telkomsel halo

Coursera catat pembelajar AI di Indonesia naik sebesar 1.158%

07:39:11 | 18 Jul 2024
Coursera catat pembelajar AI di Indonesia naik sebesar 1.158%
JAKARTA (IndoTelko) Coursera, platform pembelajaran online, mengumumkan beberapa inisiatif baru untuk memberdayakan individu dan institusi dengan keterampilan penting dibidang GenAI.

Inisiatif ini mencakup konten dan sertifikasi baru yang berfokus pada GenAI, peningkatan portofolio sertifikasi profesional yang sudah ada dengan pembaruan khusus GenAI, pembaruan pada fitur Coursera Coach, dan perluasan GenAI Academy untuk membantu bisnis dalam membekali tim mereka dengan keterampilan GenAI.

Laporan terbaru dari AWS dan Access Partnership mengungkapkan bahwa pemberi kerja di Indonesia bersedia membayar 53% lebih tinggi untuk pekerja dengan keterampilan AI.

Peluncuran terbaru ini bertujuan memenuhi permintaan yang semakin meningkat akan keterampilan GenAI, baik di Indonesia maupun secara global. Hingga saat ini, Coursera mencatat lebih dari 2 juta pendaftar dari seluruh dunia, dengan 14.000 diantaranya dari Indonesia. Dengan peningkatan pendaftar sebesar 1.158% YoY, Indonesia menempati peringkat ketiga tertinggi di Asia Tenggara.

“Permintaan yang meningkat untuk kursus GenAI dari pembelajar Indonesia di Coursera menunjukkan semangat dan pola pikir progresif yang diperlukan untuk menghadapi perubahan teknologi yang pesat saat ini. Di Hari Apresiasi AI ini, kami memperluas penawaran kursus keterampilan GenAI yang sangat penting melalui merek dan sertifikasi yang terpercaya sebagai kesempatan bagi semua orang. Dengan mengadopsi pembelajaran AI dan mengembangkan talenta terampil di bidang AI, Indonesia dapat mengoptimalkan potensi GenAI untuk memberdayakan setiap warga dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan," kata Managing Director, Asia Pacific, Coursera Raghav Gupta.

Inisiatif terbaru Coursera mencakup:

7 kursus baru GenAI, spesialisasi, dan sertifikasi dari mitra-mitra terkemuka:

Generative AI for Software Development Skills Certificate dari DeepLearning.AI - Dirancang untuk software developer (pengembang perangkat lunak) dan insinyur di semua level, program ini akan mengeksplorasi cara kerja model bahasa besar (LLM), arsitekturnya, dan penerapannya dalam berbagai tugas pemrograman.

Programming with Generative AI dari IIT Guwahati - Dirancang untuk software developer, pelaku di bidang teknologi, maupun para penggemar AI, kursus ini menjelaskan bagaimana alat-alat GenAI dapat mengubah alur kerja pemrograman.

Artificial Intelligence Graduate Certificate dari University of Colorado Boulder - Program komprehensif ini membantu pembelajar untuk membangun fondasi yang kuat dalam topik-topik utama AI, termasuk GenAI, natural language processing, visi dan etika komputer.

Generative AI in Marketing Specialization dari UVA Darden Kursus dengan empat serial ini membahas tentang kerangka kerja GenAI, aplikasinya, dan pentingnya pertimbangan untuk menciptakan dan mempertahankan solusi pemasaran AI yang efektif.

Responsible Generative AI Specialization dari University of Michigan - Dengan menjelajahi kemungkinan dan risiko GenAI, pengguna akan dapat mengidentifikasi dampak yang relevan bagi operasional bisnis, konsumen, masyarakat, dan lingkungan.

Change Management for Generative AI dari Vanderbilt University - Kursus ini akan mendalami strategi dan kerangka kerja yang diperlukan bagi organisasi untuk berhasil menerapkan dan beradaptasi dengan GenAI.

Generative AI for Kids, Parents, and Teachers dari Vanderbilt University - Dirancang sebagai sumber bagi orang tua dan guru, kursus gratis ini akan membantu anak-anak untuk beradaptasi dengan dunia yang dipenuhi dengan GenAI. Kursus ini akan mengajarkan anak-anak cara menggunakan GenAI untuk berinovasi, memecahkan masalah, menggunakan pengingat multimodal, dan berpikir kreatif.

Pengembangan GenAI Academy dengan 'GenAI for Teams': Katalog baru ini dari lembaga riset dan perusahaan terkemuka akan membekali tim dengan keterampilan GenAI yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Dengan berfokus pada praktik dan penerapan di dunia nyata, perusahaan dapat memanfaatkan GenAI Academy untuk meningkatkan inovasi dan produktivitas di seluruh tim fungsional.

GenAI untuk Tim Software dan Produk (100+ kursus): Kelas ini menyederhanakan tugas-tugas rutin seperti pembuatan dan dokumentasi kode agar proses pengerjaan menjadi lebih efektif dan praktis sehingga waktu yang berharga dapat digunakan untuk meluncurkan penawaran lain yang lebih bernilai.

GenAI untuk Tim Data (70+ kursus): Kelas ini mengoptimalkan tugas-tugas kompleks seperti analisis dan visualisasi data untuk memperdalam wawasan dan memberikan rekomendasi bisnis yang lebih akurat.

GenAI untuk Tim Pemasaran (60+ kursus): Kelas ini memberikan pengguna, wawasan yang mendalam, personalisasi konten, dan penentuan target yang lebih efisien dalam skala besar.

Memperkenalkan Coursera Coach sebagai Sidebar Experience: Coursera Coach, yang diperkenalkan pada tahun 2023, memberikan panduan berbasis kecerdasan buatan dalam proses belajar. Saat ini, Coursera Coach akan hadir sebagai bagian sidebar di dalam kursus, sehingga lebih terintegrasi dalam perjalanan belajar.

Diluncurkan pada Januari 2024, Generative AI (GenAI) Academy dari Coursera dirancang untuk membekali para eksekutif dan karyawan mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil di tempat kerja yang didorong oleh AI. GenAI Academy menawarkan kombinasi unik dari program literasi dasar dan pendidikan eksekutif dari universitas riset terkemuka dan perusahaan-perusahaan di garis depan AI, termasuk Microsoft, Stanford Online, Universitas Vanderbilt, DeepLearning.AI, Fractal Analytics, Google Cloud, dan AWS.

Coursera memanfaatkan kekuatan GenAI untuk mengubah pembelajaran online. Platform ini kini menawarkan terjemahan yang didukung AI untuk lebih dari 4.600 kursus dan 55 Sertifikat Profesional dalam 21 bahasa termasuk Bahasa Indonesia, menjadikan pendidikan lebih mudah diakses oleh audiens global. Course Builder yang didukung AI mempermudah pembuatan konten, memungkinkan institusi dan bisnis untuk mengembangkan kursus kustom dengan efisien. Selain itu, Coursera berkomitmen untuk menjaga integritas akademik melalui rangkaian baru alat-alat yang didukung AI yang memperkuat proses penilaian dan penilaian, memastikan pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang otentik.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year