telkomsel halo

Indonesia jadi pasar utama 1datapipe

05:57:00 | 27 Aug 2024
Indonesia jadi pasar utama 1datapipe
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Platform wawasan konsumen berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI), 1datapipe merasa optimis akan masa depan. 1datapipe menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar utamanya.

Melalui solusi analitik, perusahaan yang didirikan awal tahun 2023 oleh Carey Anderson dan Lawrence Smith ini, ingin mendorong inklusi keuangan di negara tersebut. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia, sekitar 65 persen orang dewasa di Indonesia tidak memiliki akses ke layanan keuangan formal. Pengecualian ini khususnya terlihat di daerah pedesaan, di mana infrastruktur perbankan kurang berkembang, dan di kalangan kaum wanita, yang secara tidak proporsional terwakili di antara mereka yang tidak memiliki rekening bank.

Dengan teknologi solusi yang dirancang untuk perbankan, jasa keuangan, fintech, ritel, dan e-commerce, 1datapipe memiliki kantor di New Jersey, London, Sao Paulo, dan Jakarta, dengan rencana untuk memperluas jangkauan keseluruh Amerika Latin dan Asia Tenggara dalam 12 hingga 18 bulan ke depan.

Dengan solusi B2B2C, para pelaku pasar memiliki akses kelima skor risiko strategis, termasuk pencegahan penipuan, estimasi pendapatan, penilaian kredit, gaya hidup, dan solusi inklusi keuangan yang menyoroti perilaku pembayaran. Analisis ini mengidentifikasi nasabah berkualifikasi tinggi yang sebelumnya dikecualikan dari layanan keuangan.

CEO 1datapipe, Carey Anderson mengungkapkan, pihaknya menggabungkan teknologi AI dan analitik data. "Tim kami memiliki pengetahuan luas dalam kepatuhan dan perlindungan informasi di semua negara tempat kami beroperasi. Di Brasil, kami memahami peraturan privasi lokal dan berkolaborasi dengan regulator untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan standar industri," jelasnya.

Dengan fokus pada negara-negara berkembang, di mana inklusi keuangan masih menjadi tantangan, 1datapipe bertujuan untuk meningkatkan kehadirannya di sektor jasa keuangan dengan menargetkan 10 bank teratas dalam waktu kurang dari satu tahun pada tahun 2024 ini.

"Kami juga berupaya menjangkau segmen lain, seperti fintech, perusahaan ritel dengan penawaran kredit, serta bisnise-commerce melalui kemitraan atau penjualan langsung," tambahnya.

Dengan menggunakan AI dan analisis data yang canggih, solusi ini mengidentifikasi individu yang rentan terhadap aktivitas penipuan.

Carey mengungkapkan, pihaknya melakukan penilaian terhadap jejak digital orang tersebut, termasuk perilaku online, IP mesin mereka, serta apakah telepon dan alamat email mereka dapat dipercaya. "Dengan ini, kami membantu memerangi ancaman penipuan yang modern dan canggih di setiap pos pemeriksaan, yang selalu menggunakan teknologi canggih," katanya.

Dengan memanfaatkan model estimasi pendapatan tingkat lanjut, Skor Stabilitas Pendapatan secara andal mengevaluasi dan memverifikasi 96,7% penagihan formal dan informal untuk memperkuat strategi keputusan kredit.

"Kami membuat sebuah laporan riwayat keuangan individu, memberikan wawasan tentang pola, tren, dan anomali, yang melibatkan data seperti pendapatan rumah tangga, riwayat pekerjaan, sewa, dan utilitas, serta atribut alternatif terkait keuangan. Skor ini memungkinkan perusahaan untuk membuat penilaian kredit yang kuat mengenai stabilitas pendapatan individu," ujarnya.

Sebaliknya, Skor Keyakinan Kredit menggabungkan serangkaian data alternatif yang sebenarnya mencakup semua kelompok demografis, terutama mereka yang biasanya tidak menerima kredit. Dengan cara tersebut, pemberi pinjaman memungkinkan untuk mengidentifikasi orang-orang yang berada di luar pasar, namun mungkin menjadi pelanggan yang baik.

Ia mengatakan, dengan mengintegrasikan beragam sumber informasi, pihaknya membantu lembaga mengubah penilaian risiko kredit dan memperluas akses ke lebih banyak konsumen, dengan cakupan lebih dari 99 persen populasi.

Rangkaian solusi berbasis AI ini terintegrasi secara efisien dan menyediakan analisis yang sangat kompleks namun efisien dalam waktu kurang dari 2 detik. Hal ini memungkinkan lembaga keuangan untuk mencegah penipuan, mengidentifikasi pelanggan yang stabil secara finansial, menilai kredit, mengidentifikasi konsumen potensial, dan meningkatkan strategi pengambilan keputusan. Semuanya dilakukan dengan memenuhi standar keamanan tertinggi dan memberikan tingkat kepercayaan tertinggi kepada penggunanya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year