telkomsel halo

Traveloka digitalisasi pariwisata di Indonesia

06:34:00 | 07 Jun 2024
Traveloka digitalisasi pariwisata di Indonesia
Traveloka aplikasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Platform travel terdepan se-Asia Tenggara, Traveloka resmi mengumumkan kerja sama dengan Keraton Yogyakarta untuk mendorong digitalisasi pariwisata di wilayah Keraton Yogyakarta.

Melalui kolaborasi strategis ini, Traveloka berkomitmen untuk mempromosikan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi utama dengan kekayaan warisan budaya dan sejarah di Indonesia kepada wisatawan domestik dan global. Kemitraan bersejarah ini menjadikan Traveloka sebagai platform perjalanan pertama yang bekerja sama dengan Keraton Yogyakarta.

Menurut CEO of Transport Traveloka, Iko Putera, Traveloka melihat potensi Yogyakarta untuk menjadi destinasi wisata pilihan domestik maupun turis global. "Data internal kami menunjukkan peningkatan pencarian penerbangan ke Yogyakarta hingga 2 kali lipat, dan lebih dari 2 kali lipat untuk akomodasi di periode libur Waisak tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Kolaborasi Traveloka dan Keraton Yogyakarta melalui digitalisasi obyek wisata, akan memberikan pilihan wisata budaya yang lebih beragam bagi wisatawan, dan tentunya semakin mendorong Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata global," jelasnya.

Sementara, Pengageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, mengatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan Traveloka untuk mendukung kemajuan pariwisata di Yogyakarta, khususnya di kawasan Keraton. "Kerja sama ini sejalan dengan upaya kami dalam memberi pengalaman terbaik bagi wisatawan melalui program menarik yang diadakan setiap minggu, seperti pameran budaya, pertunjukan seni tradisional, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Tentunya, kami mengharapkan kemitraan dengan Traveloka dapat semakin meningkatkan jumlah wisatawan serta membantu melestarikan warisan budaya Yogyakarta agar bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang," katanya.

Keraton Yogyakarta merupakan peninggalan sejarah dan ikon Kesultanan Yogyakarta yang populer di kalangan wisatawan karena kekayaan budaya, nilai seni, dan jejak sejarah. Kawasan Keraton dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I dengan konsep tata ruang yang mengandung filosofi syarat akan makna. Oleh karena itu, kawasan ini perlu dilestarikan keasliannya.

Dengan luas 14.000 meter persegi, lokasi wisata Keraton Yogyakarta terbagi menjadi beberapa kompleks berarsitektur indah campuran Portugis, Belanda, dan China. Di Keraton ini, pengunjung juga dapat melihat para Abdi Dalem yang bertanggung jawab atas segala urusan operasional Kesultanan.

Wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh bisa mengunjungi Malioboro, yang terkenal menawarkan berbagai cenderamata dan aneka kuliner khas Yogyakarta. Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan atraksi menarik pada waktu-waktu tertentu.

Pesona Keraton Yogyakarta dan kawasan di sekitarnya turut berperan dalam peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta di tahun 2023 yang mencapai sekitar 46% yoy. Melalui inovasi digitalisasi dan kerja sama dengan Keraton Yogyakarta, Traveloka berupaya mendukung pemerintah dalam mengembangkan Yogyakarta sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia dengan memberikan wisatawan berbagai kemudahan dalam merencanakan perjalanan.

Rencanakan perjalanan seru ke Keraton Yogyakarta dengan Traveloka. Nikmati potongan Rp 10.000,- untuk pengunjung dewasa (harga normal: Rp 15,000,-) dan gratis untuk anak-anak. Promo ini berlaku untuk 100 orang pembeli pertama per-hari, selama periode 7-11 Juni 2024 dengan memasukan kode KERATONTVLK saat pembelian tiket masuk Keraton Yogyakarta melalui platform Traveloka. Temukan beragam produk perjalanan terbaik Traveloka, mulai dari Flights, Bus & Travel, Hotel, hingga tiket Xperience. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year