telkomsel halo

Kota Brownsville gaet NTT DATA bangun smart city

07:31:00 | 18 Sep 2024
Kota Brownsville gaet NTT DATA bangun smart city
JAKARTA (IndoTelko) - Pemimpin global dalam bisnis digital dan layanan TI, NTT DATA, telah dipilih oleh Kota Brownsville, Texas, untuk mengimplementasikan Smart Solutions dan konektivitas nirkabel Private 5G (P5G) dari NTT DATA. Kota ini ingin meningkatkan layanan bagi warga, meningkatkan keamanan publik, mencapai keberlanjutan, dan mengelola pertumbuhan dengan lebih efektif melalui analisis data real-time dan AI yang didukung oleh jaringan nirkabel yang aman dan terintegrasi.

Dikatakan Wali Kota Brownsville, John Cowen, Jr., masa depan mulai terwujud di Brownsville hari ini saat ia bermitra dengan NTT DATA untuk menetapkan standar baru bagi kota yang cerdas, terhubung, dan berkelanjutan. “Tujuan akhir kami adalah menciptakan interaksi manusia-digital yang dapat memberikan layanan luar biasa kepada warga dan kualitas hidup yang tinggi,” jelasnya.

Ditambahkan ICMA-CM, AICP Manajer Kota Brownsville, Helen Ramirez, kemitraan antara Kota Brownsville dan NTT DATA untuk menerapkan jaringan Private 5G adalah langkah penting dalam mengubah kota kami menjadi pusat teknologi.

“Infrastruktur canggih ini akan meningkatkan konektivitas bagi penduduk dan bisnis, sekaligus menyelesaikan masalah kota. Ini juga akan menarik peluang dan inovasi baru ke Brownsville,” katanya.

Brownsville terus mengalami pertumbuhan yang signifikan berkat kualitas hidup yang tinggi, kompleks SpaceX Starbase yang berdekatan, fasilitas ekspor LNG Texas, dan Pelabuhan Brownsville yang berair dalam, serta Bandara Internasional Brownsville South Padre Island. Penyediaan kapabilitas digital canggih dan konektivitas nirkabel yang aman akan membantu kota ini memberikan manfaat optimal bagi warga dan bisnis sambil secara efektif membentuk pertumbuhan masa depan yang berkelanjutan.

Sementara, Chief Information Officer Brownsville, Jorge Cardenas mengungkapkan, saat Brownsville terus berkembang sebagai pusat teknologi terdepan, penerapan jaringan Private 5G bukan hanya menguntungkan—ini adalah suatu keharusan.

“Infrastruktur jaringan canggih ini akan memungkinkan konektivitas yang lebih cepat dan mendukung teknologi inovatif. Dengan berinvestasi dalam Private 5G, kami memastikan bahwa Brownsville tetap berada di garis depan kemajuan teknologi dan pengembangan ekonomi,” ujarnya.

Dijelaskan Chief Executive Officer, NTT DATA North America, Eric Clark, para pemimpin Brownsville telah menunjukkan visi yang luar biasa dalam menggunakan wawasan berbasis data untuk meningkatkan pengalaman warga dan meletakkan dasar untuk masa depan yang berkelanjutan.

“Kombinasi AI prediktif, analitik real-time, P5G, dan perangkat edge adalah pengubah permainan bagi komunitas dan industri yang mencari transformasi digital. Kami berharap dapat bermitra dengan kota ini dalam inovasi lebih lanjut yang menciptakan masa depan yang cerah dan sejahtera,” katanya.

Fase pertama dari solusi yang dikelola sepenuhnya oleh NTT DATA akan difokuskan pada pusat kota, termasuk empat taman umum, halaman Departemen Pekerjaan Umum, dan bandara. Kasus penggunaan awal antara lain :

    Infrastruktur Cerdas: Dalam beberapa tahap, NTT DATA akan memanfaatkan perangkat pengumpulan data baru dan yang sudah ada untuk membangun Internet of Things (IoT) di seluruh kota.

    Kota Terhubung: NTT DATA akan menerapkan jaringan P5G secara bertahap untuk menciptakan cakupan menyeluruh yang mendukung aset IoT dan kasus penggunaan dengan bandwidth tinggi di seluruh kota. P5G menciptakan jaringan konektif di mana Smart Solutions diterapkan.

    Keamanan dan keselamatan: Smart Solutions akan memberikan analisis data, prediksi, dan rekomendasi secara real-time. Wawasan ini akan membantu pejabat kota memantau dan mengelola area publik, taman, dan jalanan, serta mengidentifikasi dan menangani masalah keselamatan publik.

Pemasangan Jaringan Private 5G menandai kemajuan signifikan dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan publik di area komunitas utama. Dengan membangun cakupan P5G yang kuat di Dean Porter Park, Linear Park, St. Charles Park, dan Downtown Recreational Center, kota ini memastikan pelaksanaan strategi taman pintar untuk memantau tingkat kepadatan, mengelola kerumunan, dan meningkatkan keselamatan publik bagi semua penduduk dan pengunjung.

Smart Solutions NTT DATA akan mengumpulkan data yang dapat ditindaklanjuti dari ribuan aset kota baru dan yang sudah ada seperti visi komputer real-time, titik akses nirkabel, serta sensor optik, audio, dan gerakan. Smart Solutions akan menggunakan pembelajaran mesin dan analitik AI untuk menilai data real-time dan historis guna membantu pejabat kota menangani berbagai masalah dan mencapai tujuan yang bermanfaat luas dalam menjadi Kota Cerdas dan Terhubung.

NTT DATA juga bertugas untuk membangun dan mengelola jaringan Private 5G yang siap pakai, yang akan memberikan konektivitas lancar di seluruh kota dan mendukung Smart Solutions. Jalan tol nirkabel berkecepatan tinggi, bandwidth tinggi, dan latensi ultra rendah ini akan dengan cepat mengirimkan data di edge. Dengan menggunakan jaringan pribadi ini, kota juga akan mendapatkan manfaat dari peningkatan ekonomi dengan menghindari biaya data yang dikenakan oleh operator nirkabel tradisional. Jaringan P5G NTT DATA juga dapat fleksibel dan berkembang sesuai permintaan dan kasus penggunaan di masa depan. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year