telkomsel halo

Link Net alihkan bisnis B2C ke XL

03:45:00 | 19 Aug 2024
Link Net alihkan bisnis B2C ke XL
JAKARTA (IndoTelko) - PT Link Net Tbk (LINK) akan mengalihkan bisnis B2C (ServeCo) ke PT XL Axiata Tbk (EXCL).

XL merupakan pemilik 19,22% saham dari Link Net.

Berkat pengalihan ini, Link Net akan mengintegrasikan bisnis Fixed Broadband miliknya dengan bisnis mobile milik XL untuk memaksimalkan nilai dan memberikan layanan terbaik.

Sekretaris Perusahaan Link Net Rininta Agustina Widya Pratika dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 15 Agustus 2024 menyatakan nilai transaksi dari pengalihan ini adalah sebesar Rp1,875 trilun.

Dari aksi korporasi ini ada potensi pendapatan dari rencana transaksi sewa aset jaringan fiber optik sekitar Rp11,069 triliun dengan total nilai agregat sebesar Rp12,944 triliun.

Per Juni 2024, laba bersih ServeCo adalah sekitar Rp1,107 triliun.

Nantinya, Link Net akan mengalihkan, antara lain, 750.000 pelanggan kepada XL, Broadband Network Gateway (BNG), software dan aplikasi yang dimiliki dan/atau dikembangkan oleh terkait ServeCo, dan perangkat di tempat pelanggan, tidak termasuk ONTs/Modem dan STB, contohnya wifi, wifi extenders dan smart home.

Perjanjian Sewa Master berlaku selama 10 tahun setelah Penyelesaian dari Perjanjian Pengalihan Usaha.

Perjanjian Sewa Master dapat diperpanjang selama periode 5 tahun berdasarkan kesepakatan dan negosiasi Para Pihak.

Para Pihak sepakat bahwa biaya sewa bulanan Layanan HFC/FTTH per pelanggan selama jangka waktu berlangganan produk XL HFC/FTTH oleh pelanggan adalah: Rp 120.000 per Home Connect per bulan untuk penetrasi Home Connect hingga 25% dan Rp 80.000 per Home Connect per bulan untuk penetrasi Home Connect setelah 25%.

Penyelesaian Rencana Transaksi dalam Perjanjian Pengalihan Usaha bergantung pada pemenuhan (dan bila relevan, pengesampingan) beberapa prasyarat pendahuluan.

Prasyarat-prasyarat pendahuluan tersebut termasuk: memperoleh persetujuan untuk melaksanakan Rencana Transaksi dari para Pemegang Saham Independen dalam RUPS.

Terselesaikannya novasi/pengalihan perjanjian dengan pihak ketiga tertentu dari Perseroan kepada XL. Terakhir, XL telah menyelesaikan uji tuntas konfirmasi atas ServeCo.

GCG BUMN
Link Net dan XL mengupayakan agar rencana transaksi dapat selesai pada 1 Oktober 2024.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year