telkomsel halo

Ini laporan ESG dari PDG

07:23:11 | 18 Jul 2024
Ini laporan ESG dari PDG
JAKARTA (IndoTelko) Princeton Digital Group (PDG), penyedia pusat data, meluncurkan laporan Environmental, Social and Governance (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola / ESG) tahunan mereka untuk periode 2023-2024.

Bertajuk “Sustainability in the Era of AI” (“Keberlanjutan di Era AI”), laporan ini merinci komitmen dan performa perusahaan yang terukur dalam hal keberlanjutan lingkungan, kesehatan dan keselamatan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola perusahaan.

“Kami bangga dapat membagikan upaya dalam mengurangi jejak karbon, memastikan keselamatan tempat kerja, menerapkan pembiayaan ramah lingkungan, dan meningkatkan keterlibatan masyarakat yang lebih baik. Skala pusat data yang mendukung teknologi AI memerlukan penilaian ulang yang komprehensif terhadap strategi konsumsi energi dan pendinginan. Transisi energi tetap menjadi prioritas utama kami di tengah fase lanjutan dari pertumbuhan yang didorong oleh teknologi AI. Di PDG, kami terus berinovasi untuk meningkatkan efisiensi energi dan sumber daya, memastikan standar keamanan tertinggi di pusat data kami, dan memprioritaskan pengembangan keterampilan di seluruh wilayah tempat kami beroperasi,” ujar Chairman, CEO dan Co-founder, PDG Rangu Salgame.

Selaras dengan visi pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero sebelum tahun 2060, laporan tahunan PDG menguraikan tujuan PDG untuk mencapai Net Zero untuk emisi Scope 1 dan Scope 2 pada tahun 2030, dan permulaan pelaporan emisi Scope 3 oleh perusahaan.

Pencapaian utama yang disoroti dalam laporan ESG tahun 2023-2024 meliputi:

Kemajuan dalam roadmap Net Zero: PDG mencapai tujuannya untuk mengimbangi sekitar 15% jejak karbonnya melalui pengadaan energi terbarukan.

Energi Terbarukan: PDG menandatangani perjanjian jangka panjang untuk pengadaan tenaga surya untuk pusat datanya di Mumbai, India, dan tenaga biomassa untuk kampus pusat datanya di wilayah Jabodetabek, Indonesia. Selain itu, PDG juga memasang atap panel surya di fasilitasnya di Shanghai, Tiongkok.

Sertifikasi ISO 45001: Seluruh pusat data operasional yang dibangun dari nol (greenfield) telah bersertifikasi ISO 45001, memastikan pengelolaan risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang ketat.

Teknologi Pendinginan Tingkat Lanjut: PDG mengadopsi teknologi pendinginan canggih dan inisiatif efisiensi energi lainnya untuk meningkatkan Power Usage Effectiveness (PUE).

Kerangka Keuangan Ramah Lingkungan: PDG mengembangkan kerangka keuangan ramah lingkungan dan mendapatkan pinjaman ramah lingkungan senilai US$375 juta (setara lebih dari Rp 6 triliun) untuk proyek SG+® di Singapura dan Johor pada awal tahun 2024.

Laporan ESG PDG 2023-2024 disusun sesuai dengan standar GRI dan merinci tujuan serta kemajuan perusahaan pada setiap topik material. Laporan ini menampilkan struktur tata kelola PDG yang komprehensif untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam upaya keberlanjutannya. Selain itu, emisi gas rumah kaca (GRK) PDG pada tahun 2023 dijamin oleh perusahaan audit eksternal yang memiliki reputasi baik.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi