telkomsel halo

Platform Edge AI milik NTT Data bisa percepat konvergensi IT

08:11:00 | 25 Jul 2024
Platform Edge AI milik NTT Data bisa percepat konvergensi IT
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan penyedia infrastruktur dan layanan TI terdepan, NTT DATA meluncurkan platform Edge AI baru untuk mempercepat konvergensi IT/OT dengan membawa pemrosesan AI ke edge. Solusi terkelola ini memproses data di tempat data dihasilkan dan menyatukan perangkat IoT, sistem, dan data yang beragam. Hasilnya adalah keputusan real-time, efisiensi operasional yang lebih baik, dan penerapan aplikasi AI yang aman di berbagai industri, mendukung teknologi Industri 4.0 yang canggih.

Meskipun teknologi GenAI dan Large Language Models (LLM) sedang menjadi sorotan, teknologi ini belum secara langsung memberikan pengaruh untuk industri yang memerlukan pengambilan keputusan cepat dan real-time. Solusi Edge AI dari NTT DATA mengatasi kebutuhan ini dengan memproses set data besar pada platform komputasi ringkas, menggunakan model pembelajaran mesin yang lebih kecil dan efisien untuk memberikan wawasan AI real-time.

Edge AI dari NTT DATA adalah platform layanan terkelola yang menyediakan semua sistem, alat, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk AI di edge. Platform ini menangani penemuan, pengumpulan, dan integrasi data, daya komputasi, konektivitas, serta manajemen model AI.

Didukung oleh konsultan data scientist NTT, layanan terkelola, dan sumber daya teknis global NTT DATA, platform Edge AI mengatasi masalah IoT dan memenuhi kebutuhan infrastruktur AI. Platform ini secara otomatis menemukan, menyatukan, dan memproses data dari perangkat IoT dan aset TI di seluruh organisasi, serta menyederhanakan penerapan dan manajemen AI.

Dirancang untuk kebutuhan industri tertentu, platform Edge AI menggunakan model AI yang lebih ringan dan hemat biaya sehingga dapat berfungsi dalam perangkat komputasi kecil. Edge AI menangani tugas-tugas spesifik seperti keamanan atau efisiensi operasional dengan mengumpulkan data dari berbagai perangkat di jaringan, memungkinkan pemrosesan dan analisis data secara instan dan aman.

Operasi manufaktur dapat memanfaatkan pemeliharaan prediktif yang lebih baik dengan mengakses data IT/OT dari sensor, mesin, kamera, dan aplikasi perencanaan, serta mengatasi kegagalan. Selain itu, Edge AI dari NTT DATA dapat memantau dan mengoptimalkan konsumsi energi secara real-time, memprediksi lonjakan energi, dan mengoptimalkan penggunaan mesin, sehingga mengurangi biaya dan emisi CO2 dengan energi terbarukan.

Menurut Group Executive Vice President of Edge Services at NTT DATA, Shahid Ahmed, platform Edge AI kami merupakan kemajuan besar dalam penerapan AI di edge dengan cara yang aman dan hemat biaya.

"Dengan menyelaraskan data dari berbagai sensor dan perangkat dengan model AI ringan, yang mendukung berbagai kasus penggunaan otomatisasi, Edge AI dari NTT DATA memelopori adopsi AI di industri sebagai penawaran terkelola penuh pertama, membantu organisasi memodernisasi dengan solusi yang disesuaikan untuk kebutuhan industri yang spesifik," jelasnya.

Data IDC, pengeluaran global untuk komputasi edge diperkirakan mencapai USD 232 miliar pada tahun 2024, naik 15% dibandingkan tahun 2023. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan jumlah perangkat IoT yang terhubung di seluruh dunia, yang diperkirakan akan melebihi 41 miliar pada tahun 2025.

NTT DATA siap meraih pangsa pasar yang besar melalui bisnis konsultasi dan layanan IoT-nya, yang melibatkan 1.000 pakar industri. Mereka menangani ratusan kasus penggunaan seperti pemeliharaan prediktif, manajemen armada, pabrik terhubung, pemantauan konsumsi energi, dan keberlanjutan. Selain itu, mereka telah melatih lebih dari 500 ahli penjualan di seluruh dunia untuk mempercepat pemasaran Edge AI mereka.

Pendekatan penerapan Edge AI dari NTT DATA memungkinkan klien untuk mendapatkan penemuan dan diagnostik gratis selama 30 hari untuk lingkungan IT dan OT mereka. Perangkat lunak ini otomatis menemukan aset menggunakan perpustakaan antarmuka OT yang luas. Setelah tahap awal, perangkat lunak Edge AI menghasilkan laporan diagnostik lengkap yang mencakup inventaris aset, aliran data, serta identifikasi risiko keamanan dan kerentanan.

Sementara, Associate Vice President, Telco Mobility & IoT Research, IDC Europe, Alejandro Cadenas, tantangan utama bagi perusahaan adalah menangkap dan mengumpulkan data operasional secara andal di seluruh perangkat, platform, dan sumber data yang terfragmentasi, serta mengubahnya menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

"Edge AI ultralight dari NTT DATA mengatasi masalah ini dan mempermudah penerapan serta adopsi strategi berbasis data, mengurangi risiko dan waktu, serta mengoptimalkan biaya dan nilai total untuk perusahaan," katanya.

Layanan terkelola NTT DATA untuk Edge AI menawarkan pandangan dan manajemen terpadu atas perangkat, sensor, dan aset. Dengan dukungan ahli dan teknologi canggih, NTT DATA membantu bisnis menyederhanakan proses yang kompleks, menghemat biaya, meningkatkan kinerja, dan mempercepat transformasi digital.

Sebagai platform konvergensi IT/OT terkelola penuh pertama di industri, Edge AI mengubah aset fisik menjadi aset perangkat lunak untuk wawasan berbasis data, tanpa memperhatikan produsennya. Beroperasi di edge, layanan terkelola ini mengintegrasikan aset OT dengan aplikasi TI untuk meningkatkan efisiensi operasional. Edge AI juga memberikan tampilan versi firmware dari semua perangkat yang terhubung untuk mendukung pemutakhiran keamanan dan kerentanan perangkat.

Diungkapkan Analis Utama Jaringan Pribadi Omdia, Pablo Tomasi, komputasi dan AI harus diterapkan di tempat yang memberikan nilai paling besar bagi perusahaan. Bagi banyak perusahaan industri, itu merupakan sumber data dihasilkan. Dengan menyerap data IT dan OT serta memanfaatkan model AI untuk hasil yang spesifik, solusi NTT DATA semakin mendekati visi industri 4.0.

"Selain itu, penggunaan model AI kecil yang spesifik tugas akan membantu mempermudah adopsi AI oleh perusahaan, memungkinkan penerapan AI di lokasi dan waktu yang dibutuhkan, tanpa harus merombak seluruh infrastruktur mereka," ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi