telkomsel halo

NTT DATA luncurkan Tsuzumi di Microsoft Azure

06:52:00 | 12 Jul 2024
NTT DATA luncurkan Tsuzumi di Microsoft Azure
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - NTT DATA, penyedia bisnis digital dan layanan IT global terdepan, mengumumkan peluncuran Tsuzumi melalui layanan Model-as-a-Service (MaaS) dari Microsoft Azure AI. Ini merupakan pencapaian baru dalam kerja sama selama 25 tahun yang bertujuan untuk menciptakan solusi teknologi yang mendukung keberlanjutan dan inovasi.

Tsuzumi merupakan Large Language Model (LLM) dengan kemampuan dalam bahasa Jepang dan Inggris, yang dirancang untuk mengatasi tantangan lingkungan dan biaya yang biasanya terkait dengan LLM. Dengan menyesuaikan ukuran model tanpa mengorbankan kinerja, Tsuzumi membuat teknologi AI canggih, termasuk generative AI, yang dapat diakses oleh lebih banyak pengguna dan aplikasi.

Fitur utama Tsuzumi adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan mudah. Model ini menggunakan proses penyesuaian yang efisien dengan adapter industri untuk pembelajaran secara kustom. Ini membuat Tsuzumi sangat relevan dan fleksibel, mampu dengan cepat menyesuaikan diri dengan kebutuhan spesifik sekaligus mengurangi biaya layanan.

Menurut Presiden dan CEO NTT DATA Group Corporation, Yutaka Sasaki, pihaknya sangat senang melanjutkan kolaborasi bersama Microsoft dengan mengintegrasikan Tsuzumi ke dalam Microsoft Azure AI. "Langkah ini tidak hanya memperkuat kolaborasi, tetapi juga sejalan dengan komitmen kami untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan," katanya.

Sementara, Corporate Vice President Azure AI Platform Microsoft, Eric Boyd mengungkapkan, dukungan peluncuran Tsuzumi di Microsoft Azure AI merupakan bukti dedikasinya untuk memberdayakan perusahaan di seluruh dunia dalam memanfaatkan kekuatan generative AI melalui model yang dioptimalkan untuk performa dan harga serta didukung oleh cloud yang paling terpercaya di dunia.

Awalnya tersedia di Jepang di platform Azure MaaS, namun direncanakan untuk memperluas ketersediaan Tsuzumi ke wilayah lain. NTT DATA berkomitmen pada inovasi berkelanjutan, memastikan bahwa Tsuzumi tetap berada di garis depan teknologi AI. Kemajuan juga direncanakan dalam multimodalitas, yang akan semakin meningkatkan kemampuan canggih Tsuzumi dan memastikan bahwa teknologi ini memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang di seluruh dunia. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi