telkomsel halo

Batumbu dapat tambahan amunisi untuk dukung UMKM

06:53:00 | 16 Jul 2024
Batumbu dapat tambahan amunisi untuk dukung UMKM
JAKARTA (IndoTelko) - Batumbu berhasil meraih tambahan amunisi untuk mendukung pembiayaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) senilai EUR2,4 juta atau sekitar Rp 42 miliar.

Pendanaan ini berasal dari Oikocredit yang merupakan mitra baru Validus, platform pembiayaan digital asal Asia Tenggara yang juga induk dari Batumbu,

Direktur dan Wakil CEO Batumbu, Reza Perazi Armadi menjelaskan, kemitraan dengan Oikocredit merupakan tonggak penting dalam upaya Batumbu mengatasi kesenjangan pembiayaan UMKM di Indonesia. Dengan dukungan dari Oikocredit, Batumbu akan lebih baik posisinya dalam menawarkan solusi pembiayaan yang disesuaikan untuk UMKM berkembang di beberapa provinsi Indonesia.

"Bersama-sama, kami bertujuan untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi ekonomi Indonesia," jelasnya.

Direktur Impact & Investasi Oikocredit, Dave Smit menyatakan bahwa pihaknya senang bermitra dengan Validus Group untuk mendukung basis UMKM Indonesia yang luas. Strategi Validus yang didorong teknologi dan data untuk pinjaman UMKM dapat mengubah permainan.

"Dengan kolaborasi Validus dan Batumbu untuk memperluas kapasitas pemberian pinjaman mereka, kami dapat bersama-sama mendukung lebih banyak usaha kecil untuk tumbuh dan berkembang, sekaligus berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia dan masyarakatnya," jelas Dave.

Komitmen pembiayaan ini jadi yang pertama dari Oikocredit di Asia Tenggara dan menegaskan komitmen tanggung jawab terhadap inklusi keuangan. Selain itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk memberdayakan UMKM berkembang di Indonesia yang merupakan bagian dari rantai pasokan perusahaan besar di sektor barang konsumsi cepat, ritel, dan farmasi, serta mempromosikan pertumbuhan bisnis dan pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

Apalagi mengingat UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Asia Tenggara. UMKM menyumbang total 97% dari keseluruhan bisnis dan menyerap lebih dari separuh tenaga kerja di Asia Tenggara. Meskipun peran mereka yang krusial, banyak UMKM menghadapi tantangan besar dalam mengakses pembiayaan formal. Banyak usaha kecil berjuang untuk mengamankan dana yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis mereka.

Adapun Validus merupakan mitra baru dari Oikocredit. Perusahaan financial technology (fintech) ini menggunakan data properti dan artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan pembiayaan di sektor UMKM yang berkembang dengan tujuan meningkatkan produktivitas. Sejak berdiri pada tahun 2015, Validus telah menyalurkan lebih dari US$3,5 miliar dalam bentuk pinjaman kepada bisnis kecil di seluruh Asia Tenggara.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
GoTo ubah susunan direksi