telkomsel halo

Industri keuangan tengah transformasi infrastruktur teknologi informasi

05:30:00 | 08 Sep 2024
Industri keuangan tengah transformasi infrastruktur teknologi informasi
JAKARTA (IndoTelko) - Industri keuangan saat ini sedang mengalami perubahan besar dalam layanan dan infrastruktur, didorong oleh kebutuhan yang semakin besar akan layanan keuangan masa depan yang dipicu oleh inovasi sosial global.

Demikian salah satu temuan dari makalah berjudul "Infrastruktur Layanan untuk Industri Keuangan" yang diterbitkan oleh Innovative Optical and Wireless Network (IOWN) Global Forum (IOWN-GF). Makalah ini didukung MUFG Bank, Ltd. (MUFG) dan NTT DATA.

Dokumen penting ini menjelaskan bagaimana institusi keuangan dapat memanfaatkan teknologi generasi berikutnya untuk meningkatkan layanan digital mereka.

"Industri keuangan saat ini sedang mengalami perubahan besar dalam layanan dan infrastruktur, didorong oleh kebutuhan yang semakin besar akan layanan keuangan masa depan yang dipicu oleh inovasi sosial global. Kerja sama kami dengan MUFG bertujuan untuk mewujudkan visi ini melalui teknologi IOWN," kata Kepala Pusat Teknologi dan Inovasi NTT DATA Hidehiko Tanaka.

MUFG bergabung dengan IOWN-GF pada Oktober 2021 dan sejak saat itu telah menjajaki penerapan infrastruktur komunikasi generasi baru IOWN pada sistem keuangan serta potensinya untuk mengubah semua industri. Pada Oktober 2023, MUFG Bank bersama NTT DATA membentuk tim ahli dalam IOWN-GF untuk menjelaskan potensi transformasi teknologi IOWN pada arsitektur sistem keuangan dan terlibat dalam pengembangan kasus penggunaan awal.

Melalui tim ahli ini, MUFG dan NTT DATA telah mengidentifikasi tantangan dan kebutuhan umum pada sistem teknologi informasi dan komunikasi untuk industri keuangan, mengevaluasi pendekatan penyelesaian dengan menerapkan teknologi IOWN, serta menilai validitasnya. Hasilnya dirangkum dalam makalah baru ini.

Sektor jasa keuangan berada di garis depan transformasi digital dan menghadapi tantangan unik seperti keterbatasan kinerja, kepatuhan terhadap regulasi, serta kebutuhan akan layanan yang andal dan tahan lama. Saat institusi keuangan di seluruh dunia berupaya mengatasi tantangan ini, peluang baru muncul untuk berinovasi dalam infrastruktur dan model layanan.

Keandalan tinggi, ketahanan terhadap bencana, kinerja canggih, dan keamanan sangat dibutuhkan untuk menyediakan layanan keuangan yang stabil di segala situasi. Salah satu strategi masa depan untuk konfigurasi sistem keuangan adalah menggunakan pusat data yang tersebar secara geografis untuk mempertahankan ketahanan sistem secara keseluruhan.

Makalah terbaru dari IOWN-GF menyoroti bagaimana teknologi IOWN dapat menjawab tantangan utama sektor keuangan dalam transformasi digital. Secara khusus, makalah ini membahas dan menggambarkan desain beberapa pusat data menggunakan teknologi IOWN serta pengembangan model proof-o

Makalah ini adalah langkah awal untuk melibatkan pengguna awal di industri keuangan, serta menguraikan bagaimana teknologi IOWN GF dapat mendorong layanan transformasional dengan kelincahan dan kemampuan pemulihan bencana yang lebih baik. Makalah ini menjelaskan Langkah 1 dan Langkah 2 dari tujuan tersebut. MUFG dan NTT DATA, sebagai koordinator IOWN-GF, akan terus mengembangkan langkah-langkah berikutnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year