telkomsel halo

Ini 5 kursus GenAI terpopuler ala Coursera

07:16:49 | 28 Aug 2024
Ini 5 kursus GenAI terpopuler ala Coursera
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - AI Generatif (GenAI) tidak akan mengambil alih pekerjaan. Namun, pekerja yang tidak memanfaatkan AI bisa saja digantikan oleh mereka yang menguasai teknologi ini. Perubahan ini sudah terlihat di pasar kerja Indonesia, di mana keterampilan AI semakin penting.

Laporan dari AWS dan Access Partnership mengungkapkan bahwa pemberi kerja di Indonesia bersedia membayar 36% lebih tinggi untuk karyawan dengan keahlian AI, namun, 69% dari mereka kesulitan menemukan kandidat yang tepat. Laporan dari Microsoft juga menunjukkan bahwa 76% pemimpin di Indonesia lebih memilih kandidat dengan keterampilan AI, meskipun kurang berpengalaman, daripada profesional berpengalaman yang tidak memiliki keterampilan ini. Selain itu, 76% menyatakan tidak akan mempekerjakan seseorang tanpa kemampuan AI.

Seiring dengan perkembangan revolusi GenAI, standar baru untuk keterampilan dan kompetensi semakin berkembang. Hal ini menjadikan keterampilan AI semakin penting, tidak hanya untuk pekerjaan di bidang teknologi, namun juga di berbagai industri dan fungsi pekerjaan.

Menguasai keterampilan AI dapat secara signifikan meningkatkan karir dengan mendorong produktivitas, inovasi, dan memberikan keunggulan kompetitif yang menjadi kunci untuk tetap relevan dan sukses di masa depan, di mana integrasi AI akan menjadi semakin umum.

Menurut data di Coursera, Indonesia merupakan negara ketiga dengan tingkat pendaftaran kursus GenAI tertinggi di Asia Tenggara. Pendaftaran meningkat sebesar 1.158% dari tahun ke tahun (YoY), dibandingkan dengan peningkatan YoY global sebesar 1.060%.

Berikut ini, lima kursus AI terpopuler yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia :

1. Generative AI for Everyone by DeepLearning.AI

Kursus tingkat pemula yang tersedia dalam Bahasa Indonesia ini diajarkan oleh pakar AI terkenal, Andrew Ng. Dirancang khusus untuk mengenalkan dasar-dasar GenAI, kursus ini menyederhanakan konsep-konsep yang kompleks agar lebih mudah dipahami. Peserta akan mempelajari cara kerja model generatif, aplikasi dalam pembuatan teks dan gambar, serta batasan-batasannya.

Tanpa memerlukan pengetahuan teknis sebelumnya, kursus ini ideal bagi siapa saja yang ingin mengeksplorasi potensi teknologi ini di berbagai bidang dan memahami dampaknya pada bisnis dan masyarakat, termasuk risiko dan penggunaan yang bertanggung jawab.

2. Introduction to Generative AI by Google Cloud

Dalam kursus pengantar berdurasi satu jam ini, tersedia dalam Bahasa Indonesia, dirancang untuk menjelaskan apa itu GenAI, aplikasinya, dan bagaimana perbedaannya dengan metode pembelajaran mesin tradisional. Kursus ini juga mencakup Google Tools yang akan membantu Anda mengembangkan aplikasi GenAI sendiri.

Sebagai bagian dari “Introduction to Generative AI Learning Path Specialization,” kursus ini memungkinkan pembelajar untuk memperdalam pengetahuan untuk menguasai model bahasa besar (LLMs), mengeksplorasi berbagai aplikasinya, serta memahami pertimbangan etis yang penting untuk pengembangan dan penerapan AI yang bertanggung jawab.

3. Prompt Engineering for ChatGPT by Vanderbilt University

Kursus ini berfokus pada cara mengoptimalkan interaksi dengan model AI seperti ChatGPT. Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari teknik-teknik untuk membuat prompt yang efektif, sehingga mampu mengarahkan respons AI dan meningkatkan hasil di berbagai aplikasi.

Kursus ini sangat cocok bagi pembelajar yang ingin meningkatkan keterampilan komunikasi yang berbasis model percakapan dengan AI. Kursus ini juga telah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Keterangan gambar: 5 Kursus GenAI terpopuler yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia

4. Generative AI for Leaders by Vanderbilt University

Kursus ini dirancang untuk memberikan pemahaman strategis tentang GenAI dan dampaknya terhadap organisasi kepada para pemimpin bisnis dan pengambil keputusan. Tersedia dalam Bahasa Indonesia, kursus ini mengeksplorasi bagaimana teknologi ini dapat mendorong inovasi, meningkatkan operasional bisnis, membantu mendapatkan keunggulan kompetitif, dan menciptakan peluang baru di berbagai industri. Kursus ini juga membahas pertimbangan etis dan tata kelola, membantu para pemimpin membuat keputusan yang terinformasi tentang penerapan AI di organisasi mereka.

5. Generative AI with Large Language Models by DeepLearning.AI and Amazon Web Services

Kursus level intermediate yang juga tersedia dalam Bahasa Indonesia, memberikan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar generative AI dengan model bahasa besar (LLMs), mencakup seluruh siklus hidup AI dari pengumpulan data hingga penerapan. Pembelajar akan mempelajari arsitektur transformer, teknik fine-tuning, dan hukum scaling empiris untuk mengoptimalkan kinerja model.

Kursus ini juga menawarkan alat dan metode praktis untuk melatih dan menerapkan LLMs, serta membahas dampak bisnis generative AI. Pengalaman dalam Python dan konsep dasar pembelajaran mesin direkomendasikan untuk memaksimalkan manfaat dari kursus ini.

Peningkatan yang signifikan dalam pendaftaran kursus GenAI di Indonesia menunjukkan komitmen di tingkat nasional untuk menyambut masa depan dunia kerja. Tren yang didorong oleh upaya individu dan organisasi ini, mencerminkan kemajuan Indonesia dalam revolusi AI dan kesiapan untuk memanfaatkan teknologi ini. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year