telkomsel halo

Cloudera kantongi kepatuhan level 1 standar keamanan data kartu pembayaran

11:13:00 | 26 Aug 2024
Cloudera kantongi kepatuhan level 1 standar keamanan data kartu pembayaran
SANTA CLARA (IndoTelko) - Cloudera mengumumkan telah mencapai kepatuhan Level 1 terhadap Standar Keamanan Data (DSS) Industri Kartu Pembayaran (PCI) untuk Penyedia Layanan.

Sertifikasi ini menunjukkan komitmen Cloudera terhadap keamanan siber dan kepatuhan dalam misinya membantu lembaga keuangan membuka nilai bisnis dari AI. Dengan pencapaian ini, Platform as a Service (PaaS) dan Private Cloud (PVC) Cloudera telah memenuhi standar PCI DSS v4.0, yakni versi utama dan terbaru dari kerangka kerja ini.

Standar PCI DSS menetapkan pengawasan dan proses keamanan yang ketat untuk lembaga yang terlibat dalam ekosistem pembayaran, maupun persyaratan bagi pengembang dan penyedia solusi untuk membuat dan mengelola perangkat, perangkat lunak, dan solusi pembayaran dengan aman bagi industri pembayaran.

Seiring meningkatnya e-commerce yang dengan cepat telah menambah jumlah data yang dikelola lembaga keuangan, data tersebut semakin perlu dilindungi. Menurut Laporan Stabilitas Keuangan Global Tahun 2024 dari Dana Moneter Internasional, seperlima dari target semua serangan siber tertuju pada sektor keuangan.

Dan penyebab utama risiko ini adalah karena sektor keuangan tergantung pada penyedia TI pihak ketiga. Sertifikasi dengan standar keamanan terbaru untuk PCI membuktikan kemampuan Cloudera yang cepat beradaptasi dengan persyaratan keamanan sektor keuangan terbaru, di mana ancaman terus berkembang dan semakin canggih.

AI juga telah mengubah sektor keuangan dalam beberapa tahun terakhir, di mana lembaga keuangan menggunakan asisten virtual, membuat data sintetis untuk pelatihan model, membuat laporan penelitian dan ringkasan investasi, dan memanfaatkan machine learning untuk mendeteksi penipuan. Sebagai vendor untuk delapan dari 10 bank global teratas, Cloudera membantu lembaga keuangan memanfaatkan kekuatan AI dan AI Generatif sekaligus mengatasi risiko terkait, sehingga menciptakan lingkungan yang aman untuk mengelola sejumlah besar volume data yang diperlukan guna melatih model AI.

"Industri jasa keuangan sedang mengalami transformasi digital yang signifikan, dan kemampuan bekerja sama dengan penyedia solusi pihak ketiga yang tepercaya sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan. Lembaga keuangan dapat melihat kepatuhan terhadap kerangka kerja yang ketat, misalnya PCI DSS 4.0, sebagai indikator bahwa mitra yang mereka pilih untuk bekerja sama mampu mengatasi kompleksitas data mereka secara aman dan akan berkembang di masa depan yang didukung AI," kata analis industri Sanjeev Mohan.

Chief Information Security Officer Cloudera Natalia Belaya mengatakan pencapaian Cloudera dalam mendapatkan sertifikasi ini membuktikan komitmen terhadap pelanggan sektor keuangan.

"Kami berusaha keras menyediakan dan memelihara platform yang aman dan tepercaya untuk mendukung para pelanggan dengan inisiatif data yang terus berkembang dan memampukan mereka membuka nilai lebih besar dari AI," katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year