telkomsel halo

NTT DATA pamer teknologi AI dan 5G pada The 152nd Open

04:49:00 | 04 Jul 2024
NTT DATA pamer teknologi AI dan 5G pada The 152nd Open
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Penyedia bisnis digital dan layanan IT terdepan, NTT DATA mengumumkan akan mengubah pengalaman penggemar di The 152nd Open, sebuah kejuaraan golf bergengsi yang telah diakui secara internasional. Kejuaraan ini akan berlangsung dari 14 hingga 21 Juli di Royal Troon, Inggris. Sebagai penyedia IT resmi, NTT DATA telah mendorong batasan pengalaman penggemar selama lebih dari sepuluh tahun.

Tahun ini, NTT DATA memperkenalkan inovasi canggih yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dan keterlibatan kepada penggemar, yang membuat mereka merasa seperti ikut berada di dalam suasana pertandingan, di mana pun mereka berada.

Penggemar akan mendapatkan informasi aktual berupa tampilan video langsung dan data yang canggih di NTT DATA Wall, layar besar yang terpasang di lokasi turnamen. Penggemar juga akan merasakan teknologi Digital Human GenAI, dan berinteraksi dengan ShotView, platform teknologi digital twin. Kemajuan ini didukung oleh jaringan Private 5G yang transformatif, memastikan teknologi kompleks ini terhubung dengan jaringan tercepat, paling tangguh, dan aman yang tersedia, dengan teknologi cloud yang dibawa ke edge.

NTT DATA Wall mendefinisikan ulang interaksi penggemar dengan The Open, menggunakan CGI tingkat Hollywood yang canggih. Wawasan data dan statistik pelacakan bola kini akan dirender secara real-time dengan visualisasi yang jelas dan mengagumkan. Rendering hiper-realistis ini akan disediakan dengan pencahayaan, bayangan, dan kontur (bahkan hingga bilah rumput) yang membawa digital twin ke tingkat berikutnya. Layar LED sepanjang 20 meter edisi 2024 yang terpampang di tribun penonton ini akan mengajak penggemar merasakan aksi yang seperti belum pernah ada sebelumnya.

Digital Human AI dari NTT DATA, Lottie, kembali hadir. Lottie adalah masa depan penonton dan layanan pelanggan olahraga, memberikan interaksi dan keterlibatan melalui perpaduan wawasan dan pembaruan actual dari lapangan golf, data statistik, dan pengetahuan mendalam tentang aturan dan sejarah olah raga ini.

Teknologi ini memberikan pengalaman dinamis yang mendidik dan menghibur melalui antarmuka percakapan terpadu yang didukung oleh GenAI yang canggih. Representasi visual Lottie telah ditingkatkan, memastikan gerakan yang lebih mirip manusia dan avatar yang secara fisik akurat, meningkatkan realisme interaksi. Teknologi ini mengedepankan pendekatan multi-modal baru (menggunakan berbagai jenis data) dalam teknologi GenAI dan memanfaatkan kemajuan terbaru dari NTT DATA.

Fondasi dari semua teknologi ini adalah jaringan Private 5G yang baru dan telah diperkenalkan kepada salah satu kejuaraan dunia dalam golf profesional, The Open, untuk pertama kalinya oleh NTT DATA dan mitra strategisnya. Ini menandai kemajuan teknologi yang signifikan dalam infrastruktur jaringan di acara tersebut. Jaringan ini akan memberikan bandwidth tinggi dan keandalan, membawa cloud ke edge, untuk aplikasi yang memerlukan komputasi, penyimpanan, dan jaringan dengan latensi sangat rendah.

Dengan lebih dari 32.000 tembakan golf individu yang diambil selama kejuaraan empat hari tersebut, aktivasi ShotView NTT DATA, yang didukung oleh teknologi digital twin, menganalisis sejumlah besar data. Teknologi ini melacak letak bola, performa pemain, dan kondisi lapangan, serta memberikan representasi akurat dari lapangan golf Royal Troon.

