deposito yang menarik, yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi mereka dengan cepat dan aman, berkat teknologi yang disediakan oleh AWS.

Dengan membangun layanan mereka di platform AWS, Krom Bank menjadi lebih lincah dalam melakukan eksperimen dan perubahan, sehingga mereka dapat dengan cepat menciptakan layanan-layanan baru yang inovatif bagi masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses perbankan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial mereka menggunakan layanan yang sudah dikelola oleh AWS dan teknologi kecerdasan buatan (AI), termasuk verifikasi identitas elektronik (e-KYC), pengenalan wajah, dan layanan yang dipersonalisasi. Krom Bank adalah bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, yang memungkinkan mereka untuk menyimpan data nasabah di Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Krom Bank membangun basis datanya menggunakan Amazon Aurora, sebuah layanan basis data yang sangat canggih dan dapat diandalkan yang memastikan aplikasi mereka tetap dapat diakses dengan lancar meskipun jumlah pengguna semakin bertambah. Krom Bank telah mencapai berbagai target dan menunjukkan bahwa banyak orang yang menggunakan dan menyukai layanan mereka.

Krom Bank juga menggunakan Amazon Elastic Container Service (Amazon ECS), sebuah layanan untuk mengatur aplikasi, untuk menambahkan fitur-fitur baru di aplikasi mobile mereka seperti kemampuan verifikasi identitas elektronik (e-KYC). Ini memungkinkan pelanggan untuk membuka rekening bank 10-20 kali lebih cepat melalui aplikasi daripada mereka harus datang langsung ke kantor cabang bank.

Bank ini juga menggunakan Amazon Rekognition, sebuah layanan yang dapat menganalisis gambar dan video, untuk mengenali nasabah melalui foto selfie, sehingga proses masuk ke aplikasi menjadi lebih mudah dan aman. Teknologi ini juga memungkinkan nasabah untuk mengirimkan dokumen melalui aplikasi untuk membuka rekening dalam waktu kurang dari 3 menit dari mana saja, asalkan ada sinyal ponsel.

Krom Bank menggunakan Amazon SageMaker, sebuah layanan untuk mengembangkan model kecerdasan buatan (AI), untuk melatih dan menguji model AI mereka sendiri. Model-model ini membantu meningkatkan pengalaman nasabah dengan menganalisis perilaku mereka saat menggunakan aplikasi Krom Bank. Misalnya, analisis ini dapat meningkatkan keamanan dengan mendeteksi transaksi yang tidak biasa, yang mungkin mengindikasikan adanya aktivitas penipuan. AI generatif dapat beradaptasi dengan ancaman yang muncul dan menyediakan mekanisme deteksi penipuan yang kuat.

Dikatakan Direktur Utama Krom Bank, Anton Hermawan, AWS memberikan fleksibilitas yang kami butuhkan untuk mengembangkan berbagai layanan perbankan digital kami dengan cepat, sehingga layanan kami menjadi lebih menarik dan mudah digunakan," ujarnya.

"Teknologi cloud membantu kami menciptakan layanan-layanan baru yang inovatif dan aman yang dapat dinikmati oleh generasi muda dan masyarakat Indonesia yang sebelumnya sulit mengakses layanan keuangan. Krom Bank mendapatkan keuntungan dari menggunakan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, sehingga kami dapat mematuhi peraturan setempat sekaligus memberikan layanan yang cepat kepada pengguna. Kami berharap dapat terus tumbuh bersama AWS," ujarnya.

Krom Bank berencana untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk melalui chatbot dan asisten virtual, dengan menggali layanan AI generatif AWS, termasuk Amazon Bedrock, cara termudah untuk membangun dan menskalakan aplikasi AI generatif menggunakan model dasar.

Untuk mempercepat transformasi digitalnya, Krom Bank menggunakan platform perbankan cloud SaaS dan AWS Advanced Technology Partner, Mambu. Mambu berperan sebagai sistem utama untuk produk pinjaman Krom Bank. Krom Bank adalah bank digital pertama di Indonesia yang menggunakan Mambu di cloud. Dengan menggunakan Mambu dan AWS, Krom Bank memiliki infrastruktur yang fleksibel, dapat menampung banyak pengguna, dan aman untuk mendukung kebutuhan saat ini dan pertumbuhan di masa depan.

Selain menggunakan layanan AWS cloud, Krom Bank juga memanfaatkan program Pelatihan dan Sertifikasi AWS untuk meningkatkan keterampilan karyawan mereka di bidang teknologi cloud yang sedang banyak dibutuhkan, seperti development, arsitektur, DevOps, dan keamanan. Keterampilan ini memungkinkan para developer di bank untuk menciptakan inovasi baru secara lebih cepat bagi nasabah dan membantu bank berkembang sesuai dengan permintaan nasabah akan layanan digital baru.

Sementara Country Leader Indonesia AWS, Anthony Amni mengungkapkan, industri jasa keuangan di Indonesia sedang berubah untuk melayani lebih banyak orang yang sebelumnya sulit mengakses layanan perbankan dengan teknologi cloud, yang merupakan kunci dari transformasi digital.

"Krom Bank berinovasi dengan cepat untuk mengembangkan layanan perbankan yang intuitif di AWS sehingga mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan menarik. Menyederhanakan layanan perbankan sangat penting bagi banyak pengguna aplikasi mobile di Indonesia, dan Krom Bank berhasil melakukannya berkat kecepatan, keamanan, dan ketersediaan cloud," katanya.

Dengan memanfaatkan layanan cloud AWS dan kemampuan AI generatif, Krom Bank berada pada posisi yang tepat untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan menyediakan layanan perbankan digital yang aman, skalabel, dan inovatif. Pendekatan cloud-native Bank ini memungkinkan inovasi cepat yang memberdayakan generasi muda dan populasi yang kurang terlayani perbankan dengan akses yang mudah ke layanan keuangan dan mempromosikan pemberdayaan ekonomi seiring Krom Bank melanjutkan perjalanan transformasi digitalnya di AWS. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year