Otoklix dampingi ekspansi VinFast di Indonesia

13:01:00 | 08 Jul 2024
Otoklix dampingi ekspansi VinFast di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan rintisan (startup) layanan dan perbaikan otomotif lokal Otoklix, baru-baru ini menandatangani kesepakatan dengan VinFast untuk menjadi penyedia layanan resmi merek tersebut bagi para pelanggan di seluruh Indonesia.

VinFast, produsen kendaraan listrik asal Vietnam, secara resmi masuk ke Indonesia pada awal tahun ini, dengan mendirikan diler baru di pinggiran kota Depok, dan mengumumkan akan segera menginvestasikan dana sebesar US$1,2 miliar untuk membangun pabrik perakitan lokal berkapasitas 60.000 unit mobil per tahun.

Kementerian Perindustrian Indonesia telah memperbarui peta jalan untuk transisi kendaraan listrik, dengan target produksi 600.000 mobil listrik di dalam negeri pada tahun 2025. Rencana adopsi kendaraan listrik yang ambisius di Indonesia menggarisbawahi kebutuhan penting akan infrastruktur pengisian daya dan penukaran baterai yang kuat di seluruh negeri. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah pengembangan layanan purnajual dan sektor perbaikan yang komprehensif untuk kendaraan kelas baru

"Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara yang pemerintahnya secara aktif mendukung kendaraan listrik, sebuah komitmen yang diharapkan dapat terus berlanjut di bawah kepemimpinan presiden yang akan datang. Investasi pemerintah berfokus pada elemen infrastruktur penting seperti memperluas jaringan stasiun pengisian daya dan meningkatkan opsi pembiayaan," kata Salah satu pendiri dan CEO Otoklix, Martin Reyhan Suryohusodo.

Menurutnya, investor global harus mempertimbangkan masa depan pengisian baterai versus penukaran baterai di Indonesia.

"Stasiun penukaran baterai membutuhkan investasi modal yang signifikan dalam hal infrastruktur. Saat ini, NIO di China adalah contoh penting di mana investasi besar telah dilakukan dalam teknologi ini. Tesla awalnya mempertimbangkan pendekatan ini tetapi meninggalkannya karena tingginya biaya yang harus dikeluarkan. Masalah penting bagi investor global yang tertarik dengan pasar EV di Indonesia adalah kejelasan peraturan mengenai penjualan listrik secara komersial. Saat ini, semua penjualan listrik komersial harus melalui PLN, perusahaan listrik negara Indonesia, yang dapat menjadi tantangan bagi penyedia stasiun pengisian daya pihak ketiga," katanya.

Martin menyinggung dampak jangka panjang dari adopsi EV pada pasar purnajual otomotif. Dia menunjukkan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi kendaraan, layanan khusus, terutama yang terkait dengan pemeliharaan baterai dan manajemen perangkat lunak, akan semakin diminati. Investasi proaktif Otoklix saat ini dalam hal pelatihan dan infrastruktur bertujuan untuk memposisikan perusahaan di garis depan era baru.

Martin menjelaskan bahwa Otoklix harus berevolusi untuk melayani kendaraan listrik secara efektif dan konsisten. Pelatihan dan pendidikan untuk staf Otoklix menjadi sangat penting. Perusahaan telah meluncurkan akademi yang didedikasikan untuk melatih para mekanik dalam seluk-beluk servis mobil listrik. Inisiatif ini menjawab kebutuhan mendesak akan tenaga kerja yang terampil dalam persyaratan khusus kendaraan listrik, dengan fokus pada keselamatan dan kemahiran teknis.

"Di akademi kami, kami mengajarkan bahwa servis mobil listrik bukan hanya tentang aspek mekanis - seperti rem atau ban, yang mirip dengan mobil bertenaga gas - tetapi yang terpenting adalah tentang perangkat lunak dan komponen kelistrikan, terutama baterai. Tidak seperti kendaraan tradisional, Anda tidak mengganti seluruh baterai pada mobil listrik. Ketika sebuah sel rusak, Anda hanya mengganti sel tersebut, bukan seluruh baterai. Memastikan segel yang rapat selama proses ini sangat penting untuk mencegah kerusakan akibat kelembapan atau kotoran. Hal ini tidak hanya membutuhkan keterampilan teknis tetapi juga praktik keselamatan yang tepat. Yang paling penting, para mekanik harus mengenakan sarung tangan berinsulasi dan menggunakan peralatan khusus untuk menghindari bahaya listrik, sebuah perubahan mendasar dari perbaikan mobil konvensional," katanya.

Diprediksinya, selama sepuluh tahun ke depan, seiring dengan berkembangnya pasar mobil listrik, akan terjadi peningkatan permintaan suku cadang mobil yang sama bagusnya dengan suku cadang orisinil namun dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini termasuk suku cadang mekanis dan komponen baterai, seperti sel individual, tetapi bukan baterai secara keseluruhan.

"Kami berencana untuk bermitra dengan perusahaan yang membuat suku cadang ini alih-alih membuatnya sendiri. Hal ini akan memungkinkan kami untuk memasok komponen ke bengkel-bengkel independen, sehingga pemilik mobil listrik dapat memiliki pilihan yang lebih terjangkau dan kompetitif, tidak hanya suku cadang orisinal," ulasnya.

Dia menambahkan penting juga untuk menyadari bahwa kendaraan bertenaga gas, termasuk hibrida dan kendaraan bertenaga hidrogen yang sedang berkembang seperti yang diinvestasikan Toyota, akan terus hidup berdampingan. Tidak realistis untuk memperkirakan pangsa pasar 100% untuk kendaraan listrik. Selain itu, pertumbuhan pasar mobil listrik sangat bergantung pada investasi yang berkelanjutan di bidang infrastruktur.

"Ini adalah situasi ayam dan telur yang klasik: penjualan kendaraan listrik tidak dapat melampaui pengembangan infrastruktur pendukung, termasuk opsi pembiayaan dan pasar sekunder yang kuat, yang sangat penting untuk mendukung transisi ini," tutupnya.

Sejak didirikan pada tahun 2019, Otoklix telah berkonsentrasi untuk mendukung bengkel-bengkel independen yang melayani kendaraan bertenaga gas. Pada kuartal ketiga tahun 2023, perusahaan melaporkan peningkatan pendapatan hingga dua kali lipat dari tahun ke tahun, di samping peningkatan yang signifikan dalam hal keekonomisan unit, dengan profitabilitas yang sudah di depan mata.

Memperluas jangkauannya, Otoklix tidak hanya memberdayakan jutaan bengkel, tetapi juga mengoperasikan toko-toko khasnya di kota-kota besar di Indonesia. Saat ini, kemitraan dengan VinFast terbatas pada gerai-gerai eksklusif ini.(wn)

Artikel Terkait
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi