telkomsel halo

Kinerja Lenovo moncer di Q4 2023, kuasai peluang AI hybrid

06:48:00 | 24 Jun 2024
Kinerja Lenovo moncer di Q4 2023, kuasai peluang AI hybrid
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Lenovo Group mengumumkan kinerja kuartal keempat dan setahun penuh untuk tahun fiskal 2023/24. Setelah melanjutkan pertumbuhan di Q3, Lenovo Group melaporkan pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun di semua grup bisnis di Q4, dengan pendapatan Grup meningkat hampir 10% dari tahun ke tahun menjadi US$13,8 miliar, laba bersih meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun menjadi US$248 juta, dan gabungan pendapatan non-PC mencapai titik tertinggi dalam sejarah yaitu 45%.

Kinerja Q4 Grup dan kinerja semester kedua secara keseluruhan menunjukkan bagaimana Lenovo telah menavigasi penurunan industri tahun lalu, menangkap peluang pertumbuhan luar biasa yang dihadirkan oleh AI, dan mempercepat momentum di seluruh bisnis. Pendapatan fiskal selama setahun adalah US$56,9 miliar, dan laba bersih sebesar US$1 miliar.

Dari semester kedua tahun fiskal, Lenovo mencapai pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun sebesar 6% dan margin bersih pulih dari penurunan dari tahun ke tahun di semester pertama sampai semester kedua. Lenovo Grup memimpin di era peluang AI dengan portofolio pocket-to-cloud, ekosistem dan kemitraan yang kuat, serta kemampuan AI yang lengkap.

Sejak mengumumkan strategi AI pada Oktober 2023 di acara tahunan Tech World, Lenovo telah meluncurkan gelombang pertama AI PC serta kemampuan AI yang mencakup perangkat pintar lainnya, infrastruktur pintar, serta solusi dan layanan. Grup ini mengharapkan AI PC - yang didefinisikan sebagai PC yang dilengkapi dengan agen AI pribadi berdasarkan interaksi alami, komputasi heterogen, basis pengetahuan pribadi, terhubung ke ekosistem aplikasi AI terbuka, dan dengan perlindungan privasi dan keamanan - untuk tumbuh dari posisi premium saat ini menjadi arus utama selama tiga tahun ke depan, mendorong siklus penyegaran baru untuk industri ini.

Hybrid AI juga mendorong permintaan yang lebih besar untuk infrastruktur AI dan pelanggan semakin banyak yang meminta solusi dan layanan AI yang disesuaikan, terutama konsultasi, desain, penerapan, dan pemeliharaan AI. Komitmen dan investasi Lenovo yang berkelanjutan dalam inovasi, yang berfokus pada teknologi utama AI dan komputasi, membantunya mewujudkan visinya "Smarter AI for All" dan memimpin lebih jauh di era AI. Pada tahun fiskal yang lalu, Grup mencapai rekor persentase tertinggi untuk jumlah karyawan R&D sebesar 26,2%, serta rasio biaya R&D terhadap pendapatan sebesar 3,6%.

Lenovo Grup terdorong oleh kinerja dan momentum di semester kedua tahun fiskal ini dan optimis dengan prospek tahun depan di mana mereka akan terus memimpin dalam bidang AI, berinvestasi dalam inovasi, dan memanfaatkan peluang baru yang dihadirkan oleh AI hybrid seiring dengan percepatan pertumbuhan dan peningkatan profitabilitas yang berkelanjutan di seluruh bisnisnya.

Selain itu, Dewan Direksi Lenovo mengumumkan dividen final sebesar 3,8 sen dolar AS atau 30,0 sen HK per saham untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2024.

Menurut Ketua dan CEO Lenovo, Yuanqing Yang, hasil kuartal keempat Lenovo dengan jelas menunjukkan bahwa pihaknya tidak hanya melanjutkan pertumbuhan di seluruh bisnis Lenovo, tetapi juga momentum bisnis Lenovo semakin cepat, didorong oleh peluang baru yang dibawa oleh AI hybrid.

"Didorong oleh strategi transformasi cerdas kami dan investasi bertahun-tahun dalam inovasi, kami telah membangun kemampuan AI yang lengkap dan berada di garis depan dalam mempelopori pasar AI PC yang revolusioner. Visi kami di era AI adalah Smarter AI for All. Didukung oleh eksekusi yang kuat, inovasi yang gigih, keunggulan operasional, dan kemitraan ekosistem, kami yakin dapat memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan profitabilitas di tahun mendatang," jelasnya.

Berikut kinerja Q4 dan setahun penuh FY23/24 Lenovo Group :

    Memperkuat posisi SSG sebagai mesin pertumbuhan dan kontributor laba dengan menghasilkan pertumbuhan pendapatan lebih dari 10% dari tahun ke tahun menjadi US$1,8 miliar, dan profitabilitas yang tinggi dengan marjin operasi melebihi 21% - pertumbuhan pendapatan dan marjin operasi dua digit selama 12 kuartal berturut-turut. Pendapatan untuk tahun fiskal penuh adalah US$7,5 miliar, tumbuh sebesar 12% dari tahun ke tahun dan marjin operasi hampir 21%.

    Bauran pendapatan Managed Services dan Project and Solutions Services tumbuh lima poin dari tahun ke tahun, kini menyumbang 55% dari total bisnis SSG pada kuartal tersebut.

    Penawaran utama seperti Digital Workplace Solutions dan TruScale untuk Hybrid Cloud telah menghasilkan pertumbuhan yang pesat. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year