telkomsel halo

HSBC berikan pinjaman US$30 juta ke eFishery

05:26:29 | 03 Jun 2024
HSBC berikan pinjaman US$30 juta ke eFishery
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) memberikan pinjaman dalam bentuk green and social loan senilai US$30 juta ke eFishery untuk mendukung kebutuhan modal kerja bagi perusahaan teknologi akuakultur itu.

HSBC Indonesia juga diberi mandat sebagai sustainable finance coordinator untuk eFishery dalam membantu perusahaan guna mengintegrasikan aspek-aspek environmental social governance (ESG) dalam operasi bisnis mereka. Green and social loan tersebut memungkinkan eFishery untuk memperluas produk eFeeder mereka.

eFeeder merupakan inovasi teknologi pertama eFishery berupa perangkat pemberian pakan otomatis berbasis artificial intelligence of things (AIoT). Teknologi ini disewakan kepada ratusan ribu pembudidaya ikan skala kecil dalam jaringan eFishery. Dengan menggunakan eFeeder, pembudidaya ikan dapat meningkatkan efisiensi pakan hingga 30% dan kapasitas produksi hingga 24%.

Berkat platform eFeeder dari eFishery, pembudidaya ikan dapat mengatur jadwal pemberian pakan, menerima rekomendasi pemberian pakan, dan mencatat data pemberikan pakan melalui smartphone. Tidak hanya itu, eFeeder juga mendukung pembudidaya ikan mengadopsi metode budidaya yang lebih berkelanjutan.

Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas air dengan mengurangi kontaminasi air dan limbah dari siklus pemberian pakan yang tidak efisien. Inovasi tersebut sekaligus meningkatkan input serta mengakselerasi distribusi pakan.

Untuk membesarkan bisnis ekspor, eFishery menggaet pasar Tiongkok dengan menjual hasil panen udang, setelah sukses ekspor ke AS. Selain itu, eFishery memperluas ekspor ikan nila ke kedua negara tersebut, bersamaan juga menambah incaran negara lainnya, seperti Singapura, Malaysia, kawasan Eropa dan Timur Tengah.

Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) eFishery Gibran Huzaifah mengatakan, green and social loan dari HSBC Indonesia merupakan langkah penting dalam merevolusi industri akuakultur di Tanah Air. "Green and social loan dari HSBC Indonesia memungkinkan kami memperluas armada eFeeder serta memberdayakan pembudidaya ikan dan petambak udang skala kecil dengan teknologi dan sumber daya yang mereka perlukan. Dengan begitu, dapat lebih produktif dan berkelanjuta," ujar Gibran.

Managing Director Head of Wholesale Banking HSBC Indonesia, Riko Tasmaya, mengatakan, bangga dapat mendukung eFishery dalam mengembangkan bisnisnya guna menjangkau lebih banyak pembudidaya skala kecil di seluruh Indonesia.

"Hal itu merupakan bagian dari ambisi kami untuk mendukung pertumbuhan sector ekonomi baru berbasis platform di Indonesia. Lewat green and social loan, HSBC Indonesia turut mendukung sektor akuakultur di Tanah Air menerapkan praktik berkelanjutan di sepanjang rantai pasokannya," terang Riko.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year