telkomsel halo

Ketidakpastian ekonomi bikin pasar kripto lesu

08:03:00 | 07 Aug 2024
Ketidakpastian ekonomi bikin pasar kripto lesu
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Pasar kripto dalam satu pekan terakhir mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Penurunan yang terjadi disinyalir merupakan akibat dari beberapa faktor diantaranya seperti kekhawatiran resesi di AS pasca rilis data sektor ketenagakerjaan pekan lalu, potensi tekanan jual 17 ribu lebih kreditur Mt. Gox yang telah menerima pengembalian aset kriptonya, kebijakan bank sentral Jepang untuk menaikkan suku bunga dan mengurangi pembelian surat utang, serta masih relatif minimnya pertumbuhan adopsi kripto lebih lanjut dari produk-produk yang ada di ekosistem terdesentralisasi.

Dilansir dari CoinMarketCap pada Senin (5/8), Bitcoin merosot lebih dari 15% dan menyentuh level $49.700 dari level $59.500. Ethereum terkoreksi lebih dalam ke level $2.200 dari $2.760. Pada hari ini, Selasa (6/8), recovery mulai terlihat dengan Bitcoin kembali ke level $55.800 dan Ethereum ke $2.500.

Menurut Crypto Analyst Reku, Fahmi Almuttaqin, laju penurunan harga Bitcoin di bawah $60.000 ini tergolong cepat, sebab dalam kurun waktu sekitar 24 jam, Bitcoin telah turun lebih dari 15% dengan level terendah $49.000 yang terjadi Senin malam tadi sekitar pukul 20:30 WIB (5/8).

"Penurunan pada tingkat tersebut untuk Bitcoin sebagai aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bukan merupakan sesuatu yang sering terjadi, sehingga menarik untuk dicermati dan dianalisis lebih lanjut," katanya.

Indeks Fear & Greed yang mengukur sentimen pasar berdasarkan data volatilitas, market momentum, dan sosial media, menunjukkan area extreme fear di angka 17 yang terakhir kali terjadi pada Juli 2022 lalu.

Ditambahkannya, situasi extreme fear menurut indikator ini dapat dikatakan merupakan salah satu waktu terbaik untuk melakukan pembelian aset kripto di pasar. Investor dapat mengoptimalkan kondisi ini untuk membeli Bitcoin di harga yang relatif lebih rendah dari beberapa bulan sebelum penurunan drastis terjadi.

"Investor Bitcoin dari pasar modal AS juga tidak terlihat mengambil reaksi besar atas koreksi yang terjadi. Hal ini dapat dilihat dari angka netflow ETF Bitcoin dan Ethereum spot yang tidak terlihat mengalami penarikan dana pada level yang tidak biasa. ETF Ethereum spot bahkan membukukan netflow positif sebesar $48,8 juta pada perdagangan hari Senin lalu (4/8)," jelasnya.

Optimisme para penambang Bitcoin (miner) pun masih terbilang relatif tinggi di mana hanya terjadi sedikit penurunan hash rate yang merupakan fluktuasi normal dan tidak mensinyalir adanya aksi pemberhentian operasi penambangan oleh para miner.

"Hal ini berbeda dengan penurunan hash rate yang cukup signifikan pada 23 Juni lalu yang kemudian diikuti penurunan harga lanjutan Bitcoin dari level $64.000 ke $59.000 pada 25 Juni dan 54.000 pada 5 Juli. Dengan optimisme tersebut, membaiknya performa Bitcoin masih terbuka," lanjutnya.

Dengan tren bullish yang terlihat mampu bertahan terlepas dari tekanan jual yang ada di pasar, periode Agustus-September mungkin akan menjadi periode akumulasi oleh sebagian investor untuk bersiap menghadapi reli utama pada fase bullish kripto yang berpotensi terjadi pasca perubahan arah kebijakan suku bunga The Fed.

"Namun perlu dicatat bahwa apabila suku bunga diturunkan disaat inflasi AS masih belum cukup berhasil ditekan, terdapat kemungkinan kembali ditahannya suku bunga khususnya apabila inflasi kembali naik. Terjadinya hal itu mungkin akan menghambat reli yang akan berlangsung," tambahnya.

Di tengah kondisi pasar saat ini, Reku terus menghimbau investor untuk mengambil keputusan yang cermat dan tidak tergesa-gesa.

Menurut Fahmi, investor bisa memantau pergerakan pasar dengan mencari sumber informasi yang mudah dimengerti dan sudah mencakup analisa pasarnya. Sebab, banyaknya faktor seringkali menghambat investor menyimpulkan situasi yang terjadi. "Dengan mencari sumber informasi yang mudah dimengerti, juga dapat memudahkan investor mengambil keputusan. Inilah yang dilakukan Reku setiap harinya, menghadirkan analisa pasar yang akurat untuk menemani investor menentukan strategi investasinya," katanya.

Selain itu, investor juga bisa melakukan menabung rutin dan memantau kondisi pasar secara reguler. "Saat ini, investor juga lebih mudah untuk melihat rangkuman investasinya melalui fitur Portfolio Analysis yang tersedia di Reku. Sehingga performa investasi secara periodik dan koin pun dapat dipantau secara real-time tanpa harus menghitung secara manual," jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year