telkomsel halo

Palo Alto Networks akuisisi aset SaaS IBM QRadar

05:52:00 | 12 Sep 2024
Palo Alto Networks akuisisi aset SaaS IBM QRadar
JAKARTA (IndoTelko) - Pemimpin keamanan siber global, Palo Alto Networks mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan proses akuisisi sejumlah aset Software as a Service (SaaS) QRadar milik IBM. Akuisisi ini memperkuat komitmen Palo Alto Networks dan IBM dalam meningkatkan keamanan para pelanggan dengan pencegahan ancaman yang terbaik di kelasnya untuk mengatasi berbagai attack surface yang terus berkembang dengan pendekatan platform lengkap yang diperlukan untuk menyederhanakan operasi keamanan.

Platform Cortex XSIAM® yang didukung Precision AI™ Palo Alto Networks ini memusatkan kemampuan operasi data dan keamanan yang mencakup SIEM, SOAR, ASM, dan XDR dalam satu platform, demi menyederhanakan operasional keamanan secara signifikan dan mencegah ancaman dalam skala besar.

Palo Alto Networks dan IBM sebagai penyedia layanan keamanan siber terkelola (managed security services provider) pilihan, bekerjasama membantu pelanggan global di berbagai industri memanfaatkan peluang untuk beralih dari QRadar ke Cortex XSIAM dengan lancar. Pelanggan yang memenuhi syarat bisa mengakses layanan migrasi tanpa biaya ini melalui IBM Consulting.

IBM untuk kebutuhan internal telah menggunakan platform keamanan Palo Alto Networks dengan Cortex XSIAM untuk operasi keamanan tingkat lanjut, bersamaan dengan penggunaan Prisma SASE 3.0 untuk keamanan jaringan zero-trust yang melindungi lebih dari 250.000 tenaga kerjanya di seluruh dunia. Penerapan teknologi unggulan secara internal oleh IBM ini merupakan contoh manfaat yang bisa didapatkan pelanggan dari penggunaan produk-produk secara efisien dari portofolio produk Palo Alto Networks. Sejalan dengan implementasi tersebut, Palo Alto Networks juga akan menerapkan solusi IBM, seperti penggunaan AI watsonx dan platform data, untuk mendorong kemampuan AI dan otomatisasi lainnya.

Menurut Chairman dan CEO Palo Alto Networks, Nikesh Arora, pihaknya memiliki misi untuk mendukung transformasi operasi keamanan siber para pelanggan dengan mengoptimalkan potensi platform yang didukung Precision AI, demi memaksimalkan perlindungan terhadap bisnis mereka. "Kemitraan kami dengan IBM memperkuat komitmen terhadap inovasi dan keyakinan akan manfaat luar biasa bagi pelanggan QRadar yang mengadopsi Cortex XSIAM. Hal ini memungkinkan penyediaan platform keamanan berbasis data yang tangguh, serta menawarkan efisiensi dan efektivitas yang transformatif dalam pertahanan ancaman siber yang terus berkembang," jelasnya.

Sementara, Chairman dan CEO IBM, Arvind Krishna mengungkapkan, IBM dan Palo Alto Networks bersama-sama membangun masa depan keamanan siber bagi para pelanggannya dan industri secara luas. Kemitraan dengan Palo Alto Networks akan memberikan keuntungan strategis bagi IBM, karena memungkinkan kerja sama dalam hal perlindungan dari ancaman, respon terhadap ancaman, dan operasi keamanan yang menggunakan Cortex XSIAM dan watsonx, yang didukung oleh IBM Consulting.

"Sejalan dengan hal ini, IBM juga akan terus berinovasi untuk membantu mengamankan hybrid cloud environments dan inisiatif AI milik organisasi dengan memfokuskan investasi kami pada keamanan data dan teknologi manajemen identitas dan akses," ujarnya.

Sedangkan, Principal Cybersecurity Analyst Enterprise Strategy Group, Dave Gruber menjelaskan, vendor seperti Palo Alto Networks menyediakan kemampuan operasi keamanan siber terpadu siap pakai dan out-of-the-box, yang memungkinkan tim untuk mempercepat hasil yang lebih baik, sekaligus mengurangi kerumitan dalam pengelolaan kumpulan teknologi keamanan yang berbeda-beda. "Dengan rampungnya akuisisi sejumlah aset Q-Radar oleh Palo Alto Networks, para pelanggan QRadar kini bisa dengan mudah memodernisasi operasi keamanan mereka dengan menggunakan XSIAM,” katanya.

Berikut manfaat yang bisa dirasakan pelanggan :

1. Migrasi Tanpa Hambatan

Palo Alto Networks, bersama IBM Consulting dan tim ahli keamanannya, menawarkan layanan migrasi gratis kepada pelanggan yang memenuhi syarat. Manfaat ini memastikan transisi yang baik ke platform Cortex XSIAM dengan tetap mempertahankan best practices dan kapasitas yang dimiliki.

2. Peningkatan Operasi Keamanan

Cortex XSIAM mengintegrasikan beberapa tools SOC ke dalam platform yang telah dilengkapi Precision AI, sehingga dapat melampaui kemampuan SIEM untuk menyediakan fungsionalitas yang komprehensif, termasuk SOAR, ASM dan XDR, TIP, CDR, dan ITDR. Kemampuan otomatisasinya mampu mengurangi beban kerja manual SOC secara signifikan, sehingga memungkinkan respon ancaman yang lebih efektif.

3. Kemampuan Analisis dan Otomatisasi yang Canggih

Cortex XSIAM mengumpulkan, menormalisasi, dan menganalisis data keamanan secara near real-time dan secara otomatis mengkonsolidasi alert ke dalam incident prioritas tinggi dengan jumlah yang lebih rendah. Hal ini dimungkinkan karena adanya kemampuan analisis yang didukung Precision AI dan otomatisasi bawaan yang meningkatkan akurasi dan mengurangi incident yang memerlukan campur tangan manusia.

4. Dukungan Platform IBM Consulting

Palo Alto Networks dan IBM menawarkan pengalaman yang menyeluruh bagi pelanggan yang tertarik untuk mengadopsi platformisasi keamanan Palo Alto Networks. Saat ini, IBM juga sedang melatih lebih dari 1.000 konsultan terkait solusi keamanan Palo Alto Networks untuk membantu pelanggan mengoptimalkan manfaat dari platform network, cloud, dan operasi keamanannya.

5. Kelangsungan Pelanggan On-Premise

Pengguna QRadar yang ingin tetap menggunakan QRadar on-premise, akan tetap mendapatkan fitur dan dukungan IBM, termasuk seluruh fitur keamanan, perbaikan critical bug, pembaruan konektor yang ada serta perluasan penggunaannya. Pelanggan QRadar SaaS bisa tetap menggunakan layanan saat ini sehingga memastikan layanan dan dukungan pelanggan tanpa gangguan, sampai mereka siap untuk beralih menggunakan Cortex XSIAM. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year