telkomsel halo

Qualcomm luncurkan platform otomotif terdepan didukung Qualcomm Oryon

05:12:00 | 24 Okt 2024
Qualcomm luncurkan platform otomotif terdepan didukung Qualcomm Oryon
JAKARTA (IndoTelko) - Pada acara Snapdragon Summit yang dilaksanakan kemarin (23/10), Qualcomm Technologies, Inc. secara resmi meluncurkan platform otomotif terdepannya. Didukung oleh Qualcomm Oryon™ CPU, CPU tercepat dari Qualcomm Technologies yang dirancang untuk keamanan dan kredibilitas otomotif, platform tingkat elit ini menambah portofolio Snapdragon® Digital Chassis™ Solution dalam menghadirkan tenaga dan kecerdasan yang tak tertandingi pada kendaraan-kendaraan generasi masa depan.

Produsen mobil kini bisa memanfaatkan Snapdragon® Cockpit Elite untuk mendukung pengalaman digital yang canggih dan Snapdragon Ride™ Elite untuk mendukung kemampuan mengemudi otomatis. Dengan struktur yang unik dan fleksibel, para produsen mobil juga bisa menggabungkan fungsi digitalcockpit dan fungsi mengemudi otomatis pada SoC yang sama — kemampuan inovatif ini tersedia pada layanan Snapdragon Digital Chassis.

Menurut Group General Manager, Automotive, Industrial and Cloud Computing, Qualcomm Technologies, Inc., Nakul Duggal, dengan platform seperti Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite, Qualcomm Technologies tetap menjadi yang terdepan dalam melakukan inovasi, seiring berkembangnya industri otomotif dengan teknologi komputasi terpusat, kendaraan berbasis perangkat lunak, dan struktur teknologi yang ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI).

“Dilengkapi kemampuan komputasi, grafis, dan AI kami yang paling tangguh, serta efisiensi daya terdepan di industri dan pemberdayaan software yang mutakhir untuk digital cockpit dan kemudi otomatis, platformotomotif elit Snapdragon terbaru mampu penuhi kebutuhan industri akan tingkat komputasi yang lebih tinggi. Jadi, para produsen otomotif dapat mendefinisikan ulang pengalaman otomotif bagi para pelanggannya,” tambahnya.

Berikut teknologi yang menjadi unggulannya :

Kinerja AI yang Dipercepat

Neural Processing Unit (NPU) khusus, yang dirancang untuk multimodal AI, menargetkan adanya peningkatan kinerja hingga 12 kali lipat dibanding cockpitplatform sebelumnya,* sehingga pemrosesan data dari luar maupun dalam kendaraan dapat dilakukan secara real-time. Kemajuan teknologi ini mampu mengambil keputusan secara langsung, respon yang adaptif, dan bantuan proaktif, sehingga dapat memastikan pengalaman di dalam kendaraan yang disesuaikan secara personal. Dilengkapi dengan akselerator transformator dan mesin vektor, serta dukungan presisi campuran, NPU di Snapdragon Ride Elite telah dirancang untuk menghasilkan transformator yangend-to-end dengan latensi rendah, akurasi tinggi, dan efisien, serta mempertahankan daya dan kinerja yang optimal.

Pemrosesan yang Fleksibel dan Terpusat dengan Virtualisasi Softwaredan Dukungan Multi-OS

Platformheterogen ini dengan mulus menjalankan berbagai aplikasi tanpa kehilangan kinerja, menawarkan daya saing dan multitaskingyang luar biasa untuk berbagai kamera, sensor, pengalaman pengguna yang maksimal, dan audio berkemampuan AI yang canggih secara virtual. Produsen mobil dapat membuat kendaraan berbasissoftware yang dapat dikonfigurasi (SDV) untuk semua tingkatan, memberikan fleksibilitas dan skalabilitas sekaligus menyederhanakan rangkaian teknologi pada setiap kendaraan. Rangkaian tersebut dirancang untuk mengakselerasi distribusi teknkologi yang terjadwal, memastikan pengguna dapat menikmati inovasi dan fitur terbaru lebih cepat dibandingkan dengan rangkaian kami sebelumnya. Platformotomotif elit ini juga menggunakan software stack Qualcomm Technologies yang menyeluruh, mendukung virtualisasi perangkat keras menggunakan hypervisoraman, Tipe-1, yang mampu mendukung beberapa mesin guest virtual dengan sistem operasi unik, mampu beroperasi tanpa gangguan secara bersamaan dan independen.

