telkomsel halo

ShopTokopedia Mall siap bikin UMKM naik kelas

05:58:00 | 23 Jul 2024
ShopTokopedia Mall siap bikin UMKM naik kelas
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Perkembangan e-commerce di Indonesia terus meningkat. Data pada Bank Indonesia, secara volume, transaksi e-commerce naik dari 3,49 miliar kali pada tahun 2022 menjadi 3,71 miliar kali pada tahun 2023. Sementara nilai transaksi e-commerce pada tahun 2023 mencapai Rp453,75 triliun.

Tokopedia dan ShopTokopedia pun terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia, sekaligus memperkaya pengalaman pengguna dalam bertransaksi online, untuk bersama-sama berkontribusi terhadap perekonomian digital nasional.

Dikatakan Senior Director of Ecommerce Shop | Tokopedia, Stephanie Susilo, Tokopedia dan ShopTokopedia melengkapi satu sama lain demi membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis menjangkau pasar lebih luas dan makin menjadi pilihan masyarakat. Salah satunya lewat peluncuran ShopTokopedia Mall hari ini (19/07).

“Melalui ShopTokopedia Mall, kami ingin membantu pelaku usaha di Indonesia melakukan ekspansi dan eskalasi bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi daring,” ujarnya.

Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat ada kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform. Di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024.

"Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menghasilkan berbagai dampak positif. Peningkatan jumlah penjual di masing-masing platform membuat Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terdiri atas lebih dari 21 juta penjual. Hal ini memungkinkan masyarakat mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik," tambahnya.

Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menarik lebih banyak pengguna loyal. Tercatat 79% pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77% pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia. Alasannya yaitu pengguna ingin merasakan berbagai fitur inovatif sekaligus pengalaman baru berbelanja online.

Berdasarkan data internal Tokopedia maupun ShopTokopedia, berbagai kampanye kolaborasi antara dua platform juga berhasil meningkatkan transaksi para penjual. "Misalnya, kampanye Ramadan Ekstra Seru membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%, Promo Guncang 5.5 meningkatkan transaksi sebesar lebih dari 66%, dan Promo Guncang 6.6 membuat transaksi naik lebih dari 72%," kata Stephanie.

Melanjutkan sinergi positif antara Tokopedia dan ShopTokopedia, hari ini ShopTokopedia Mall secara resmi diluncurkan. Riset dari Toluna di SEA pada tahun 2023 mengungkapkan bahwa 87% pengguna lebih memilih berbelanja dari toko yang bersertifikasi resmi. 81% pengguna juga bersedia membayar lebih demi rasa aman yang lebih tinggi dengan berbelanja melalui toko resmi.

Diungkapkan Stephanie, di Tokopedia, misalnya pada kategori produk Fashion, sejumlah pelaku usaha mengalami rata-rata peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat setelah menjadi Official Store (sumber: Tokopedia, semester I 2024). Hal tersebut melatarbelakangi ShopTokopedia meluncurkan ShopTokopedia Mall.

"Penjual di ShopTokopedia yang berstatus 'Mall' bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan visibilitas toko/produk lewat sederet keuntungan, antara lain: mendapatkan badge khusus 'Mall' yang bisa menaikkan kepercayaan pembeli, serta pengelolaan toko/produk yang lebih eksklusif, dan voucher pengiriman spesial. Penjual bisa menikmati solusi pemasaran yang lebih komprehensif untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi, dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey seperti di banner utama, atau mengikuti berbagai kampanye ekslusif salah satunya promo tanggal kembar. Data internal ShopTokopedia menunjukkan bahwa sepanjang semester I 2024, penjual berstatus 'Mall' mengalami pertumbuhan bisnis hingga 3 kali lipat lebih tinggi," jelasnya.

ShopTokopedia bekerja sama dengan sederet toko resmi menghadirkan 'Mall' demi mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan. Lewat ShopTokopedia Mall, masyarakat bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan jaminan 100% asli, gratis ongkos kirim (ongkir), dan gratis 15 hari pengembalian. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi