telkomsel halo

Hobi pun bisa jadi pendapatan baru kreator shopee live

04:59:02 | 18 Okt 2024
Hobi pun bisa jadi pendapatan baru kreator shopee live
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Tren Live Shopping telah mewarnai iklim belanja online di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk lewat platform e-commerce. Metode ini memungkinkan pengguna berinteraksi lebih dekat dengan penjual dan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai produk incarannya.

Selain memberi manfaat bagi penjual dan pembeli, kehadiran live shopping juga membuka peluang menguntungkan bagi para affiliate serta konten kreator yang seringkali berbagi rekomendasi produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

Nah, salah satu kisah inspiratif datang dari Lisa Quincy, seorang ibu rumah tangga yang kini sukses meraih penghasilan baru sejak aktif sebagai kreator dengan menjual ribuan produk lokal berkualitas di sesi Shopee Live.

Diceritakan Lisa, tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa ia bisa bekerja dari rumah dan menemukan sumber penghasilan baru. Menjadi kreator di Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program sangat mengubah hidupnya. Berawal dari kegemaran mengikuti berbagai tren produk kecantikan dan fesyen melalui platform e-commerce, kini Lisa menyadari hal ini bisa menjadi peluang untuk memiliki penghasilan tambahan yang cukup memenuhi kebutuhan keluarga sembari merencanakan masa depan yang lebih baik.

"Selain itu, aku juga merasa bangga karena bisa berkontribusi dalam membantu UMKM dan brand lokal bertumbuh dan dikenal lebih luas. Salah satu pencapaianku adalah dalam satu sesi Shopee Live, aku berhasil menjual sebanyak 1000 produk parfum kepada pengguna. Melihat produk-produk lokal yang aku promosikan semakin diminati masyarakat telah menjadi kepuasan tersendiri," katanya.

Perjalanan Lisa Quincy sebagai content creator dimulai sejak tahun 2023, bermula dari kecintaannya sebagai pengguna aktif yang gemar berbelanja online, terutama produk fashion dan lifestyle, yang kemudian mendorongnya bergabung dengan Shopee Affiliate Program. Seiring waktu, Lisa menyadari potensi besar dalam fitur Shopee Live dan Shopee Video dan semakin ingin untuk mempelajari cara kerjanya, hingga akhirnya ia mulai membangun pilar konten, memilih produk yang memiliki nilai tambah bagi audiensnya, serta memastikan setiap produk yang dipromosikan sudah diriset secara menyeluruh untuk menjaga kredibilitasnya.

Berkat konsistensi dan dedikasinya, Lisa berhasil meningkatkan jumlah penonton dan pendapatannya dalam hanya dalam kurun waktu 3-4 bulan, dan berhasil meraih penghargaan Super Fashion Live Creator di Shopee Super Awards tahun 2023 pada bulan Januari 2024 lalu. Keuntungan yang diperoleh memungkinkan Lisa mewujudkan impiannya, seperti merenovasi rumah, mendanai pendidikan anak-anak, hingga membuka lapangan pekerjaan. Kini, Lisa mempekerjakan tiga orang dalam timnya, termasuk co-host, tim kreatif, hingga tim live streaming. “Aku bangga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk tim kecilku. Ini langkah awal, dan aku berharap bisa terus berkembang bersama mereka dan Shopee,” tambah Lisa.

Berikut rahasia mengoptimalkan fitur Shopee Live dan Shopee Video versi Lisa :

1. Maksimalkan Ragam Fitur untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan

Bagi Lisa, penting untuk memahami dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh platform secara optimal. Mulai dari kalender kampanye, bundling produk, dan voucher diskon dapat menjadi alat efektif dalam meningkatkan engagement dan konversi penjualan. Berkolaborasi dengan brand lokal yang sesuai juga menjadi strategi yang tepat untuk memastikan produk yang ditampilkan relevan dengan tren dan permintaan audiens sehingga kita bisa menampilkan produk yang tepat sasaran, mendukung pertumbuhan brand lokal, dan memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Bangun Kesan dan Interaksi yang Kuat dengan Penonton

Interaksi yang ramah dan ceria selama sesi adalah kunci dari keberhasilan setiap sesi live yang dilakukan Lisa. Contohnya dengan menciptakan suasana nyaman bagi penonton sehingga seolah-olah mereka berbicara dengan sahabatnya sendiri. Pendekatan ini dapat meningkatkan loyalitas penonton dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia. Untuk mewujudkan hal itu, penting untuk memiliki persiapan teknis yang matang. Selain memilih produk yang menarik, Lisa selalu memastikan pencahayaan dan persiapan lokasi syuting yang baik agar produk terlihat maksimal, terutama untuk kategori fashion.

3. Selalu Up-to-date dengan Perkembangan Tren

GCG BUMN
Industri kecantikan dan fashion terus berkembang dengan cepat sehingga penting bagi kreator untuk selalu up-to-date dengan tren terbaru. Konsistensi dalam belajar dan beradaptasi memungkinkan kreator tetap relevan di mata audiens. Kolaborasi dengan brand lokal dan UMKM menjadi langkah strategis untuk memperluas jangkauan produk berkualitas ke audiens, sekaligus menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia agar dapat selalu tampil cantik memukau sambil menggapai mimpi-mimpinya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year