telkomsel halo

Covestro dan Alibaba Cloud siapkan solusi penelusuran karbon

04:44:00 | 25 Jun 2024
Covestro dan Alibaba Cloud siapkan solusi penelusuran karbon
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Mengukur pemanfaatan bahan berkelanjutan dan data jejak karbon yang terkait di sepanjang rantai pasokan semakin menjadi perhatian, karena meningkatnya ekspektasi konsumen dan persyaratan regulasi. Oleh karena itu, selain kolaborasi erat di seluruh value chain, ketersediaan alat penelurusan juga sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan secara maksimal.

Produsen material Covestro menjawab kebutuhan ini lewat kemitraan dengan Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group. Bersama-sama, Covestro dan Alibaba Cloud akan menyediakan solusi dan perangkat penting bagi industri hilir yang dimulai dari Asia, untuk meningkatkan transparansi rantai pasokan melalui perhitungan dan penelusuran karbon bahan berkelanjutan.

Dalam kemitraan ini, salah satu peranan penting Covestro adalah sebagai penyedia solusi plastik yang lebih berkelanjutan, beserta data jejak karbonnya. Di sisi lain, Alibaba Cloud Energy Expert, sebuah platform keberlanjutan yang ditenagai AI, berperan dalam mewujudkan perhitungan emisi sepanjang siklus hidup bahan daur ulang hingga menjadi produk akhir untuk konsumen dengan memanfaatkan teknologi digital seperti blockchain. Platform ini juga menyediakan solusi end-to-end bagi perusahaan industri untuk mengukur dan mengoptimalkan jejak karbon mereka di seluruh siklus produksi.

Dikatakan Global Head of Engineering Plastics Business Entity, Covestro, Lily Wang, sebagai pemimpin global dalam inovasi bahan berkelanjutan, Covestro berkomitmen mendorong sirkularitas dan netralitas iklim. Kolaborasinya dengan Alibaba Cloud menandai tonggak penting dalam perjalanan kami menuju masa depan yang sirkular dan beriklim netral.

"Dengan hadirnya solusi bersama ini, kami bisa mendukung para pelanggan meningkatkan transparansi rantai pasokan sambil membangun kepercayaan di antara konsumen yang peduli lingkungan, sehingga mendorong industri menuju masa depan yang lebih hijau," katanya.

Sementara, Vice President Alibaba Cloud Intelligence, William Xiong mengungkapkan rasa bangganya dapat bermitra dengan Covestro dalam mempelopori Solusi berkelanjutan yang mendorong dampak positif terhadap lingkungan.

"Dengan memanfaatkan infrastruktur cloud kami yang canggih dan keahlian dalam teknologi keberlanjutan, mitra value chain kami bisa menelusuri bahan-bahan dengan transparansi dan efisiensi yang lebih baik, serta mengoptimalkan jejak karbon mereka untuk mencapai target keberlanjutan. Kemitraan ini menunjukkan kekuatan transformatif teknologi dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan," jelasnya.

Solusi bersama dari hasil kolaborasi Covestro dan Alibaba Group telah diimplementasikan di sektor produk konsumen. Sebagai contoh, Covestro bekerja sama dengan produsen minuman terkemuka di China, Nongfu Spring, untuk mendaur ulang 19 liter barel air menjadi polikarbonat daur ulang pasca-konsumen. Bahan tersebut kemudian digunakan oleh KACO, merek alat tulis khusus di China, untuk memproduksi pulpen.

Melalui alat perhitungan emisi karbon dan alat digital dari Alibaba Cloud Energy Expert, konsumen dapat memindai kode QR pada kemasan pulpen untuk menelusuri asal bahan, melihat rincian jejak karbon di setiap tahap dalam rantai produksi, dan jumlah emisi karbon yang dipotong dibandingkan dengan bahan asli. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year