telkomsel halo

VNPT dan Qualcomm tawarkan XGS-PON WiFi 7

06:09:00 | 08 Okt 2024
VNPT dan Qualcomm tawarkan XGS-PON WiFi 7
JAKARTA (IndoTelko) - Vietnam Post and Telecommunications Group (VNPT), operator fixed broadband terbesar di Vietnam, mengumumkan peluncuran resmi layanan XGS-PON WiFi 7 yang canggih. Peluncuran ini menjadikan VNPT sebagai operator pertama di Vietnam yang memasarkan teknologi inovatif tersebut, yang didukung oleh teknologi serat optik terdepan dari Qualcomm 10G Fiber. Melalui peluncuran ini pula, VNPT turut mempertegas komitmennya dalam memimpin penerapan teknologi serat optik dan WiFi.

Melalui dukungan Qualcomm® 10G Fiber Gateway Platform, perangkat dan layanan baru yang canggih dari VNPT tersebut mampu hadirkan gabungan kemampuan optimal teknologibroadband 10G dan konektivitas multi gigabyte WiFi 7, yang tak hanya mendorong kinerja internet luar biasa, namun juga tingkat keamanan tinggi, stabilitas koneksi, dan latensi jaringan yang rendah.

Penggunaan teknologi dan platform terkemuka dari Qualcomm Technologies juga menghadirkan layanan internet berkualitas, termasuk di area yang minim jaringan sekalipun. Berkat keunggulan tersebut, XGS-PON WiFi 7 menjadi pionir yang menetapkan standar baru pada industri broadband di Vietnam dan kawasan Asia Pasifik.

Saat dioperasikan, layanan XGS-PON WiFi 7 baru dari VNPT mampu hadirkan kecepatan internet hingga 22 Gbps pada 3 pita frekuensi atau 10 Gbps pada 2 pita frekuensi. Layanan baru ini juga mampu meminimalisir latensi jaringan hingga 75% dibandingkan teknologi WiFi 6, sehingga memungkinkan untuk diakses oleh 1.500 perangkat dalam waktu bersamaan. Dengan kapasitas jaringan yang ditingkatkan secara optimal, layanan broadband baru ini menjamin pelanggan mendapatkan koneksi internet ultra-cepat yang lebih stabil, bahkan dalam kondisi penggunaan aktif oleh banyak perangkat.

Seluruh kemampuan tersebut penting bagi pelanggan korporasi dan rumahan yang membutuhkan bandwidth tinggi dan latensi jaringan yang rendah untuk mengoperasikan laptop, TV pintar, kacamata VR/AR, dan berbagai inovasi perangkat digital terkini lainnya. Tak ketinggalan, XGS-PON WiFi 7 baru turut menawarkan integrasi yang cepat dan seamlessuntuk ekosistem smart home dan aneka perangkat berbasis WiFi.

Menurut Deputy CEO of VNPT, Nguyen Nam Long, VNPT telah mempercepat implementasi jaringan internet terkini secara efektif, serta mempertahankan momentum pertumbuhan positif pelanggan fixed broadband seraya terus mengedepankan prinsip customer-centric dalam setiap layanannya.

Ia menjelaskan, jaringannya semakin berkembang pesat dengan teknologi XGS-PON, yang membuat ekspansi teknologi serat optik lebih cepat dari sebelumnya.

"Saat ini, VNPT telah menyediakan layanan fixed broadband untuk hampir setengah dari total pelanggan yang berasal dari segmen rumah tangga di Vietnam. Pada tahun 2025, kami akan terus fokus berinvestasi pada teknologi aplikasi yang mendukung layanan fixed broadband, inisiatif bisnis baru, program transformasi digital, dan aplikasi TI yang lebih luas. Sebagai pelopor penyedia layanan XGS-PON WiFi 7, VNPT juga akan tetap berfokus padacore business terkait seraya berinvestasi dalam penerapan teknologi canggih yang akan membantu kami memperkokoh fondasi bisnis yang sukses untuk masa depan," terangnya.

Di kesempatan yang sama, Vice President and General Manager, Wireless Infrastructure and Networking, Qualcomm Technologies, Inc, Ganesh Swaminathan mengatakan, pihaknya sangat gembira dapat berkolaborasi dengan VNPT dalam peluncuran layanan XGS-PON Wi-Fi 7 komersial pertama di Vietnam, yang memanfaatkan Qualcomm® 10G Fiber Gateway Platform dari nya. "Kolaborasi ini menggarisbawahi komitmen kami untuk mendorong batasan teknologi broadband dan memberikan pengalaman internet yang tak tertandingi. Dengan kemampuan Wi-Fi 7 yang canggih, pelanggan di Vietnam akan mendapatkan keuntungan dari kecepatan yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan keandalan jaringan lebih baik, yang menetapkan standar baru untuk konektivitas," jelasnya.

GCG BUMN
Sebagai operator pertama di Asia-Pasifik yang menggunakan platform teknologi canggih XGS-PON WiFi 7 dari Qualcomm Technologies, VNPT mempertegas komitmennya untuk selalu menjadi pelopor dalam inovasi teknologi di kawasan terkait. Momen ini juga memperkuat komitmen VNPT untuk selalu menghadirkan teknologi efektif dan pengalaman paling optimal bagi pengguna. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year