telkomsel halo

Appdome tingkatkan layanan deteksi Geo-Fraud

08:17:00 | 31 Jul 2024
Appdome tingkatkan layanan deteksi Geo-Fraud
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Platform solusi utama yang ekonomis untuk layanan pertahanan aplikasi seluler, Appdome, mengumumkan telah meningkatkan layanan Deteksi Geo-Fraud pemenang penghargaannya dengan menyertakan dua pertahanan baru: Pemagaran Geo-Location dan Deteksi Serangan Geo DeSync.

Dengan mengombinasikan fitur Geo Compliance lain yang tersedia di platform Appdome, pengembang aplikasi seluler dan perusahaan dapat menangkal penipuan berbasis lokasi, memastikan kepatuhan geografis, dan memberikan pengalaman pengguna yang relevan dengan lokasi di aplikasi seluler yang bebas dari manipulasi lokasi (location spoofing), lokasi palsu, VPN, Aplikasi GPS Palsu, dan ancaman lainnya.

Pemagaran Geolokasi atau Geofencing sangat penting untuk aplikasi keuangan dan industri teregulasi lain yang perlu memenuhi persyaratan Kenali Pelanggan Anda (Know Your Customer/KYC) dan mandat kepatuhan lainnya, seperti Dewan Pemeriksaan Lembaga Keuangan Federal AS (FFIEC), Regulasi Perlindungan Data Umum Uni Eropa (GDPR), dan Otoritas Moneter Singapura (MAS). Geofencing membantu pengembang aplikasi seluler untuk menghalangi atau membatasi akses aplikasi di tingkat negara atau kawasan, agar operasinya dipastikan menaati undang-undang dan peraturan setempat.

Serangan Geo Desync adalah serangan siber yang dengan sengaja menciptakan ketidakcocokan data lokasi pada perangkat seluler. Dengan memanipulasi koordinat GPS, mengubah pengaturan zona waktu, dan memalsukan pembacaan akselerometer, penyerang dapat menipu layanan berbasis lokasi dan sistem keamanan. Jenis serangan ini dapat menyebabkan pelacakan yang tidak akurat, akses yang tidak sah, dan potensi pelanggaran protokol keamanan, sehingga melemahkan integritas aplikasi dan layanan yang bergantung pada lokasi.

Menurut CTO merangkap Principal AnalystIntellyx, Eric Newcomer, mendeteksi penipuan geografis adalah prioritas utama dalam ekonomi aplikasi seluler saat ini. Salah satu contohnya, location spoofing yang makin sering digunakan penyerang untuk menghindari kepatuhan.

“Aplikasi seluler mengandalkan lokasi akurat untuk layanan mereka dan tuntutan untuk mengonfirmasi lokasi perangkat demi menjaga kepercayaan kian meningkat. Layanan Geo Compliance seluler Appdome mengurangi kerumitan bagi pengembang dalam menerapkan fitur keamanan kepatuhan geografis yang canggih,” ujarnya.

Tidak seperti penawaran kepatuhan geografis warisan yang bergantung pada jaringan layanan geografis yang eksklusif, mahal, dan dikembangkan oleh vendor, solusi Geo Compliance Appdome fokus pada perlindungan layanan lokasi bawaan perangkat seluler dan memastikan layanan ini tidak disalahgunakan atau diutak-atik. Pendekatan Appdome menghilangkan kebutuhan akan jaringan pihak ketiga, SDK, dan implementasi berbasis server yang rumit, serta tidak memerlukan biaya penggunaan bulanan pihak ketiga, sehingga pertahanan dapat terus terjaga sekalipun perangkat tidak terhubung dengan jaringan.

Sementara, Co-Creator merangkap CEO Appdome, Tom Tovar mengungkapkan, menawarkan berbagai fitur Geo Compliance seluler dalam satu manajemen konsol bersama pertahanan keamanan dan antipenipuan lainnya adalah perubahan besar.

“Pertahanan Geo-Fraud yang ditambahkan ini menunjukkan kemampuan platform Appdome yang dapat diperluas secara unik, sekaligus membantu produsen, pengembang, dan perusahaan untuk mencapai berbagai tujuan pertahanan aplikasi seluler secara serentak dalam satu alur kerja otomatis,” katanya.

Solusi Geo Compliance Seluler Appdome yang lengkap mengakhiri penipuan geolokasi dengan mendeteksi lokasi palsu, aplikasi GPS palsu, penipuan lokasi, VPN, tidak adanya SIM (perangkat palsu), teleportasi, Geo DeSync, dan serangan lainnya. Pelanggan cukup memilih fitur Geo Compliance yang dibutuhkan pada aplikasi Android & iOS, lalu memulai perintah buat dari CI/CD atau menggunakan tombol “Buat Aplikasi” di Platform Appdome. Teknologi yang dipatenkan Appdome memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menuliskan kode pertahanan ke dalam tiap aplikasi, sehingga pengembang seluler tidak perlu melakukannya.

Sedangkan, Chief Product Officer Appdome, Chris Roeckl menambahkan, kepatuhanlah yang awalnya mendorong kami menciptakan solusi penipuan geolokasi, tetapi sekarang manfaat yang dapat dinikmati pelanggan jauh lebih banyak.

“Menghentikan penipuan lokasi dan memastikan lokasi yang valid dan nyata di aplikasi seluler adalah hal yang universal pada semua aplikasi Android & iOS; baik aplikasi streaming, kencan, restoran, ritel, ekonomi serabutan alias gig economy, maupun aplikasi lainnya. Yang kami hadirkan pada aplikasi-aplikasi seluler ini adalah lokasi sebenarnya,” jelasnya.

Solusi Geo Compliance Appdome tersedia dalam berbagai mode pemberlakuan, termasuk telemetri tingkat lanjut dan respons atau alur kerja yang dapat diubahsuaikan saat ancaman kepatuhan geolokasi terdeteksi, serta memantau serangan geo-fraud melalui Appdome ThreatScope™ Mobile XDR, baik sebelum maupun sesudah penerapan pertahanan geolokasi melalui platform Appdome. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year