telkomsel halo

Gen AI berikan peluang besar bagi dunia bisnis

09:35:14 | 26 Aug 2024
Gen AI berikan peluang besar bagi dunia bisnis
JAKARTA (IndoTelko) PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) kembali mengadakan Metrodata Solution Day ("MSD") 2024 di Shangri-La Hotels Jakarta.

Tahun ini, MSD mengusung tema "AI Reimagined: Transforming the Future of Work", yang menyoroti pentingnya teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi di dunia bisnis. Ini merupakan tahun penyelenggaraan MSD ke- 19.

AI khususnya Generative AI (Gen AI) membuka peluang besar bagi dunia bisnis. Potensi manfaat yang ditawarkan oleh Gen AI meliputi penghematan biaya, peningkatan produktivitas, hingga peluang baru untuk inovasi bisnis.

Sejumlah nilai manfaat utama Generative AI (Gen AI) meliputi produksi konten pemasaran dapat dihasilkan secara otomatis, desain produk bisa dioptimalkan dengan cepat, proses kerja rutin dapat diautomasi, analisis data dapat dilakukan dengan presisi tinggi, hingga menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal.

Di Indonesia, penggunaan AI masih berada pada tahap awal adopsi. Ini merupakan peluang bagi organisasi bisnis untuk beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk tetap berdaya saing.

Metrodata melalui Solusi 8 Pilar, meliputi Business Application, Cloud Services, Consulting & Advisory Services, Cybersecurity, Data & AI, Digital Business Platform, Hybrid IT Infrastructure, dan Managed Services; merupakan mitra utama pelaku bisnis Indonesia di lintas industri, dalam membantu proses dan perjalanan transformasi digital perusahaan untuk semakin produktif dan berdaya saing.

“Dalam dunia yang terus berkembang, kita perlu beradaptasi dan merangkul perubahan untuk tetap relevan dan bertahan di pasar. AI bukanlah sesuatu yang harus dihindari, tetapi justru menjadi bagian integral dari strategi bisnis kita. Di MSD, kami menawarkan berbagai wawasan adopsi teknologi AI yang dirancang untuk membantu bisnis berinovasi dan berkembang di era digital ini. Seperti biasa, MSD hadir dengan tema-tema yang akan menjadi tren di masa depan, dan tahun ini kami fokus pada bagaimana AI mengubah cara bisnis beroperasi, berinovasi, dan berinteraksi dengan pelanggan," kata Presiden Direktur Metrodata Electronics Susanto Djaja.

Partner Development Director Microsoft ASEAN Gerald Leo mengungkapkan merujuk kepada laporan Work Trend Index 2024 yang Microsoft keluarkan bersama LinkedIn, sebanyak 92% karyawan kantoran di Indonesia sudah menggunakan generative AI di tempat kerja.

Antusiasme ini disambut baik oleh 92% pemimpin bisnis tanah air, yang mengakui pentingnya AI untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Meski demikian, 48% dari para pemimpin masih memerlukan visi dan rencana yang jelas untuk penerapan AI di organisasi mereka masing-masing.

"Melalui MSD, Microsoft dan Metrodata berupaya membantu organisasi untuk merumuskan visi dan rencana tersebut, dengan merealisasikan empat peluang transformasi AI. Mulai dari memperkaya pengalaman karyawan, merevolusi hubungan pelanggan, menata ulang proses bisnis, hingga menyederhanakan kurva untuk berinovasi. Semua ini kami hadirkan melalui inisiatif Mitra Integrasi Informatika - Artificial Intelligence (MIAI) yang telah MII luncurkan sejak Maret lalu,” ujarnya.

Country Director Indonesia, Google Cloud. Fanly Tanto menambahkan momen yang ditunggu-tunggu telah tiba untuk AI generatif dalam perusahaan, dan kami melihat semakin banyak pelanggan yang bergerak dari tahap eksperimen ke produksi hingga produksi skala besar.

"Bersama dengan para pemimpin industri seperti Metrodata, Google Cloud bekerja dengan organisasi dari berbagai ukuran untuk membantu mereka berinovasi dengan kekuatan AI, secara aman dan bertanggung jawab, sehingga mereka dapat membuka peluang untuk pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan,” katanya.

Sementara Area Vice President, Asia, Confluent Rully Moulany menngungkapkan data streaming adalah teknologi dasar untuk masa depan AI. Teknologi ini merevolusi masa depan pekerjaan dengan meningkatkan kelincahan bisnis, mengurangi biaya dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

"Aplikasi AI modern membutuhkan data dari berbagai sumber untuk disatukan dengan mulus demi mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang mendorong inovasi dan efisiensi operasional. Platform data streaming Confluent membantu memenuhi kebutuhan ini dengan menyediakan aliran data real-time yang kontekstual, dapat dipercaya dan dalam format yang tepat untuk digunakan dalam aplikasi AI. Kami bangga dapat bermitra dengan Metrodata untuk membantu mewujudkan masa depan AI dan membuka potensi penuh dari AI untuk bisnis di Indonesia,” ujarnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year