telkomsel halo

ION Network manfaatkan jalur FO Jayabaya Triasmitra Group

05:41:04 | 27 Aug 2024
ION Network manfaatkan jalur FO Jayabaya Triasmitra Group
Prosesi penandatanganan MOU (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Sebagai perusahaan yang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam penyediakan jasa telekomunikasi via internet, ION Network berusaha agar pelayanan kepada para customernya dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Untuk memperkuat pelayanan khususnya di wilayah Pulau Jawa yang permintaannya semakin meningkat, ION Network bekerjasama dengan PT Ketrosden Triasmitra melalui anak usahanya PT Jejaring Mitra Persada untuk memanfaatkan jalur kabel fiber optic Sistem Komunikasi Kabel Laut Jakarta Surabaya (SKKL Jayabaya) dengan skema Indefeasible Right of Use (IRU).

Perkembangan IT & multimedia yang sangat cepat menjadikan Internet sebagai suatu sarana media yang sangat berperan dalam industri telekomunikasi dan bidang lainnya. Hal ini juga sejalan dengan meningkatnya jumlah customer yang dimiliki ION Network (ION), maka kebutuhan layanan telekomunikasi untuk para customer juga semakin meningkat. Peningkatan ini semakin drastis sejak adanya wabah covid-19 yang memaksa kegiatan tatap muka dilakukan menggunakan sarana online meet atau dalam jaringan (daring) untuk menghindari pertemuan secara fisik agar wabah tidak semakin menyebar. Ternyata setelah wabah covid-19 telah mereda penggunaan sarana daring tetap digunakan oleh sebagian besar masyarakat khususnya customer ION.

Dikatakan Direktur Komersial ION, Ricky Simanjuntak, “pemilihan jalur SKKL Jayabaya milik Triasmitra Group ini sesuai dengan usaha pengembangan bisnis kami terutama di wilayah pulau Jawa yang semakin pesat peningkatan kebutuhannya. "Tentunya ke depan peningkatan layanan tidak hanya kami lakukan di pulau Jawa tapi secara bertahap juga akan kami lakukan di luar pulau Jawa sesuai kebutuhan customer kami,” ujarnya di sela-sela acara Penandatangan Kerjasama Penyediaan Fiber Optic Core Dalam SKKL Jayabaya, tadi malam (26/08) di Stone Hotel, Kuta Bali.

Sementara, di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jejaring Mitra Persada, Dani Samsul Ependi mengungkapkan, kerjasama dengan ION ini merupakan kerjasama yang sangat strategis bagi perusahaanya. Keberadaan SKKL Jayabaya memang diperuntukkan untuk memperkuat infrastruktur telekomunikasi khususnya di wilayah Jawa.

"SKKL ini membentang dari Jawa Barat sampai Jawa Timur dan mempunyai 4 landing point yang terletak di Tanjung Pakis Karawang, Cirebon, Kendal dan Banyu Urip Gresik. Dengan masuknya ION sebagai salah satu customer kami, maka utilitas SKKL Jayabaya ini sudah hampir penuh,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan system IRU 2 core (1 pair), maka ION bisa memanfaatkan kapasitas SKKL Jayabaya yang menggunakan teknologi Remote Optically Pumped Amplifier (ROPA) sehingga mampu mendeliver kapasitas sampai 9 Tera bit per detik per pair (Tbps/FP).

Kerjasama antara ION dengan Triasmitra Group tidak hanya pada pemanfaatan penggunaan jalur fiber optic Jayabaya ini saja, tapi sudah beberapa kali keduanya melakukan kerjasama baik untuk kabel fiber optic laut (submarine) maupun kabel darat (inland). Kedua pihak berharap ke depan kerjasama akan terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada seluruh customer ION. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year