telkomsel halo

Lazada dan OTW dorong pengiriman ramah lingkungan

05:55:00 | 30 Jun 2024
Lazada dan OTW dorong pengiriman ramah lingkungan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Meski masih menghadapi tantangan besar, pemerintah Indonesia terus fokus pada upaya penyelesaian berbagai isu lingkungan, termasuk soal polusi udara. Sejak 1996, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menginisiasi Program Langit Biru yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak (kendaraan bermotor).

Dalam rangka mendukung program tersebut, Lazada Indonesia (Lazada) memiliki berbagai inisiatif keberlanjutan, salah satunya dengan menjalankan operasional logistik lebih ramah lingkungan #BlueVehicle melalui kemitraan dengan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu - OTW) yang seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik.

Menurut penelitian dari Global Carbon Project (2022), Indonesia menempati peringkat tujuh sebagai penghasil karbon terbanyak di dunia. Meski demikian, pemerintah menargetkan penurunan emisi karbon sebanyak 29% pada 2030 dan mencapai nol emisi karbon pada 2060. Pemerintah pun mendorong partisipasi sektor swasta dalam upaya lingkungan ini, yang disambut baik oleh Lazada dengan berbagai inisiatif, termasuk meningkatkan operasional yang lebih ramah lingkungan dengan dukungan para mitra strategis seperti OTW.

Sebagai platform eCommerce pertama dengan inisiatif solusi ramah lingkungan, berbagai upaya terus dilakukan Lazada untuk mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

Dikatakan Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata, Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. "Karena itulah kami terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW," ujarnya.

Armada #BlueVehicle dikembangkan Lazada untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi Lazada dengan OTW dengan #BlueVehicle berfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Sejalan dengan Lazada, OTW memiliki perhatian besar terhadap upaya keberlanjutan dan juga berupaya menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan.

Chief Executive Officer OTW, Gary Prawira mengungkapkan, ia menyadari bahwa operasional logistik lekat dengan berbagai isu lingkungan, namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap melayani konsumen dengan baik sembari berupaya mengurangi emisi gas karbon. "OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini," jelasnya.

Upaya Lazada dan OTW dalam menjalankan operasional pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan ternyata tidak hanya berbuah pada kontribusi perusahaan terhadap lingkungan, namun juga berdampak positif pada kesejahteraan mitra kurir Lazada di OTW.

Gary menambahkan, penggunaan kendaraan listrik tidak hanya menekan dampak lingkungan pada operasional logistik, tetapi juga mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir. "Sejak penggunaan kendaraan berbasis listrik, kurir kami dapat menghemat waktu dan energi karena pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja selama perangkat dan daya listrik mendukung. Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan," katanya.

Dengan rata-rata biaya pengisian daya hingga penuh sebesar kurang dari Rp5 ribu, kendaraan berbasis listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer, menjadikannya jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin. Di semua fasilitas logistik (hub) OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada pun tersedia fasilitas pengisian daya kendaraan ini, menjadikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sembari melakukan pemuatan paket yang akan dikirimkan ke konsumen.

Bersama dengan OTW, Lazada terus memperluas akses konsumen di Indonesia untuk berbelanja online, khususnya yang tinggal di area Bogor, Jawa Barat, dan sekitarnya, bahkan bagi masyarakat yang masih tinggal di area terpencil sekalipun.

Setiap harinya, mitra kurir dengan armada kendaraan berbasis listrik dari OTW mengantarkan paket konsumen Lazada di area Bogor dan sekitarnya. Jumlah paket yang diantar pun bisa meningkat berkali lipat saat festival belanja online di Lazada dan tetap terkirim dengan baik ke konsumen.

Dijelaskan Gary, meski terkadang ada kendala area yang sulit dijangkau ataupun jadwal pengiriman yang harus disesuaikan dengan waktu konsumen khususnya yang memilih metode ‘pembayaran saat pengiriman’ (Cash-on-Delivery - COD), kurirnya tetap berdedikasi memberikan layanan terbaik untuk konsumen.

Layanan yang baik dan upaya keberlanjutan dari OTW dan Lazada ini pun mendapatkan apresiasi penuh dari konsumen. Dalam interaksi kurir dengan konsumen sering terungkap bagaimana kurir dengan bangga menceritakan kepada konsumen soal upaya lebih ramah lingkungan dengan kendaraan berbasis listriknya. Konsumen turut menyampaikan apresiasi dan tergerak untuk juga mengadopsi gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Sedangkan Stefan menambahkan, dengan dukungan infrastruktur dan teknologi canggih di Lazada, serta keahlian dan pengetahuan lokal dari para mitra strategis seperti OTW, ia berharap bisa terus memperluas kemitraan Lazada dengan banyak mitra lokal Indonesia demi memperluas akses masyarakat ke ekosistem ekonomi digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year