Teknologi digital twin dapat merekam posisi bola hingga setengah lebar bola golf. Semua ini memberikan "perspektif pemain" tentang strategi dan keputusan yang dibuat selama setiap tahap kejuaraan, memungkinkan penggemar, komentator, dan analis untuk melihat melalui mata para profesional.

Diluncurkan di The 150th Open pada tahun 2022, ShotView kini menawarkan antarmuka pengguna yang lebih baik dan alat visualisasi data yang diperkaya yang menyediakan wawasan yang dapat diambil tindakan secara langsung, membuat golf profesional lebih mudah diakses dan menarik bagi audiens di seluruh dunia.

Membangun inisiatif tahun lalu, keberlanjutan adalah fokus utama bagi NTT DATA pada The Open. Pada tahun 2023, NTT DATA Wall menyediakan wawasan keberlanjutan terbaru, seperti penggunaan stasiun pengisian air di lokasi, penghematan plastik dengan menggunakan kembali botol air, perjalanan dengan transportasi umum, dan pembelian makanan rendah karbon. Inisiasi ini membantu penggemar memahami bagaimana mereka dapat mengurangi dampak lingkungan pribadi mereka dan mendukung The R&A dalam menyelenggarakan kejuaraan yang lebih berkelanjutan.

Sebuah proyek penelitian kolaboratif antara The R&A, NTT DATA, dan Cardiff University, berjudul "Sports Events as Agents of Behaviour Change" menemukan bahwa 80% penggemar setuju bahwa mereka akan merasa bangga jika mereka berkontribusi untuk mengurangi dampak lingkungan dari turnamen golf - peningkatan 10% dari tahun sebelumnya. Selain itu, 80% penonton yang melihat wawasan keberlanjutan di DATA Wall kami setuju bahwa wawasan tersebut informatif, mudah dipahami, dan relevan. Proyek ini menyediakan data penting untuk inisiatif penting ini dan bukti dampaknya.

Menurut CMO Global, NTT DATA Inc.Mona Charif, NTT DATA merevolusi pengalaman penggemar, di dalam dan di luar lapangan, di The Open dengan teknologi canggih.

"Dalam kemitraan dengan The R&A, kami mendorong perubahan dengan menerapkan keahlian kami dalam olah raga dan hiburan serta mengintegrasikan kemajuan teknologi terbaru kami. Dari teknologi 5G hingga analitik digital, kami memungkinkan wawasan yang lebih dalam dan dinamis ke setiap aspek permainan. Kemitraan inovatif kami akan berdampak jangka panjang, tidak hanya dalam mengubah pengalaman penggemar, tetapi juga pada planet ini. Kami merintis metode baru untuk menyediakan informasi keberlanjutan dan pengalaman interaktif, menetapkan standar baru untuk bagaimana olah raga dapat melibatkan, menginformasikan, dan menginspirasi audiens di seluruh dunia," jelasnya.

Sementara, Chief Technology Officer The R&A, Profesor Steve Otto, kemitraan jangka panjang NTT DATA memungkinkan nya mengembangkan cara baru untuk memanfaatkan peluang kejuaraan golf modern, mulai dari kelayakan komersial hingga keberlanjutan dan memperluas keterlibatan penggemar. Wawasan mereka dan penerapan inovatif teknologi, khususnya penggunaan data, tidak hanya membuat golf lebih mudah diakses dan menarik, tetapi juga memastikan The Open siap untuk berkembang selama bertahun-tahun yang akan datang.

"Di tengah upaya keberlanjutan lingkungan, solusi digital seperti NTT DATA Wall mengubah cara penggemar berinteraksi dengan The Open, sementara Digital Human, Lottie, menunjukkan seperti apa pengalaman penggemar di masa depan, menjaga semangat golf tetap hidup di dunia yang cepat berubah saat ini,” jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year