Efisiensi Daya Terkemuka di Industri

Dirancang untuk memberikan kinerja yang luar biasa sekaligus meminimalisir konsumsi energi, serta membantu memastikan bahwa kendaraan beroperasi lebih cerdas dan tahan lama. Hal ini merupakan hasil kombinasi hardware dansoftware manajemen daya cerdas yang menyeimbangkan pemanfaatan inti dan waktu kerja aplikasi.

Pengalaman yang Intuitif

Dirancang untuk mendukung aplikasi yang sadar akan konteks, platform ini dirancang untuk memungkinkan pengemudian otomatis secara hands-free yang mengantisipasi kebutuhan, serta pemantauan pengemudi secara real-time dan deteksi objek yang disempurnakan untuk pengalaman berkendara yang lebih mulus dan lebih percaya diri. GPU Qualcomm® Adreno™ telah ditingkatkan, dirancang untuk memberikan peningkatan kinerja 3 kali lipat* dengan kemampuan rendering yang canggih, untuk memenuhi kebutuhan bermain game, multimedia, dan informasi pengemudi yang dinamis.

Fokus pada Keselamatan

Dirancang untuk memenuhi standar keselamatan otomotif tingkat tertinggi pada sistem ASIL-D, yang diperkuat dengan safety controller island khusus dan rangkaian perangkat keras yang tangguh untuk isolasi dan operasi bebas gangguan. Fokus ini juga membantu memastikan kualitas layanan yang andal untuk fungsi ADAS (Advanced Driver Assistance System) tertentu serta kenyamanan dan kepercayaan diri pengemudi dan penumpang.

Berbasis Software

Dibuat khusus seiring pergeseran industri ke SDV, platform tingkat elit ini dirancang untuk melakukan pendekatan menyeluruh dalam meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kemampuan upgrade melalui kerangka kerja software terintegrasi yang menekankan penggunaan ulang software. Teknologi ini dirancang untuk membantu produsen mobil mempercepat pengembangan fitur lewat workbenchberbasis cloud, menyederhanakan pengembangan software untuk upgradeberkelanjutan, serta efisiensi waktu untuk memasarkan fitur dan layanan terbaru ini.

Subsistem Kamera Mutakhir untuk Keamanan dan Kenyamanan

Platform otomotif tingkat elit kami menampilkan sistem kamera yang kuat dan efisien dengan Image Signal Processor (ISP) canggih untuk visual jernih dan responsif dalam kondisi berkendara yang ekstrem. Platform ini dirancang untuk mendukung lebih dari 40 sensor multimodal, termasuk hingga 20 kamera beresolusi tinggi dengan cakupan 360 derajat dan pemantauan di dalam kendaraan. Kompatibel dengan sensor dan format otomotif terbaru dan yang akan datang, platform kami menggunakan alat pendeteksi gambar yang disempurnakan melalui AI untuk menghasilkan kualitas gambar yang dioptimalkan, menghadirkan pengalaman di dalam kendaraan yang lebih baik dan fitur keselamatan yang canggih.

Mengemudi secara otonom dan Tumpukan Software AI

PlatformSnapdragon Ride Elite menjadi contoh pendekatan virtualisasi software, menawarkan sistem mengemudi otomatis secara menyeluruh melalui fitur-fitur canggih seperti persepsi visual, perpaduan sensor, perencanaan jalur, lokalisasi, dan kontrol kendaraan menyeluruh yang berjalan secara otomatis, independen, dan bebas dari gangguan. Sementara itu, Snapdragon Cockpit Elite mendukung fitur multimedia yang kaya, AI on-device denganedge orchestrator yang terintegrasi penuh, game yang dioptimalkan, dan grafis 3D canggih untuk meningkatkan pengalaman visual pengguna. Snapdragon Cockpit Elite juga dirancang dengan fitur keselamatan, keamanan, dan dukungan jangka panjang (kompatibilitas API) yang terintegrasi ke dalam desain dengan kemampuan untuk menjalankan kluster instrumen, dasborinfotainment, dan beberapa contoh penumpang dalam mesin virtual independen, dengan kemampuan untuk berbagi konten dan data jika diperlukan.

GCG BUMN
Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite dapat dicoba pada tahun 2025 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi product webpage Qualcomm Automotive. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year