telkomsel halo

Sentralisasi kebijakan bisa dorong digitalisasi

04:47:00 | 19 Jul 2024
Sentralisasi kebijakan bisa dorong digitalisasi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Sentralisasi kebijakan bisa menjadi opsi untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. Mempertimbangkan berbagai kompleksitas dan luasnya wilayah Indonesia, sentralisasi diharapkan bisa memotong proses koordinasi dan membuat proses dialog menjadi lebih konsisten. Salah satu yang bisa dijalankans ecara sentral adalah Digital Public Infrastructure (DPI).

Menurut Chief Operating Officer (COO) Think Policy, Prasetya Dwicahya, hal tersebut sudah menjadi tren. "Kita bisa lihat Malaysia dan Singapore sudah membuat satu kementerian yang mengurusi isu-isu digital. Kita dapat mempertimbangkan apakah sentralisasi juga bisa mendorong transformasi digital kita," katanya dalam diskusi panel DigiWeek 2024 yang berlangsung pada Senin lalu (15/07).

Menurutnya, upaya untuk mensentralkan kebijakan ini tidak lepas dari kompleksitas regulasi digital, yang melibatkan banyak kementerian/lembaga atau cross cutting. Upaya untuk mensentralkan kebijakan digital itu menjadi semakin dibutuhkan, dikarenakan banyak hal yang saling bersinggungan dan transformasi digital memang memerlukan upaya yang centralized.

Salah satu aspek yang prosesnya dapat dijalankan secara sentral adalah Digital Public Infrastructure (DPI) yang terkait dengan sistem pembayaran digital. Terdapat tiga aspek penting yang terkandung dalam DPI, yaitu digital identity, data exchange platform serta cross-cutting dan cross-sectoral yaitu digital payment.

Menurutnya, kalau sentralisasi ini sangat tergantung pada struktur masing-masing negara dan kelembagaannya.

Sedangkan, Deputi Ketenagalistrikan, Telekomunikasi dan Informatika Bappenas Taufik Hidayat Putra mengatakan, pemerintah sudah menyelesaikan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan akan segera ditetapkan jadi Undang-Undang. Bersumber dari visi Indonesia Emas, RPJPN juga mengatur mengenai transformasi digital dan diterjemahkan untuk mendorong Indonesia menjadi negara yang berkelanjutan dan global.

"Salah satu misi transformasi digital adalah mewujudkan transformasi ekonomi yaitu bagaimana bisa mengeluarkan Indonesia dari middle income trap yang sudah berlangsung selama puluhan tahun," jelasnya.

Indonesia sudah masuk kembali ke upper middle income country. Ke depannya, transformasi digital ditargetkan bisa menempatkan Indonesia pada pertumbuhan ekonomi dengan rata-rata 7 persen dan masuk ke dalam lima negara dengan PDB terbesar.

Beberapa indikator utama yang ingin dicapai di dalam indeks daya saing digital Indonesia adalah, menghasilkan talenta digital, memperkuat aspek penguasaan teknologi dan memperkuat keamanancyber.

Ketimpangan digital atau digital divide yang dapat diminimalisir dengan mengupayakan beberapa hal, seperti pembangunan infrastruktur nasional yang berkualitas tinggi, memastikan semua penduduk bisa mengakses layanan digital yang merata, membentuk dan menghasilkan talenta digital yang berkualitas, memperkuat keamanan digital yang kuat dan menciptakan ekosistem digital yang suportif terhadap kalangan bisnis. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi