telkomsel halo

EF dan AJI Jakarta gelar pelatihan melalui teknologi inovatif

06:25:00 | 06 Aug 2024
EF dan AJI Jakarta gelar pelatihan melalui teknologi inovatif
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - EF EFEKTA English for Adults dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengumumkan peluncuran “Scholarship Program for Journalists”, sebuah program beasiswa yang dirancang selama tiga bulan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jurnalis Indonesia dalam kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Program ini bertujuan agar jurnalis lebih kompetitif di sektor masing-masing maupun di kancah internasional dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran terkini.

AJI Jakarta, yang memiliki sekitar 400 anggota dari berbagai media, telah melakukan seleksi ketat dari banyak peminat. Dari seleksi tersebut, 15 peserta terpilih mengikuti placement test yang diselenggarakan oleh EF EFEKTA English for Adults. Dari hasil placement test tersebut, EF EFEKTA English for Adults memilih lima jurnalis untuk mengikuti program Hybrid; FLEX VIP, sebuah program pembelajaran profesional yang dapat diakses secara online maupun offline.

Program ini terdiri atas rangkaian kelas privateonline (1-on-1) dengan format Hyperclass dan kelas online group (maksimal 8 siswa dalam 1 kelas) yang diajarkan oleh pengajar internasional bersertifikat. Setiap siswa juga dilengkapi dengan aplikasi belajar mandiri yang dapat diakses 24 jam dan dapat mengikuti Life Club secaraonline maupun offline dari center EF EFEKTA English for Adults di Jakarta dan Surabaya dengan pilihan topik yang diminati.

Life Club merupakan ruang bagi siswa untuk mengaplikasikan apa yang telah dipelajari, membahas berbagai topik menarik, serta melatih kepercayaan diri dan memperluas jaringan dengan siswa lain yang memiliki latar belakang keahlian yang beragam.

Dikatakan Marketing Director EF EFEKTA English for Adults Indonesia, Stefany Yacop, ia sangat senang dapat bermitra dengan AJI Jakarta dalam mengembangkan program beasiswa ini. Program ini tidak hanya akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris jurnalis, tetapi juga membantu mereka memahami istilah-istilah khusus dalam sektor yang mereka geluti.

"Dengan demikian, para jurnalis akan lebih fasih dan profesional dalam berinteraksi dengan rekan-rekan dari media internasional maupun berbagai narasumber dari brand global, serta lebih percaya diri berpartisipasi aktif di forum internasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Scholarship Program for Journalists merupakan program perdana EF EFEKTA English for Adults pada tahun 2024. Proses penyaringan peserta telah dimulai sejak Juni 2024 dan program ini akan berlangsung dari Agustus hingga Oktober 2024. Para jurnalis terpilih akan mengikuti berbagai kelas yang disesuaikan dengan level kemampuan bahasa Inggris mereka.

Dengan fleksibilitas tanpa batas yang dimiliki EF EFEKTA English for Adults, para jurnalis yang memiliki mobilitas tinggi dengan segala keterbatasan waktu, dapat memilih jadwal kelas yang tersedia 24 jam tanpa harus mengganggu aktivitas penting lainnya.

Tahun ini lima peserta yang terpilih melalui seleksi ketat adalah Erwin Dariyanto (Detik.com) , Prima Gumilang Soetadji Putra (CNN Indonesia.com), Reza Gunadha (Suara.com), Rina Ayu Panca Rini (Tribunnews.com), dan Fransisca Bertha Vistika (Kontan).

EF EFEKTA Scholarship Program for Journalists bertujuan untuk memberikan peluang pendidikan bagi jurnalis berbakat di Indonesia, guna meningkatkan kualitas dan pemahaman berbahasa Inggris mereka, serta mendorong perkembangan jurnalis yang profesional dan memperluas jaringan internasional mereka.

Sementara, Operations Director EF EFEKTA English for Adults Indonesia, Fanno Hendriawan mengatakan, ia percaya bahwa program ini sangat tepat untuk menunjang kebutuhan jurnalis dalam penguasaan bahasa Inggris dari berbagai macam industri, namun dibatasi oleh waktu jurnalis yang serba sibuk,

Sedangkan, Ketua AJI Jakarta, Irsyan Hasyim menambahkan, peningkatan skill berbahasa jurnalis menjadi salah upaya AJI Jakarta dalam mendorong profesionalisme jurnalis. "Dengan kemampuan yang meningkat jurnalis akan mampu mengakses referensi dan informasi berbasis bahasa inggris. Sehingga kualitas karya dan produk jurnalis yang bisa dinikmati publik juga bisa lebih baik lagi," jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year